Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos tentang burung Hantu dalam kepercayaan masyarakat Jawa

Harta Langit
Burung Hantu

Hartalangit.com – Masyarakat Jawa sangat mempercayai adanya firasat atau pertanda untuk hal-hal yang akan terjadi, baik itu pertanda baik maupun pertanda buruk yang telah ada sejak jaman dulu dan dipercaya secara turun-temurun. Bagi masyarakat modern, firasat atau pertanda tentang hal-hal yang akan terjadi seringkali hanya di anggap sebagai mitos, tapi ada juga yang masih mempercayainya.

Baca juga: Mitos tentang kucing hitam dalam kepercayaan masyarakat Jawa

Ada banyak sekali mitos tentang firasat atau pertanda yang ada di masyarakat sejak jaman dahulu, salah satunya adalah firasat atau pertanda tentang kematian. Mitos tentang datangnya kematian juga sangat beragam, dan salah satunya adalah keberadaan burung Hantu.

Burung yang hanya aktif pada malam hari dan memiliki penampilan serta suara yang menyeramkan ini memang selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis yang terkadang tidak masuk akal. Tapi hal itu merupakan kepercayaan turun-temururn yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Berikut ini beberapa mitos tentang burung Hantu yang ada di masyarakat:

1. Pertanda adanya kematian

Masyarakat Jawa mempercayai jika burung Hantu merupakan pertanda kematian. Konon jika ada burung Hantu yang hinggap didepan rumah, itu artinya akan ada salah satu penghuni rumah tersebut yang akan meninggal dunia dalam waktu dekat.

Baca juga: Mitos dan khasiat ghaib burung Gagak hitam

2. Pertanda adanya mahluk halus

Burung Hantu juga dipercaya dapat melihat keberadaan mahluk halus, konon jika ada burung Hantu yang berbunyi terus-menerus berarti disekitar tempat itu ada mahluk halus yang berkeliaran. Ada juga kalangan tertentu yang menganggap burung Hantu sebagai burung pemanggil roh, dan karena keyakinan itulah kemudian banyak paranormal atau dukun yang memelihara burung Hantu dirumahnya.

3. Pertanda berita duka

Burung hantu juga dipercaya sebagai pengirim berita duka atau firasat buruk. Konon, jika ada burung Hantu yang hinggap di atap rumah atau didekat rumah dan berbunyi terus-menerus sepanjang malam, itu merupakan sebuah pertanda atau firasat buruk bahwa akan ada keluarga, saudara, teman atau orang dekat yang akan meninggal dunia.

Firasat tersebut tidak selalu untuk penghuni rumah saja, tapi bisa juga merupakan pertanda akan ada sanak saudara atau kerabat yang jauh yang akan meninggal. Konon, jika ada burung Hantu yang hanya terdengar suaranya saja juga merupakan sebuah pertanda akan datangnya malapetaka.

4. Mengambil keberkahan didalam rumah

Selain mitos-mitos di atas, ada juga yang mempercayai jika burung Hantu hinggap didepan rumah dan bahkan sampai masuk ke dalam rumah, konon burung tersebut akan mengambil dan membawa semua keberkahan dari dalam rumah tersebut saat keluar. Oleh sebab itulah ada sebagian orang yang meyakini bahwa burung Hantu yang masuk ke dalam rumah harus dibunuh, jangan sampai bisa keluar rumah.

Itulah beberapa mitos-mitos yang ada di masyarakat tentang burung Hantu. Anggaplah semua mitos tersebut sebagai kearifan lokal warisan dari para leluhur. Jangan sampai karena adanya mitos-mitos tersebut jadi mengganggu pikiran kita. Yang terpenting kita harus selalu berpikir positif agar segalanya menjadi positif, karena jika dengan adanya mitos-mitos tersebut menjadikan kita was-was dan selalu berfikir negatif maka yang akan terjadi adalah hal-hal yang negatif.

Jodoh, rejeki dan maut adalah mutlak urusan ALLAH SWT, tidak ada mahluk-NYA yang bisa mengetahui secara pasti tentang jodoh, rejeki dan maut seseorang meskipun firasat atau pertanda itu memang ada. Tapi yang terpenting kita harus selalu berpikir positif, selalu berbuat baik pada sesama, melakukan segala perintah ALLAH dan menjauhi segala larangan-NYA, serta selalu yakin bahwa ALLAH selalu mengasihi dan menyayangi kita. Dengan begitu maka segalanya akan menjadi baik.

Baca juga: Mitos burung Kepodang Emas dalam tradisi masyarakat Jawa

Demikian sedikit informasi tentang mitos tentang burung Hantu dalam kepercayaan masyarakat Jawa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a comment for "Mitos tentang burung Hantu dalam kepercayaan masyarakat Jawa"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: