Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Akar Mimang

gambar akar mimang / oyot mimang asli
Ilustrasi Akar Mimang
Hartalangit.com – Sebagian besar masyarakat Jawa pasti tidak asing dengan dengan Akar Mimang (Oyot Mimang) yang konon bisa membuat orang linglung dan tersesat ketika berada dihutan.

Bahkan saking terkenalnya, Akar Mimang sering dijadikan perumpamaan untuk orang yang sedang kebingungan. Orang Jawa sering mengatakan “Koyo Nglangkahi Oyot Mimang” yang artinya “Seperti Melangkahi Akar Mimang” ketika melihat orang yang terlihat kebingungan.

Di Jawa ada sebuah kepercayaan, jika seseorang tersandung atau melangkahi Akar Mimang saat berada dihutan maka orang tersebut akan menjadi linglung dan akan tersesat didalam hutan. Dia tidak akan bisa menemukan jalan pulang dan hanya akan berputar-putar disekitar lokasi Akar Mimang tersebut.

Akar Mimang (Oyot Mimang) memiliki bentuk yang unik. Berbeda dengan akar pohon pada umumnya yang menghujam ke dalam tanah, Akar Mimang justru melingkar membentuk simpul seakan tidak memiliki pangkal dan ujung.


Mitos tentang kekuatan mistis Akar Mimang yang dapat membuat orang menjadi linglung sudah ada sejak jaman dulu, bahkan sampai sekarang keberadaan Akar Mimang masih dipercaya oleh sebagian orang.

Selain dipercaya dapat membuat orang linglung dan tersesat, Akar Mimang (Oyot Mimang) juga dipercaya memiliki khasiat tertentu sehingga banyak yang ingin memilikinya untuk dijadikan jimat untuk tujuan-tujuan tertentu, terutama yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.

Salah satu khasiat Akar Mimang yang paling terkenal yaitu untuk menjaga rumah dari niat jahat orang lain. Konon jika ada orang yang hendak berniat jahat, seperti mau mencuri atau merampok dirumah yang didalamnya terdapat Akar Mimang maka orang tersebut akan menjadi linglung dan lupa dengan tujuannya.

Orang yang berniat mencuri atau merampok tersebut tidak akan bisa pergi jauh dari rumah yang didalamnya terdapat Akar Mimang dan hanya akan berputar-putar tidak tahu arah disekitar rumah tersebut sampai ketahuan pemilik rumah. Kesadarannya baru akan pulih saat pemilik rumah menepuk pundaknya.


Jika hendak digunakan untuk melindungi rumah biasanya Akar Mimang akan ditanam didepan pintu rumah, tapi sebelum ditanam Akar Mimang tersebut harus dibawa mengelilingi rumah terlebih dulu dengan arah putaran ke kiri.

Daya magis Akar Mimang akan membuat orang yang terkena pengaruhnya menjadi linglung, lupa segala-galanya, kebingungan, tidak tahu mau apa dan mau kemana seperti orang yang terkena ilmu gendam.

Karena khasiat ampuhnya itulah sehingga orang-orang jaman dulu banyak yang menggunakan Akar Mimang sebagai sarana untuk melindungi rumah, kebun, sawah, peternakan, tambak ikan atau yang lainnya agar terhindar dari niat jahat orang lain seperti pencurian, perampokan dan penjarahan.

Selain dapat digunakan untuk melindungi rumah, tanah dan tempat usaha, Akar Mimang juga bisa digunakan sebagai jimat pelindung diri untuk menghindarkan pemiliknya dari marabahaya dan niat jahat orang lain.


Tapi tidak mudah untuk mendapatkan Akar Mimang / Akar Mingmang yang asli karena termasuk benda bertuah yang tidak mudah ditemukan. Oleh sebab itulah banyak orang yang tidak menyadari ketika tersandung atau melangkahinya.

Konon ketika masih berada didalam tanah, Akar Mimang / Akar Rimang dapat berpindah dari satu tempat ketempat lain tanpa adanya pergerakan tanah. Akar Mimang juga bisa terdapat pada berbagai jenis tanaman, baik pohon besar, semak belukar maupun pohon-pohon kecil.

Akar Mimang yang energinya paling kuat adalah Akar Mimang yang didapatkan dari pohon yang mati ngurak (mati tua). Sedangkan Akar Mimang yang dipotong dari pohon yang masih hidup konon energi ghaibnya akan hilang dan harus dirituali agar berkhasiat.

Jadi sebetulnya untuk mendapatkan Akar Mimang yang asli dan bertuah tidak bisa sembarangan, karena biasanya benda-benda bertuah seperti Akar Mimang selalu dijaga oleh mahluk ghaib yang akan meminta syarat-syarat tertentu sebagai tebusanya.

Tapi bagi orang yang beruntung (berjodoh) terkadang bisa mendapatkanya secara tidak sengaja, karena setiap benda bertuah yang asli biasanya memiliki khodam yang akan memilih sendiri siapa yang akan di ikutinya.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan Akar Mimang (Oyot Mimang) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video Yotube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Akar Mimang"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: