Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri, Mitos dan Tuah Perkutut Mujur

gambar perkutut mujur
Ilustrasi Perkutut Mujur

Hartalangit.com - Perkutut lokal memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya, karena selain bisa dinikmati suara anggungannya yang merdu, Perkutut lokal juga dipercaya memiliki tuah atau angsar yang dapat mempengaruhi kehidupan orang yang memeliharanya.

Ada yang dipercaya dapat membawa pengaruh positif dan ada juga yang dipercaya dapat membawa pengaruh negatif tergantung dari jenis katuranggan atau ciri mathinya dan juga kecocokan antara Perkutut yang dipelihara dengan pemiliknya.

Katuranggan adalah ciri tertentu pada fisik burung Perkutut yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya, seperti kelainan pada warna bulunya, pada paruhnya, pada sisik kakinya, pada jumlah bulu ekornya, atau ciri fisik lainnya.


Sedangkan ciri mathi adalah perilaku burung Perkutut yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya, misalnya saja Perkutut yang selalu tidur didasar sangkar disebut Jogoboyo, Perkutut yang tidurnya ditempat pakan disebut Sri Lumbung, Perkutut yang tidurnya searah dengan tangkringan disebut Mujur, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang Perkutut Mujur yang memiliki kebiasaan tidurnya searah dengan tangkringan, meskipun tangkringannya sudah berkali-kali diganti tapi Perkutut ini tidurnya tetap searah dengan tangkringan (mujur).

Mujur bisa di artikan beruntung dan bisa juga berarti mengarah, searah, menghadap atau terbujur. Kata mujur sering digunakan oleh masyarakat Jawa untuk menyebut arah berbaring. Misalnya saja mujur ngetan artinya mengarah ke timur, mujur ngulon artinya mengarah ke barat, mujur ngidul artinya mengarah ke selatan, dan mujur ngalor artinya mengarah ke utara.

Perkutut Mujur termasuk sangat langka dan dinilai baik untuk dipelihara. Perkutut ini banyak dicari oleh para penggemar Perkutut katuranggan karena dipercaya memiliki tuah untuk keberuntungan dan memudahkan pemiliknya untuk meraih cita-cita. Konon Perkutut ini juga bisa berubah menjadi ular pada waktu-waktu tertentu.


Perilaku Perkutut Mujur yang selalu tidur mujur atau searah dengan tangkringan melambangkan sebuah harapan agar orang yang memelihara Perkutut ini selalu beruntung dalam kehidupannya dan dapat meraih cita-citanya dengan mudah tanpa rintangan.

Perkutut Mujur juga memiliki filosofi, bahwa dalam hidup ini hendaknya kita selalu berusaha untuk menempuh jalan yang lurus dan senantiasa mengingat TUHAN, karena pada akhirnya kita akan terbaring mujur untuk kembali kepada TUHAN.

Jadi dalam memelihara Perkutut katuranggan harus dipahami makna dan maksudnya kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa dirasakan tuahnya secara maksimal


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, filosofi, tuah dan mitos Perkutut Mujur yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Ciri-ciri, mitos & tuah Perkutut Mujur - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri, Mitos dan Tuah Perkutut Mujur"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: