Advertisement

Amalan Pembuka Mata Batin Tanpa Puasa

gambar amalan wirid pembuka mata batin
Ilustrasi

Hartalangit.com – Mata batin adalah bagian dari batin yang paling dalam atau biasa disebut perasaan dalam hati. Umumnya mata batin selalu dikaitkan dengan kemampuan melihat hal-hal yang tidak bisa dijangkau oleh panca indera Manusia.

Kemampuan ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja dan biasanya sudah ada dalam dirinya sejak lahir. Namun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa orang biasa juga dapat membuka mata batinnya dengan ritual atau amalan-amalan tertentu.

Mata batin yang tajam hanya dapat dimiliki oleh orang yang memiliki kedekatan khusus dengan ALLAH SWT sebagaimana para Nabi dan para Waliyullah.

Orang yang mata batinnya telah terbuka akan dapat melihat dan menyingkap hal-hal ghaib yang selama ini tidak terlihat. Tapi untuk membuka mata batin memerlukan latihan dan berbagai amalan yang harus dilakukan secara istiqomah dengan tata cara tertentu.


Menurut Imam Al-Ghazali: Firasat adalah cahaya yang memancar ke dalam hati, penguasaan marifat yang membawa keajaiban-keajaiban ke dalam hati, dari sesuatu yang ghaib menuju yang ghaib, sehingga seseorang mampu melihat sesuatu menurut sisi mana TUHAN memandang. Dia bisa berbicara dengan hati mahluk.

Menurut sebagian ulama salafus sufi, mukasyafah adalah tabir rahasia yang terbuka. Mukasyafah terbagi menjadi tiga, yang pertama mukasyafah dengan hal-hal yang baik. Yang kedua mukasyafah dengan menampakkan kemampuan dan yang ketiga mukasyafah hati dengan esensi keimanan.

Karomah (keistimewaan) tersebut dapat dicapai jika seseorang rajin mengamalkan riyadha (latihan-latihan), baik lahir maupun batin.

Hal pertama yang harus diperhatikan agar dapat membuka mata batin adalah menghilangkan dosa-dosa dan rajin melakukan mujahadah serta berbagai bentuk pendekatan diri lainnya kepada ALLAH SWT.

Dalam Islam, istilah membuka mata batin sering dibahas dalam ilmu tasawuf, karena mata batin berkaitan erat dengan hati. Oleh karena itu, untuk mempertajam mata batin maka perlu membersihkan hati.


Orang yang telah terbuka mata batinnya akan dapat melihat diluar panca inderanya seperti melihat hal-hal ghaib, membaca pikiran orang lain dan bahkan dapat melihat apa yang akan terjadi di masa depan.

gambar lukisan imam al ghazali

Terkait dengan mata batin ini ada sebuah cerita tentang Imam Al-Ghazali saat ditanya kebiasaan beliau memasukkan hadist ahad ke dalam karyanya yaitu Ihya Ulumuddin.

“Mengapa engkau sering mengutip hadist-hadist ahad (tidak populer) didalam kitab Ihya’ Ulumuddin?” (tanya seseorang kepada Imam Al-Ghazali).

Imam Al-Ghazali menjawab: “Saya tidak pernah menulis satu hadist didalam buku ini sebelum saya menanyakan kebenarannya kepada Rasulullah SAW”.

Apa yang dikatakan Imam Al-Ghazali tentunya tidak masuk akal bagi orang awam karena antara Rasulullah SAW dan Imam Al-Ghazali terpisah jarak hingga 480 tahun.

Tapi itulah maqom Imam Al-Ghazali, seorang ulama besar dan sufi agung yang telah mencapai level yang tinggi dalam kewalian hingga dapat membuka mata batinnya.


Terkait dengan cara membuka mata batin ini Imam Al-Ghazali mengijazahkan beberapa wirid untuk di amalkan agar dapat membuka mata batin.

Wirid ini terdapat dalam kitab Fathul Mulk al-Majid al-Mua’llaf Linaf’il ‘Abid karya Syekh Ahmad Dairobi al-Kabir:

Imam Al-Ghazali berkata : “Tidaklah aku mendapatkan Futuh (penyingkap hal-hal ghaib) dan berkah kecuali dengan wirid-wirid berikut ini”:

- Hari Jumat membaca: Ya ALLAH - 1000 Kali.

- Hari Sabtu membaca: La ilaaha illallah - 1000 kali.

- Hari Minggu membaca: Ya Hayyu Ya Qoyyum - 1000 kali.

- Hari Senin membaca: La Haula Wala Quwwata illa Billahil ‘Aliyyil ‘Adzhim - 1000 kali.

- Hari Selasa membaca: Allohumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad wa ‘Ala Ali Sayyidina Muhammad - 1000 kali.

- Hari Rabu membaca: Astaghfirullahal ‘Adzhim - 1000 kali.

- Hari Kamis membaca: Subhanallahil ‘Adzhim Wabihamdih - 1000 kali.

Selain mengamalkan wirid-wirid di atas, hal terpenting yang harus dilakukan untuk bisa membuka mata batin adalah membersihkan hatinya dari berbagai macam dosa dan kemaksiatan serta menjauhi hal-hal yang mendekatkan dengan dosa.


Demikian sedikit informasi tentang cara membuka mata batin tanpa puasa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Amalan Pembuka Mata Batin Tanpa Puasa"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: