Advertisement

Khasiat dan Keistimewaan Doa Sapu Jagat

gambar kaligrafi doa sapu jagat
Ilustrasi
Hartalangit.com – Doa Sapu Jagat merupakan salah satu doa yang paling sering dibaca oleh umat Muslim karena doa ini memiliki banyak sekali keutamaan, di antaranya untuk meminta keselamatan, kebaikan serta keberkahan dari ALLAH SWT.

Menurut riwayat, doa Sapu Jagat merupakan doa yang paling sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW karena lafalnya cukup pendek namun memiliki makna yang sangat luas.

Bacaan Latin Doa Sapu Jagat:

“Robbana atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban naar”

Artinya: “Ya ALLAH, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, lindungilah kami dari siksa neraka”.

Disebut doa Sapu Jagat karena kalimat-kalimat dalam doa ini merangkum seluruh aspek harapan, baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat.

Istilah doa Sapu Jagat hanya dikenal di Indonesia, terutama di Jawa karena doa ini memiliki makna pengharapan yang mencakup seluruh kebaikan di dunia dan di akhirat.

Lafal doa Sapu Jagat dikutip dari Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201 yang berbunyi sebagai berikut:

“Wa min-hum may yaqulu robbana atina fiddunyaa hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qina adzaaban-naar”

Artinya: “Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: Ya TUHAN kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.

Doa Sapu Jagat memiliki banyak keutamaan jika di amalkan secara istiqomah, oleh karena itulah bagi umat Muslim sangat di anjurkan untuk mengamalkan doa ini, baik untuk urusan dunia maupun akhirat.


Keistimewaan Doa Sapu Jagat:

1. Disukai Rasulullah

Doa sapu jagat adalah salah satu doa pendek yang disukai oleh Rasulullah. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

“Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyukai doa-doa yang singkat dan padat maknanya, dan meninggalkan selain itu”

Dan diriwayatkan pula dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu mengatakan:

“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam adalah Allahumma atinaa fid dunyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar”

2. Mendapatkan kebaikan di dunia

Dengan membaca doa Sapu Jagat maka seorang Muslim akan terlindung dari segala bentuk keburukan di dunia. Memohon kebaikan berarti mengharapkan bahwa hidup yang dilalui benar-benar sesuai dengan ketetapan dan perintah ALLAH SWT.

3. Mendapatkan kebaikan di akhirat

Sejatinya kehidupan didunia ini hanyalah sementara sebagai jalan untuk mencari bekal yang akan dibawa setelah mati, yaitu kehidupan abadi di akhirat. Oleh karena itulah sebagai Manusia kita perlu untuk memohon kebaikan di dunia maupun di akhirat.

4. Dijauhkan dari api neraka.

Di akhirat setiap Manusia akan ditimbang amal perbuatannya. Jika amal baiknya lebih berat maka akan masuk surga dan jika amal buruknya yang lebih berat maka akan masuk nareka.

Doa Sapu Jagat adalah doa yang berisi permohonan kepada ALLAH SWT agar diberikan kebaikan di dunia dan di akhirat serta agar dihindarkan dari siksa neraka.

Doa sapu jagat bisa dibaca dimana saja dan kapan saja, tapi menurut para ulama ada waktu-waktu tertentu yang di anggap mustajab untuk membaca doa ini.


Waktu Mustajab Membaca Doa Sapu Jagat:

1. Setelah adzan

Setelah membaca doa sesudah adzan sebaiknya dilanjutkan dengan membaca doa Sapu Jagat agar selalu mendapatkan perlindungan dari ALLAH SWT.

2. Setelah sholat fardhu

Setiap selesai mengerjakan sholat fardu sebaiknya dilanjutkan dengan berdoa dan memperbanyak dzikir. Dalam berdoa sebaiknya tidak hanya untuk urusan duniawi saja, tapi juga untuk urusan akhirat.

3. Setelah sholat malam

Sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud, sholat hajat atau sholat sunnah lainnya. Setelah mengerjakan sholat malam sebaiknya dilanjutkan dengan berdzikir dan berdoa kepada ALLAH SWT.

Waktu sepertiga malam ini antara pukul 01:00 dini hari sampai sebelum masuknya waktu subuh yang merupakan waktu paling mustajab untuk memanjatkan doa.

4. Pada malam lailatul qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang paling istimewa karena pada malam tersebut semua doa akan dikabulkan. Oleh karena itulah banyak umat Muslim yang beritikaf di masjid, berdzikir dan memperbanyak ibadah sunnah pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan karena berharap bisa mendapatkan keberkahan dari malam seribu bulan tersebut.

5. Malam ke-23 bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan terbaik dari bulan-bulan lainnya karena pada bulan ini semua umat Muslim di seluruh dunia menjelankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Pada malam ke-23 dibulan Ramadhan diyakini banyak keberkahan yang diberikan ALLAH SWT kepada hamba-NYA. Oleh karena itulah bagi umat Muslim sangat di anjurkan untuk memperbanyak ibadah dan berdoa kepada ALLAH SWT pada malam tersebut.


Demikian sedikit informasi tentang fadhilah dan keutamaan doa Sapu Jagat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Keistimewaan Doa Sapu Jagat"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: