Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Ghaib Keris Pamengkang Jagad dan Keris Pegat Wojo

gambar keris pamengkang jagat
Keris Pamengkang Jagad

Hartalangit.com - Keris Pamengkang Jagad banyak dicari oleh orang-orang yang lebih mengutamakan tuah ghaib dari sebilah Keris daripada nilai seninya. Dikalangan masyarakat perkerisan, Keris Pamengkang Jagad dikenal memiliki daya magis yang lebih kuat dibandingkan dengan Keris-Keris yang normal atau tidak cacat.

Keris ini disebut Pamengkang Jagad karena terdapat retakan / celah memanjang vertikal dibagian bilahnya, dan paling banyak terdapat pada Keris-Keris dengan pamor miring.

Retakan / celah pada Keris Pamengkang Jagad terjadi bukan karena disengaja, melainkan karena ada kesalahan dalam proses pembuatannya.

Retakan tersebut muncul karena pada saat proses pembuatan saton suhunya kurang tinggi sehingga ada bagian dari besi dan bahan pamor atau lapisan logam lainnya yang tidak menempel / menyatu dengan sempurna.

Tapi hal itu baru diketahui setelah bilah Keris selesai dibuat, yaitu pada saat nyepuhi tiba-tiba bilahnya menjadi retak. Jadi jika dilihat dari segi tehnik pembuatan, Keris Pamengkang Jagad sebetulnya merupakan produk gagal.

Baca juga: Proses panjang pembuatan sebilah Keris

Kalangan Kraton juga menganggap Keris Pamengkang Jagad sebagai Keris yang tidak baik untuk dimiliki karena ada kesalahan dalam proses pembuatannya.

Tapi anehnya kalangan luar Kraton justru banyak yang menganggap jika Keris Pemengkang Jagad bertuah baik, bahkan bukan hanya di Nusantara saja Keris ini disukai, tetapi juga disukai oleh para pecinta Keris di Malaysia dan Brunei.

Lalu bagaimana ceritanya Keris yang merupakan produk gagal justru di anggap baik..??

Alasannya adalah untuk memanfaatkan produk gagal tersebut agar semua pekerjaan yang telah dilakukan selama proses pembuatan Keris tidak sia-sia, maka dari itu Keris yang merupakan produk gagal tersebut kemudian diberi label Pamengkang Jagad untuk meningkatkan nilainya.

Dari segi esoteri, Keris Pamengkang Jagad termasuk pemilih karena tidak semua orang cocok untuk memilikinya.

Tuah Keris Pamengkang Jagad dianggap lebih cocok untuk orang-orang yang memiliki kekuasaan diwilayah tertentu seperti Lurah, Camat, Bupati, atau orang-orang yang memiliki jabatan sebagai pimpinan.

Baca juga: Cara mengetahui Keris isi dan Keris kosong

Selain Keris Pamengkang Jagad, ada juga Keris Pegat Wojo yang juga merupakan produk gagal. Bedanya, retakan pada Keris Pegat Wojo tidak terjadi antara besi dengan besi atau besi dengan pamor, tapi antara saton dengan lapisan bajanya.

gambar keris pegat waja
Keris Pegat Wojo

Pegat Wojo hanya terjadi pada Keris-Keris yang bilahnya dilapisi baja saja dan keretakannya juga tidak berbentuk vertikal pada permukaan bilah, melainkan horizontal.

Sebetulnya Pegat Wojo bukan merupakan retakan, tapi ada bagian logam yang mengelupas yang disebabkan oleh tehnik penempaan logam yang tidak sempurna sehingga antara bahan logam yang satu dengan bahan logam lainnya tidak bisa melebur atau menyatu.

Jika Keris Pamengkang Jagat di anggap memiliki tuah yang baik, lain halnya dengan Keris Pegat Wojo yang justru dianggap tidak baik untuk dimiliki dan disarankan untuk dilarung saja.

Baca juga: Mitos Keris pembawa sial

Demikian sedikit informasi tentang perbedaan Keris Pamengkang Jagad dan Keris Pegat Wojo / Pegat Waja serta tuah ghaibnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

2 comments for "Tuah Ghaib Keris Pamengkang Jagad dan Keris Pegat Wojo"

  1. Sbnr nya pamengkang jagat jga pegat wojo hnya beda cara buat nya klo pegat wojo di buat nya pamor mlumah sdngkan pamengkang pamor miring ya sma" pegat juga ��

    ReplyDelete
UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: