Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos tentang burung hantu dalam kepercayaan masyarakat Jawa

gambar burung hantu
Burung Hantu

Hartalangit.com – Masyarakat Jawa kuno sangat mempercayai adanya firasat atau pertanda tentang hal-hal yang akan terjadi, baik itu pertanda baik maupun pertanda buruk.

Bagi masyarakat modern, firasat atau pertanda tentang hal-hal yang akan terjadi seringkali hanya di anggap sebagai mitos dan hanya sedikit orang masih mempercayainya.

Ada banyak sekali mitos tentang firasat atau pertanda yang dipercaya oleh masyarakat Jawa sejak jaman dahulu, salah satunya adalah firasat atau pertanda tentang musibah dan kematian.

Mitos tentang datangnya musibah dan kematian juga sangat beragam, dan salah satunya adalah keberadaan burung hantu di sekitar rumah.

Burung yang hanya aktif pada malam hari dan memiliki penampilan serta suara yang menyeramkan ini memang selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis yang terkadang tidak masuk akal. Tapi hal itu merupakan kepercayaan turun-temurun yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Baca juga: Mitos tentang kucing hitam dalam kepercayaan masyarakat Jawa

Berikut ini beberapa mitos tentang burung hantu yang ada di masyarakat:

1. Pertanda adanya kematian

Sebagian masyarakat Jawa percaya bahwa burung hantu merupakan salah satu pertanda kematian. Konon jika ada burung hantu yang hinggap didepan rumah, itu artinya akan ada salah satu dari penghuni rumah tersebut yang akan meninggal dunia dalam waktu dekat.

2. Pertanda adanya mahluk halus

Burung hantu juga dipercaya bisa melihat keberadaan mahluk halus, konon jika ada burung hantu yang berbunyi terus-menerus berarti disekitar tempat tersebut ada mahluk halus yang berkeliaran.

Ada juga kalangan tertentu yang menganggap burung hantu sebagai burung pemanggil roh. Dan karena keyakinan itulah kemudian banyak paranormal atau dukun yang memelihara burung hantu dirumahnya.

3. Pertanda berita duka

Burung hantu juga dipercaya sebagai pengirim berita duka atau firasat buruk. Konon, jika ada burung hantu yang hinggap di atap rumah atau didekat rumah dan bunyi terus-menerus sepanjang malam merupakan sebuah pertanda atau firasat buruk bahwa akan ada keluarga, saudara, teman atau orang dekat yang akan meninggal dunia.

Firasat tersebut tidak hanya berlaku bagi penghuni rumah saja, tapi bisa juga merupakan pertanda akan ada sanak saudara atau kerabat yang jauh yang akan meninggal dunia. Konon jika ada burung hantu yang hanya terdengar suaranya saja disekitar rumah juga merupakan sebuah pertanda akan datangnya malapetaka.

Baca juga: Mitos dan khasiat ghaib burung gagak hitam

4. Mengambil keberkahan didalam rumah

Selain mitos-mitos di atas, ada juga yang meyakini jika burung hantu hinggap didepan rumah dan masuk ke dalam rumah, konon burung tersebut akan mengambil dan membawa semua keberkahan dari dalam rumah tersebut saat keluar.

Oleh sebab itulah ada sebagian orang yang meyakini bahwa burung hantu yang masuk ke dalam rumah harus dibunuh, jangan sampai burung tersebut keluar dari rumah yang di masukinya.

Itulah beberapa mitos-mitos yang ada di masyarakat tentang burung hantu. Anggap saja semua mitos tersebut sebagai kearifan lokal warisan dari para leluhur. Jangan sampai karena adanya mitos-mitos tersebut jadi mengganggu pikiran kita.

Yang terpenting harus selalu berpikir positif agar segalanya menjadi positif, karena jika dengan adanya mitos-mitos tersebut menjadikan kita was-was dan selalu berfikir negatif maka yang akan terjadi adalah hal-hal yang negatif.

Jodoh, rejeki dan maut adalah mutlak urusan ALLAH SWT, tidak ada mahluk apapun didunia ini yang bisa mengetahui secara pasti tentang nasib seseorang meskipun firasat atau pertanda itu memang ada.

Dalam hidup ini yang terpenting kita harus selalu berpikir positif, selalu berbuat baik pada sesama, melakukan segala perintah TUHAN dan menjauhi segala larangan-NYA, serta selalu yakin bahwa TUHAN selalu mengasihi dan menyayangi kita. Dengan begitu maka segalanya akan menjadi baik.

Baca juga: Mitos burung Kepodang Emas dalam tradisi masyarakat Jawa

Demikian sedikit informasi tentang misteri dan mitos burung hantu dalam kepercayaan masyarakat Jawa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Misteri & Mitos Burung Hantu - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Mitos tentang burung hantu dalam kepercayaan masyarakat Jawa"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: