Advertisement

Misteri dan Mitos Ular Kendang

gambar ular kendang jawa
Ilustrasi Ular Kendang
Hartalangit.com – Ular Kendang / Ular Gendang termasuk dalam keluarga Ular Sanca (Pythonidae) dengan nama ilmiah Calloselasma Rhodostoma. Umumnya Ular jenis ini memiliki panjang tubuh sekitar 1 - 2 meter dengan kulit berwarna coklat kehitaman dan terdapat corak bintik-bintik putih atau merah jambu.

Ular Kendang termasuk jenis Ular yang agresif dan dapat mengancam keselamatan Manusia terutama jika merasa terancam atau merasa terganggu. Oleh karena itu, jika bertemu dengan Ular ini sebaiknya selalu menjaga jarak dan tidak melakukan tindakan yang berlebihan.

Ular Gendang (Ula Kendang) atau sering juga disebut Ular Tanah banyak dijumpai dibeberapa daerah di Indonesia seperti di Jawa, Kalimantan, Sumatera dan daerah-daerah lainnya.

Ular adalah salah satu hewan yang sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis, contohnya seperti Siluman Ular, Mustika Ular, Ular Kawin dan masih banyak lagi mitos tentang Ular lainnya yang menjadi cerita turun-temurun di masyarakat, termasuk salah satunya adalah Ular Kendang yang di anggap memiliki kekuatan mistis.


Ada banyak mitos tentang Ular Kendang yang berkembang di masyarakat dan menjadi cerita turun-temurun sejak jaman dulu hingga sekarang.

Salah satunya yang cukup terkenal yaitu mitos tentang kemampuan Ular Kendang yang dapat memanggil hujan. Konon suara Ular Kendang akan memanggil Dewa hujan untuk turun ke bumi.
Oleh karena itu, jika pada musim kemarau terdengar suara Ular Kendang pada malam hari, hal itu dianggap sebagai sebuah pertanda bahwa akan turun hujan dalam waktu dekat.

Pada jaman dulu sebagian masyarakat Jawa menganggap bahwa Ular Kendang adalah Ular Siluman yang berbahaya dan harus dihindari, karena jika sampai bertemu dengan Ular ini konon akan mengalami nasib buruk.


Konon Ular Kendang sering menjadi penunggu tempat-tempat angker dan bisa memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Karena kepercayaan itulah yang membuat banyak orang takut dengan keberadaan Ular ini dan menghindari tempat-tempat yang dipercaya menjadi wilayah kekuasaan Ular Kendang.

Meskipun cerita-cerita tersebut hanya sebuah mitos tapi tidak ada salahnya jika kita menghindarinya karena Ular Kendang termasuk hewan yang cukup agresif dan berbahaya.

Terkadang mitos-mitos yang ada di masyarakat sebetulnya memiliki tujuan yang baik untuk menjaga kelestarian alam, karena Ular juga memiliki peranan cukup penting dalam menjaga ekosistem.

Jadi sebaiknya biarkan mereka hidup dihabitatnya dan jangan diburu. Karena jika tidak diganggu, Ular juga tidak akan mengganggu Manusia.


Demikian sedikit informasi tentang misteri dan mitos Ular Kendang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Misteri dan Mitos Ular Kendang"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: