Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

7 Perkutut Katuranggan Yang Cirinya Terdapat Di Sayap

Hartalangit.com – Ada banyak sekali jenis Perkutut katuranggan yang masing-masing memiliki ciri-ciri tertentu seperti kelainan pada warna bulunya, kelainan pada fisiknya, jumlah bulu ekornya atau ciri-ciri lainnya yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang beberapa jenis Perkutut katuranggan yang memiliki ciri khusus pada bagian sayapnya, baik berupa bulu yang tumbuhnya tidak normal atau ciri-ciri lainnya.


Berikut ini 7 Perkutut katuranggan yang memiliki ciri khusus pada bagian sayapnya:

1. Perkutut Katuranggan Buntel Mayit
gambar perkutut katuranggan buntel mayit
Perkutut Katuranggan Buntel Mayit
Perkutut Buntel Mayit memiliki ciri khusus berupa sehelai bulu utama berwarna putih pada salah satu sayapnya. Bulu ini akan tetap tumbuh lagi jika dicabut atau rontok karena mabung.

Banyak yang beranggapan bahwa Perkutut katuranggan Buntel Mayit tidak baik untuk dipelihara karena dapat membawa sial bagi pemiliknya.

Anggapan tersebut muncul karena nama Buntel Mayit berkaitan dengan kematian karena artinya adalah pembungkus jenazah. Padahal anggapan tersebut sebetulnya tidak benar karena nama yang sebenarnya adalah  Buntel Mayat (Jawa) yang artinya bungkus miring.

Buntel Mayit atau  Buntel Mayat juga merupakan nama salah satu pamor Keris yang cukup terkenal dan banyak diminati oleh para penggemar Tosan Aji. Pamor Buntel Mayit pada sebilah Keris berbentuk lilitan miring dari pangkal sampai ujung bilah.

Pamor Buntel Mayat merupakan simbolisasi harapan agar pemiliknya selalu memiliki semangat dalam memperjuangkan hidupnya, terus merambat naik menuju puncak cita-citanya yang disimbolkan dengan bentuk pamor seperti kain yang melilit bilah Keris dari pangkal sampai ujungnya.

Pamor Buntel Mayat pada sebilah Keris tergolong salah satu pamor yang sangat pemilih, jika cocok maka pemiliknya akan cepat menanjak kariernya atau kondisi ekonominya, tapi jika tidak cocok maka tuahnya tidak akan berfungsi.

Tuah Perkutut Buntel Mayit hampir sama dengan Keris berpamor Buntel Mayit. Jadi intinya, Perkutut Buntel Mayit tidak masalah dipelihara asal kita yakin bahwa Perkutut tersebut tidak akan membawa dampak buruk, tapi justru akan membawa kebaikan karena sebetulnya makna dan tuah Perkutut ini sangat baik.


2. Perkutut Katuranggan Cendolo Sabdo
gambar perkutut katuranggan cendolo sabdo
Perkutut Katuranggan Cendolo Sabdo
Perkutut Cendolo Sabdo memiliki ciri khusus berupa sehelai bulu kecil berwarna putih yang terdapat pada sayap bagian luar.

“Cendolo” artinya jelek (olo) atau bisa juga di artikan hina, sedangkan “Sabdo” artinya ucapan atau perkataan. Jadi, Cendolo Sabdo bisa di artikan ucapan atau perkataan yang jelek.

Perkutut Cendolo Sabdo di anggap kurang baik untuk dipelihara karena akan membawa pengaruh negatif bagi pemiliknya, yaitu ucapan atau perkataannya akan cenderung mengarah pada hal-hal yang tidak baik sehingga sering menyebabkan terjadinya kesalah pahaman, baik dilingkungan pergaulan maupun dalam keluarga.

Tapi sebetulnya Perkutut Cendolo Sabdo memiliki makna sebagai pitutur atau wejangan tersirat agar orang yang memelihara Perkutut ini bisa menjaga lisan atau ucapannya agar bisa menjadi panutan dan pantas untuk mengemban tanggung jawab yang dipikulnya, baik itu tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam keluarga.

Ketika seseorang dipercayakan untuk mengemban tanggung jawab dipundaknya, maka dia harus bisa menjaga lisan atau ucapannya karena “Ajining diri soko kedaling lathi”, artinya: nilai diri seseorang terletak pada gerak lidahnya, maksudnya harga diri seseorang terletak pada ucapannya.

Jika ucapan atau kata-kata yang keluar dari mulutnya baik, maka dia akan di anggap sebagai orang baik sehingga akan lebih dihargai dan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Tapi jika kata-kata yang di ucapkan selalu tentang kejelekan, caci maki, kata-kata kotor, fitnah dan provokasi maka dia akan di anggap sebagai orang yang tidak baik dan akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain.


3. Perkutut Katuranggan Traju Mas
gambar perkutut katuranggan traju mas
Perkutut Katuranggan Traju Mas
Perkutut Traju Mas memiliki ciri khusus berupa bulu berwarna putih yang terdapat pada kedua belah sayapnya dengan letak seimbang dan berjumlah sama pada masing-masing sayapnya, berbeda dengan katuranggan Buntel Mayit yang hanya terdapat bulu putih pada satu sayapnya saja.

Traju Mas artinya Timbangan Emas, dari Kata Traju yang artinya timbangan dan Mas yang artinya emas.

Traju Mas melambangkan keadilan dan kebijaksanaan sebagai pitutur agar pemilik Perkutut ini dapat bersikap adil dalam segala hal dan seimbang dalam menyikapi hidup. Mengukur sama panjang, menimbang sama berat.

Perkutut katuranggan Traju Mas dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan kemuliaan serta dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

Perkutut ini lebih cocok dipelihara oleh seorang pemimpin sebagai sarana untuk menambah kewibawaan dan kharisma, sekaligus sebagai pengingat bahwa untuk memiliki kehormatan dan kemuliaan, seorang pemimpin harus bisa bersikap adil, bijaksana dan mengayomi orang-orang yang dipimpinnya.


4. Perkutut Katuranggan Singkir Sengkolo
gambar perkutut katuranggan singkir sengkolo
Perkutut Katuranggan Singkir Sengkolo
Perkutut Singkir Sengkolo memiliki ciri khusus pada kedua sayapnya yang terangkat ke atas tapi bisa terbang dengan normal. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala.

“Singkir” artinya menyingkirkan dan “Sengkolo” artinya “musibah atau malapetaka”. Jadi, Singkir Sengkolo bisa di artikan “Menyingkirkan musibah atau malapetaka”.

Konon, orang yang memelihara Perkutut Singkir Sengkolo / Singkir Sengkala akan dijauhkan dari segala bentuk musibah dan malapetaka, termasuk wabah penyakit, bencana alam serta kecelakaan.

Selain itu, orang yang memelihara Perkutut Singkir Sengkolo juga akan dijauhkan dari segala macam kesialan sehingga semua yang dikerjakannya, baik dalam bisnis maupun karier akan berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Sayap Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo yang terangkat ke atas merupakan simbol menangkis atau menangkal segala bentuk musibah (malapetaka) yang datang kepada pemilikinya.

Tapi sebetulnya, kedua sayap Perkutut Singkir Sengkolo yang terangkat ke atas merupakan pesan tersirat agar pemilik Perkutut ini selalu mengangkat kedua tangannya ke atas untuk berdoa dan memohon kepada TUHAN agar dijauhkan dari segala bentuk musibah dan malapetaka.

Dengan selalu berdoa dan mendekatkan diri kepada TUHAN, maka kehidupannya akan dijauhkan dari segala bentuk musibah dan malapetaka.

Itulah sesungguhnya makna dari Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo yang disimbolkan dengan kedua sayapnya yang terangkat ke atas.


5. Perkutut Katuranggan Kelabang Kapipit
gambar perkutut kelabang kapipit
Perkutut Katuranggan Kelabang Kapipit
Perkutut Kelabang Kapipit memiliki ciri khusus berupa bulu berwarna putih yang terdapat dibagian bawah sayapnya.

Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara karena mitosnya akan mengundang masalah dalam keluarga sehingga sering terjadi pertengkaran.

Bulu putih dibawah sayap Perkutut Kelabang Kepipit melambangkan ketidak jujuran atau sesuatu yang disembunyikan dari pasangan. Hal itu di ibaratkan seperti mengapit kelabang diketiak, yaitu menyimpan bahaya yang selalu mengancam.

Pesan yang hendak disampaikan dari katuranggan Kelabang Kepipit, yaitu agar dalam berumah tangga hendaknya antara suami dan istri harus mengutamakan kejujuran dan kesetiaan, karena jika ada yang disembunyikan dan kemudian terbongkar maka akan menimbulkan pertengkaran, bahkan bisa berujung perceraian.


6. Perkutut Katuranggan Gotong Mayit
gambar perkutut katuranggan gotong mayit
Perkutut Katuranggan Gotong Mayit
Perkutut Gotong Mayit memiliki ciri khusus pada kedua sayapnya terdapat 3 helai bulu besar berwarna putih. Bulu-bulu putih tersebut akan tetap tumbuh lagi setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini sifatnya pemilih dan lebih cocok dipelihara oleh orang-orang yang sudah sepuh atau yang sudah waktunya mandito sebagai pengingat bahwa hidup didunia ini hanya sebentar dan pada akhirnya semua Manusia akan digotong menuju peristirahatan yang terakhir.

Tujuan hidup didunia ini adalah untuk mencari bekal, karena setelah mati segala yang dimiliki didunia seperti harta, pangkat atau kedudukan tidak akan bisa dibawa.

Hanya ada 3 hal yang bisa dibawa, yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh. Itulah makna 3 helai bulu putih pada sayap Perkutut Gotong Mayit.


7. Perkutut Katuranggan Talang Mas
gambar perkutut katuranggan talang mas / talang emas
Perkutut Katuranggan Talang Mas
Perkutut Talang Mas memiliki ciri khusus berupa sehelai bulu yang tumbuhnya terbalik dibagian sayapnya, dan bulu ini akan tetap tumbuh terbalik meskipun sudah berkali-kali dicabut atau rontok karena mabung.

Tapi untuk katuranggan Talang Mas sebetulnya letak bulu yang terbalik tidak harus selalu berada pada bagian sayapnya.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan datangnya rejeki dan kekayaan bagi orang yang memeliharanya.

“Talang” adalah saluran air hujan, sedangkan “Mas” artinya adalah Emas (logam mulia). Talang Mas bisa dimaknai sebagai sebuah harapan agar orang yang memelihara Perkutut ini dapat di aliri rejeki yang berlimpah yang disimbolkan dengan “Talang” untuk menampung dan “Emas” yang menjadi simbol kemakmuran dan kekayaan.

Tapi sebetulnya ada makna tersirat dari katuranggan Talang Mas yang berkaitan dengan kepercayaan akan tuahnya.

Talang Mas merupakan pesan tersirat agar pemilik Perkutut ini dapat menyisihkan sebagian rejekinya untuk orang lain yang membutuhkan, seperti halnya talang yang menampung air hujan untuk di alirkan ke tempat lain. Karena dengan berbagi atau bersedekah maka harta yang di miliki akan menjadi berkah dan semakin bertambah.

Perkutut Talang Mas juga memiliki makna sebagai pitutur atau wejangan tersirat agar orang yang memelihara Perkutut ini bisa menampung hal-hal yang baik dan menjadi pribadi yang mulia.


Demikian sedikit informasi tentang 7 Perkutut katuranggan yang cirinya terdapat disayap yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "7 Perkutut Katuranggan Yang Cirinya Terdapat Di Sayap"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: