Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah ghaib Keris Pamengkang Jagat dan Keris Pegat Wojo

keris pamengkang jagat
Keris Pamengkang Jagat

Hartalangit.com - Keris Pamengkang Jagad banyak dicari oleh orang-orang yang lebih condong menginginkan tuah ghaib dari sebilah Keris daripada nilai seninya. Di kalangan masyarakat perkerisan, Keris Pamengkang Jagad dikenal memiliki kekuatan ghaib lebih tinggi dibandingkan dengan Keris-Keris yang normal atau tidak cacat.

Disebut Pamengkang Jagad karena pada Keris tersebut terdapat retakan/celah memanjang vertikal ditengah bilahnya, dan paling banyak terjadi pada Keris-Keris dengan pamor miring.

Retakan/celah pada Keris Pamengkang Jagad terjadi bukan karena disengaja, melainkan terjadi ketika pembuatan saton, pada saat penempaan suhunya kurang tinggi sehingga ada bagian dari besi dan bahan pamornya atau lapisan logam lainnya yang tidak menempel/menyatu dengan sempurna. Tapi hal itu baru diketahui setelah Keris tersebut jadi, yaitu pada saat nyepuhi tiba-tiba bilah Keris menjadi retak. Jadi dari segi tehnik pembuatan, Keris Pamengkang Jagad sebetulnya adalah produk gagal.

Baca juga: Proses panjang pembuatan sebilah Keris

Kalangan Kraton juga menganggap Keris Pamengkang Jagad tergolong Keris yang tidak baik untuk dimiliki karena ada kesalahan/tidak sempurna dalam proses pembuatannya. Tapi anehnya kalangan luar Kraton justru banyak yang menganggap ini Keris bertuah baik, bahkan bukan hanya di Nusantara saja Keris ini disukai, tetapi juga disukai oleh para pecinta Keris di Malaysia dan Brunei.

Lalu bagaimana ceritanya Keris yang merupakan produk gagal justru di anggap baik..??

Alasannya adalah untuk memanfaatkan produk gagal tersebut agar semua pekerjaan yang telah dilakukan selama proses pembuatan Keris tidak sia-sia, maka dari itu Keris yang merupakan produk gagal tersebut kemudian diberi label Pamengkang Jagad.

Dari segi esoteri, Keris Pamengkang Jagad termasuk pemilih karena tidak semua orang cocok untuk memilikinya. Tuah Keris Pamengkang Jagad dianggap lebih cocok untuk orang-orang yang memiliki kekuasaan diwilayah tertentu seperti Lurah, Camat, Bupati, atau orang-orang yang memiliki jabatan sebagai pimpinan.

Lain lagi dengan Keris Pagat Wojo, Keris ini juga memiliki retakan pada bilagnya, tapi bedanya retakan tidak terjadi antara besi dengan besi atau besi dengan pamor, tapi antara saton dengan lapisan bajanya.

keris pegat wojo
Keris Pegat Wojo

Karena itu, Pegat Wojo hanya terjadi pada Keris-Keris yang bilahnya dilapisi baja saja. Keretakannya juga tidak berbentuk vertikal pada permukaan bilah, melainkan horizontal.

Sebetulnya Pegat Wojo bukan merupakan retakan, tapi ada bagian logam yang mengelupas yang disebabkan oleh tehnik penempaan logam yang tidak sempurna sehingga antara bahan logam yang satu dengan yang lainnya tidak bisa melebur atau menyatu.

Keris Pegat Wojo juga termasuk produk gagal, tapi berbeda dengan Keris Pamengkang Jagat yang di anggap memiliki tuah baik, Keris Pegat Wojo justru dianggap memiliki tuah yang tidak baik dan disarankan untuk dilarung saja.

Baca juga:

Mitos Keris pembawa sial

Cara mengetahui antara Keris isi dan Keris kosong

Demikian sedikit informasi tentang tuah ghaib Keris Pamengkang Jagat dan Keris Pegat Wojo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

2 comments for "Tuah ghaib Keris Pamengkang Jagat dan Keris Pegat Wojo"

  1. Sbnr nya pamengkang jagat jga pegat wojo hnya beda cara buat nya klo pegat wojo di buat nya pamor mlumah sdngkan pamengkang pamor miring ya sma" pegat juga ��

    ReplyDelete
Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: