Advertisement

Khasiat dan Manfaat Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil

gambar kaligrafi hasbunallah wanikmal wakil

Hartalangit.com – Dzikir merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Muslim karena banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh orang yang sering berdzikir.

Tujuan berdzikir adalah untuk mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, meningkatkan kesadaran diri dan keimanan serta menguatkan hati dan pikiran.

Dzikir dapat dilakukan dengan berbagai macam doa atau kalimat-kalimat tertentu yang mengandung pujian atau permohonan kepada ALLAH SWT.

Salah satunya yang di anjurkan untuk di amalkan adalah “Hasbunallah Wanikmal Wakil” karena memiliki banyak keutamaan jika di amalkan secara istiqomah.


“Hasbunallah Wanikmal Wakil” artinya “Cukuplah ALLAH sebagai penolong kami”. Dengan kata lain, segala urusan dipasrahkan kepada ALLAH SWT.

Ini menjadi salah satu bentuk tawakal yang seharusnya dimiliki oleh setiap umat Muslim. Dan untuk menumbuhkan perasaan tawakal dalam diri kita, salah satu caranya yaitu dengan mengamalkan dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil” secara istiqomah sebagai bentuk kepasrahan seorang hamba kepada Sang Pencipta.

Dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil” memiliki banyak sekali keutamaan, dan barang siapa yang mengamalkannya secara istiqomah maka dia akan mendapatkan banyak manfaat.


Berikut ini beberapa keutamaan dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil:

1. Menumbuhkan dan Meningkatkan Keimanan

Kadar keimanan seseorang adakalanya naik dan adakalanya juga bisa turun. Iman itu bertambah dengan ketakwaan dan berkurang karena kemaksiatan.

Ketika seseorang terus menjaga ketakwaan kepada ALLAH SWT maka imannya akan semakin kuat. Dan sebaliknya, jika terjerumus dalam kemaksiatan maka kadar keimanannya akan menurun atau berkurang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memupuk keimanan setiap waktu dan meminta pertolongan kepada ALLAH SWT dengan mengerjakan perintah-NYA dan menjauhi segala larangan-NYA serta memperbanyak dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil”.

2. Menumbuhkan Keberanian Dalam Kebenaran

Dengan mengamalkan dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil secara istiqomah akan mengingatkan kita pada keagungan dan pertolongan ALLAH SWT karena apapun yang terjadi sejatinya adalah kehendak-NYA.

ALLAH SWT sendiri yang akan menolong hamba-NYA yang berharap pertolongan dan menggantungkan segala urusan pada ALLAH semata.

Dengan memahami bahwa ALLAH pasti akan menolong kita, maka akan timbul keberanian dalam meneguhkan kebenaran kapanpun dan dimanapun.


3. Mendatangkan Ketenangan Batin

Seseorang yang senantiasa berzikir kepada ALLAH pasti akan mendapatkan ketenangan batin dan tidak mudah goyah ketika dihadapkan pada cobaan hidup serta akan selalu berprasangka baik kepada ALLAH.

4. Mendapat Pertolongan dan Perlindungan ALLAH SWT

Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil sebenarnya bertujuan untuk meminta pertolongan secara halus kepada ALLAH sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Katsir mengutip hadist dari Ibnu Murdawaih dari Abu Hurairah:

“Apabila kalian semua mengalami sesuatu urusan yang besar, maka ucapkanlah Hasbunallah Wani’mal Wakil”

Bacaan panjangnya adalah “Hasbunallah Wani’mal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir” yang artinya: “Cukuplah ALLAH sebagai penolong kami, dan ALLAH adalah sebaik-baik pelindung”.

Agar lebih mustajab sebaiknya dzikir ini dibaca dengan hitungan tertentu dan pada waktu-waktu yang mustajab.

5. Membuka Pintu Rezeki

Dzikir ini merupakan amalan doa yang memiliki beragam khasiat dan manfaat, salah satunya adalah untuk membuka pintu rezeki. Barang siapa membaca Hasbunallah Wanikmal Wakil sebanyak 70 kali setiap hari maka akan dibukakan pintu rezeki dari segala arah.

Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili dalam kitabnya “Sirrul Jaliil Fii Khowaashi Hasbunallahu Wa Ni’mal Wakiil” menyampaikan, bacaan ini dapat menjadi wirid dan amalan harian setelah selesai menjalankan sholat ashar.


Demikian sedikit informasi tentang cara mengamalkan dzikir Hasbunalloh Wani’mal Wakil serta khasiat dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Dzikir Hasbunallah Wani’mal Wakil"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: