Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Bambu Junjung Derajat

gambar bambu junjung drajat asli
Ilustrasi Bambu Junjung Drajat
Hartalangit.com – Bambu yang pertumbuhannya tidak normal seperti bambu pada umumnya (cacat alam) memang memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya yang unik dan artistik.

Selain itu, bambu-bambu yang pertumbuhannya tidak normal seringkali juga menyimpan energi supranatural yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Ada cukup banyak jenis bambu unik (bambu bertuah) yang dipercaya memiliki khasiat supranatural. Salah satunya yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah bambu Junjung Drajat.


Bambu Junjung Derajat (Junder) memiliki ciri khusus pada ruasnya yang tidak biasa, karena pada sebatang bambu terdapat beberapa ruas (minimal tiga ruas) yang jaraknya saling berdekatan sehingga terlihat menumpuk.
gambar bambu junjung derajat asli
Bambu Junjung Derajat
Bambu Junjung Drajat dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan derajat atau status sosial pemiliknya. Karena kepercayaan itulah yang membuat banyak orang ingin memiliki bambu Junjung Derajat untuk digunakan sebagai sarana dukungan dari sisi supranatural agar dapat meraih jabatan atau kedudukan yang tinggi.

“Junjung” artinya “mengangkat”, sedangkan “Derajat” bisa di artikan “kedudukan / status sosial”. Istilah Junjung Derajat sering digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai simbol harapan agar kehidupannya lebih baik dan lebih terhormat.

Oleh karena itulah Junjung Drajat sering digunakan untuk menyebut sesuatu yang di anggap memiliki tuah untuk meningkatkan derajat, seperti Pamor Keris Junjung Drajat, Batu Akik Junjung Derajat, Perkutut Katuranggan Junjung Drajat dan Bambu Junjung Drajat.


Tapi sebetulnya ada makna tersirat dari istilah Junjung Drajat sebagai wejangan untuk mengingatkan kita bahwa kedudukan mulia disisi TUHAN lebih penting dari kedudukan mulia dimata Manusia.

Junjung Derajat merupakan perwujudan dari laku seseorang untuk meningkatkan derajatnya dihadapan TUHAN dan di tengah kehidupan sosialnya.

Sebagai Manusia hendaknya kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan derajat disisi TUHAN karena tujuan hidup didunia ini adalah untuk kembali kepada-NYA dalam keadaan yang baik.

Dunia ini hanya sebagai sarana untuk mencapai semua itu, tapi kebanyakan Manusia justru lebih mementingkan kemuliaan didunia dan menjadikan dunia sebagai tujuan hidup.

Itulah keistimewaan bambu Junjung Drajat, selain memiliki bentuk yang unik dan di anggap memiliki tuah ghaib, bambu ini juga memiliki makna tersirat yang harus dimengerti dan dipahami maksudnya.

Simbol-simbol, bahasa tanda atau filosofinya itulah yang harus diterjemahkan oleh Manusia sebagai “kitab tanpo waton, tanpo tinulis neng biso diwoco” (kitab tak terlihat, tidak ditulis tapi bisa dibaca) yang memuat pesan dari gambaran simbol-simbol atau bahasa tanda yang ada seperti halnya pada bambu Junjung Derajat.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan bambu Junjung Derajat / Songgo Buwono yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar bambu bertuah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Bambu Junjung Derajat"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: