Advertisement

Fadhilah Membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas Setelah Sholat Jumat

gambar orang sholat jumat
Ilustrasi (Foto: Gramedia)
Hartalangit.com – Hari jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim bahkan disebut sebagai sayyidul ayyam atau penghulu hari karena terdapat banyak keutamaan pada hari tersebut.

Pada hari jumat setiap umat muslim di anjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, baik membaca Al-Qur’an, memperbanyak sholawat, bersedekah atau melakukan amal kebaikan lainnya.

Salah satu keistimewaan hari jumat yaitu adanya sholat jumat yang merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim mukalaf atau yang dikenal fardlu ain. 

Setelah selesai menunaikan sholat jumat juga masih ada ibadah-ibadah sunnah yang di anjurkan untuk dikerjakan karena banyak sekali manfaat yang akan didapatkan.

Salah satunya adalah anjuran membaca membaca Surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlash, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Nas masing-masing sebanyak 7 kali setelah imam mengucapkan salam.


Menurut para ulama dari kalangan madzhab Syafi’i, membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas setelah sholat jumat hukumnya adalah sunnah yang didasarkan pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al-Hafizh Al-Mundziri dari Anas bin Malik RA:

“Al-Hafizh Al-Mundziri meriwayatkan dari Anas RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas (al-mu ’awwidzatain) masing-masing sebanyak tujuh kali setelah imam mengucap salam pada sholat jumat sebelum melipat kakinya, maka ALLAH akan mengampuni dosanya yang lalu dan sekarang, dan diberi pahala sebanyak orang yang beriman kepada ALLAH dan Rasul-NYA”

Hadits di atas mengungkapkan secara gamblang bahwa membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak 7 kali setelah sholat jumat memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, yaitu bisa menjadi sebab turunnya ampunan ALLAH SWT.

Bahkan selain ampunan, ALLAH SWT juga akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang mengamalkannya. Dari situlah kemudian kesunahan atau ajuran membaca surat-surat tersebut setelah sholat jumat dapat dimengerti.


Lebih lanjut Sulaiman Al-Bujairimi juga mengutip hadits lain yang diriwayatkan Ibnus Sunni dari hadits riwayat Aisyah RA:

“Ibnus Sunni meriwayatkan dari hadits riwayat Aisyah RA, bahwa Rasulullah bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas masing-masing tujuh kali, maka ALLAH akan melindunginya dari kejelekan sampai hari jumat berikutnya”

Lebih jauh Sulaiman Al-Bujairimi mengemukakan pendapat Abu Thalib Al-Makki, seorang sufi besar penulis kitab Qutul Qulub Fi Mu’amalah Al-Mahbub yang menganjurkan untuk membaca “Ya Ghaniyyu Ya Hamid, Ya Mubdi’u Ya Mu’id, Ya Rahimu Ya Wadud, aghnini bi halalika ‘an haramika wa bi tha’athika ‘an ma’shiyatika wa bi fadhlika ‘amman siwaka” setelah sholat jumat sebanyak empat kali.

Abu Thalib Al-Makki berkata: “Di anjurkan bagi orang yang telah selesai melaksanakan sholat jumat untuk membaca ‘Ya Ghaniyyu Ya Hamid, Ya Mubdi’u Ya Mu’id, Ya Rahimu Ya Wadudu, aghnini bi halalika ‘an haramika wa bi tha’athika ‘an ma’shiyatika wa bi fadhlika ‘amman siwaka sebanyak empat kali”


Demikian sedikit informasi tentang fadhilah dan keutamaan membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas 7 kali Setelah sholat jumat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Fadhilah Membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas Setelah Sholat Jumat"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: