Advertisement

Mitos Khasiat Mistis Bulu Ekor Burung Merak Jantan

gambar burung merak hijau
Burung Merak Jantan (Foto: Pixabay.com)
Hartalangit.com – Burung Merak jantan memiliki bulu ekor yang sangat indah dengan motif dan warna yang menawan terutama saat bulu-bulunya dimekarkan seperti kipas.

Dibalik keindahan motif dan warnanya, ternyata bulu ekor Merak jantan memiliki banyak fungsi, di antaranya:

1. Untuk menarik perhatian betina

Keindahan bulu ekor Merak jantan bisa digunakan untuk menarik perhatian Merak betina. Pada musim kawin biasanya Merak jantan akan memekarkan bulu-bulu ekornya dan melakukan gerakan-gerakan seperti menari untuk menarik perhatian Merak betina.

2. Untuk menakuti predator

Selain dapat digunakan untuk menarik perhatian Merak betina, bulu ekor Merak jantan juga dapat digunakan untuk mengelabuhi predator / musuh.

Ketika bulu ekor Merak jantan mengembang maka akan terlihat motif seperti bola mata yang sangat banyak sehingga musuh / predator yang hendak menyerang akan pergi menjauh karena mengira sedang berhadapan dengan puluhan pasang mata hewan lain.

Selain itu, ketika bulu ekornya mengembang burung Merak juga akan terlihat lebih besar sehingga akan membuat musuhnya lari ketakutan.

3. Untuk menunjukkan kekuasaan

Bulu ekor Merak jantan juga dapat menunjukkan kewibawaan atau kekuasaan burung Merak di antara koloninya. Kepekatan warna dan ukuran bulu ekornya menunjukkan dominasi Merak jantan di antara burung Merak lainnya.

Motif dan warna bulu ekor burung Merak jantan memang sangat indah dan akan membuat siapapun yang melihatnya merasa kagum dan terpesona.

Karena pesonanya itulah kemudian muncul kepercayaan tentang tuah ghaib bulu Merak yang konon bisa digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu, terutama yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.


Berikut ini beberapa khasiat supranatural bulu ekor burung Merak jantan:
gambar bulu ekor burung merak jantan
Bulu Ekor Burung Merak Jantan
1. Untuk pengasihan

Bulu ekor burung Merak jantan dipercaya memiliki khasiat untuk pengasihan / pemikat lawan jenis. Konon orang yang memiliki bulu Merak jantan akan terlihat lebih menarik dan mempesona dimata orang lain terutama lawan jenis, sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan pasangan.

Hal itu tentunya berkaitan dengan fungsi dari bulu ekor tersebut bagi burung Merak jantan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa burung Merak jantan akan menggunakan pesona keindahan dari bulu ekornya untuk memikat burung Merak betina pada masa kawin.

2. Untuk penundukan

Bulu ekor Merak jantan juga dipercaya memiliki khasiat untuk penundukan. Orang yang memiliki bulu Merak jantan akan memiliki perbawa yang besar sehingga akan disegani oleh semua orang, baik kawan maupun lawan dan kata-katanya akan dipatuhi.

3. Untuk kewibawaan dan kharisma

Khasiat lain dari bulu ekor Merak jantan adalah untuk meningkatkan kharisma dan kewibawaan. Orang yang memiliki bulu ekor Merak jantan akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya.

4. Untuk tolak bala

Burung Merak memang sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis. Konon bulu Merak dapat menyerap energi negatif dan melindungi pemiliknya dari hal-hal buruk seperti sihir dan gangguan mahluk halus.

Tapi sebelum digunakan sebagai jimat biasanya bulu emor Merak jantan akan dirituali terlebih dahulu untuk mengaktifkan dan menyelaraskan energinya.

gambar burung merak mengembangkan ekornya
Burung Merak Jantan (Foto: Pixabay.com)
Dibeberapa Negara bulu Merak di anggap sebagai simbol keberuntungan sehingga banyak yang menggunakannya sebagai dekorasi rumah sekaligus sebagai sarana tolak bala.

Burung Merak juga sering dikaitkan dengan simbol-simbol mistik serta dianggap sebagai hewan suci dalam beberapa kebudayaan dan kepercayaan.

Dalam mitologi Yunani, Merak dikaitkan dengan Hera. Konon Hera menciptakan burung Merak dari Argus yang memiliki 100 mata. Oleh karena itu, bulu ekor merak melambangkan kubah langit dan mata bintang-bintang yang melambangkan semua pengetahuan.

Menurut mitologi Romawi, burung Merak adalah burung Juno. Motif bulatan-bulatan pada bulu ekor burung Merak melambangkan wanita dirumah penguasa yang merupakan putri dari garis keturunan penguasa.

Dalam mitologi Hindu Merak dikaitkan dengan dewi Laksmi yang mewakili keberuntungan, kasih sayang, kebaikan hati dan kesabaran. Merak juga memiliki hubungan khusus dengan Dewa Krisna karena bulu-bulunya juga menghiasi kepala dan seruling Dewa Krisna.


Dalam spiritualitas Asia Merak dikaitkan dengan Kwan-yin (Quan Yin) yang mewakili kasih sayang, perhatian, cinta kasih dan niat baik. Legenda mengatakan bahwa Kwan-yin adalah seorang fana meskipun dia bisa abadi sehingga bisa membantu umat Manusia dalam pertumbuhan spiritual.

Dalam Buddhisme burung Merak dikaitkan dengan keterbukaan karena mereka cenderung menampilkan semua bulu mereka saat mereka memekarkan ekornya. Merak juga memakan tanaman beracun yang melambangkan keabadian dan memiliki kemampuan untuk berkembang dalam menghadapi penderitaan.

Merak juga melambangkan kemurnian, oleh karena itu bulunya sering digunakan dalam upacara penyucian Buddhis.

Dalam agama Kristen Merak melambangkan kebangkitan, keabadian dan pembaharuan yang terkait dengan ajaran spiritual.

Di Persia dan Babilonia, burung Merak dipandang sebagai wali bagi bangsawan dan sering di ukir di atas tahta bangsawan.

Di Sri Lanka bulu Merak diyakini dapat menyembuhkan gigitan ular. Menurut Margaret Renner (seorang ahli teologi), bulu burung Merak yang bertabur mata merupakan objek penting yang mengganggu roh jahat.

Masyarakat Sinhala Sri Lanka percaya bahwa bulu Merak dapat menyembuhkan tulang yang terluka atau patah dan gigitan ular berbisa. Konon orang-orang Kristen pada awalnya menutupi mayat dengan bulu-bulu merak untuk mencegah pembusukan.

Sedangkan dalam tradisi Muslim, bulu ekor burung Merak sering digunakan untuk menulis dan menandai ayat-ayat Al-Qur'an.

Di Eropa Timur burung Merak di anggap sebagai simbol nasib buruk, itulah sebabnya mengapa bulu merak tidak pernah diperbolehkan ada didalam rumah. Konon jika seseorang tidur ditempat tidur yang terdapat bulu Merak di atasnya dapat mengundang kematian datang ke tempat tidurnya.

Selain mitos-mitos tersebut, masih banyak lagi mitos-mitos lain tentang burung Merak yang berkaitan dengan hal-hal mistis. Hal itu tentunya tidak lepas dari kebiasaan dan penampilan burung Merak yang tidak biasa.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan bulu ekor burung Merak jantan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar hewan bertuah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Mistis Bulu Ekor Burung Merak Jantan"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: