Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat minyak Cendana untuk merawat pusaka dan untuk meditasi

gambar minyak cendana asli
Ilustrasi Minyak Cendana

Hartalangit.com – Pohon Cendana merupakan tumbuhan endemik Nusa Tenggara Timur. Tapi saat ini pohon Cendana telah tersebar ke beberapa wilayah lain di Indonesia.

Kayu Cendana memiliki wangi yang harum karena terdapat kandungan senyawa santalol pada batang dan akarnya. Senyawa ini banyak digunakan untuk bahan baku dalam industri farmasi dan kosmetik.

Ada dua jenis kayu Cendana, yaitu Cendana putih dan Cendana merah. Perbedaan keduanya terletak pada aroma wanginya. Kayu Cendana yang berwarna merah lebih wangi dari kayu Cendana yang berwarna putih.

Kayu Cendana putih banyak ditemukan di wilayah Indonesia, seperti di Nusa Tenggara Timur. Sedangkan kayu Cendana merah umumnya tumbuh di daerah Funan dan India.

Pohon Cendana merupakan komoditi yang potensial bagi perekonomian masyarakat, karena selain dimanfaatkan kayunya, pohon Cendana juga dapat menghasilkan minyak Cendana yang nilai jualnya cukup tinggi.

Minyak Cendana memiliki aroma harum yang sangat khas karena dihasilkan dari penyulingan kayu Cendana yang secara alami memang memiliki aroma wangi yang khas.

Minyak Cendana sering digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal dan bahan minyak wangi (parfum). Sedangkan kayunya sering digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, warangka Keris, tasbih dan masih banyak lagi yang lainnya.


Sebagai obat, minyak Cendana memiliki khasiat atau manfaat untuk mencegah insomnia, mempercepat proses penyembuhan luka dan mengatasi gangguan kecemasan.

Selain itu, minyak Cendana juga dikenal memiliki khasiat yang berkaitan dengan dunia spiritual dan supranatural.

Aroma wangi minyak Cendana dapat membawa ketenangan batin sehingga sangat cocok digunakan sebagai aroma terapy, terutama saat bermeditasi.

Banyak orang yang melakukan meditasi merasa kesulitan untuk mengendalikan pikirannya, tidak bisa fokus dan pikiran mengembara kemana-mana.

Untuk membantu menenangkan pikiran biasanya para pelaku meditasi akan menggunakan aroma terapy, salah satunya yaitu dengan menggunakan minyak Cendana.

Aroma minyak Cendana memiliki efek menenangkan dan telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai sarana untuk berbagai macam ritual yang berhubungan dengan dunia spiritual dan supranatural.


Minyak Cendana juga sangat terkenal dikalangan kolektor dan pecinta Tosan Aji sebagai minyak terbaik untuk perawatan pusaka, terutama yang termasuk Tosan Aji seperti Keris, Tombak, Kujang atau benda-benda pusaka lainnya yang terbuat dari logam (wesi aji).

Selain dapat mencegah timbulnya karat pada Bilah Tosan Aji, minyak Cendana juga tidak meninggalkan flek atau noda yang membekas pada bilah Keris atau tombak, sehingga tidak akan mempengaruhi keindahan pamornya.

Selain bermanfaat untuk menjaga bilah Keris dari karat, minyak Cendana juga berkhasiat untuk menambah daya ghaib Keris pusaka dan membersihkan energi negatif yang ada pada Keris.

Keris yang di olesi dengan minyak Cendana secara teratur akan lebih awet, tahan dari karat dan energi ghaibnya akan tetap terjaga.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat dan manfaat minyak Cendana untuk merawat pusaka dan untuk meditasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat minyak Cendana untuk merawat pusaka dan untuk meditasi"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: