Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas

gambar perkutut buntel mayit dan perkutut traju mas
Perkutut Buntel Mayit & Perkutut Traju Mas
Hartalangit.com – Ada banyak sekali jenis katuranggan Perkutut lokal dengan ciri-ciri yang berbeda-beda. Ada yang cirinya terdapat di kepala, kaki, mata, ekor, sayap atau dibagian tubuh lainnya dan hampir semuanya sudah pernah dibahas pada artikel-artikel Harta Langit sebelumnya.

Dari sekian banyak katuranggan Perkutut yang tertulis didalam pakem ada beberapa katuranggan yang ciri-cirinya hampir sama, contohnya Perkutut katuranggan Buntel Mayit dan Perkutut katuranggan Traju Mas. Keduanya memiliki ciri-ciri yang hampir sama, yaitu terdapat bulu besar berwarna putih pada bagian sayapnya.

Perkutut Buntel Mayit memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu besar berwarna putih pada salah satu sayapnya. Sedangkan Perkutut Traju Mas memiliki ciri khusus terdapat bulu besar berwarna putih dikedua sayapnya.


Selain memiliki ciri-ciri yang berbeda, kedua Perkutut katuranggan tersebut juga memiliki makna filosofi dan tuah yang berbeda.

Selama ini Perkutut katuranggan Buntel Mayit cenderung dihindari oleh sebagian besar penggemar burung Perkutut karena di anggap dapat membawa sial.

Anggapan tersebut muncul karena nama Buntel Mayit berkaitan dengan kematian karena artinya adalah pembungkus mayat. Padahal anggapan tersebut sebetulnya tidak benar karena nama yang sebenarnya adalah Buntel Mayat yang artinya bungkus miring.

Akibat salah pemahaman itulah yang menyebabkan banyak orang yang tidak berani memelihara Perkutut Buntel Mayit karena takut terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Padahal sebetulnya, Perkutut katuranggan Buntel Mayit sangat baik dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan derajat pemiliknya dan untuk tolak bala. Tapi sifatnya memang sangat pemilih sehingga tidak semua orang cocok memeliharanya.


Sedangkan Perkutut katuranggan Traju Mas melambangkan keadilan dan kebijaksanaan sebagai pitutur agar pemilik Perkutut ini dapat bersikap adil dalam segala hal dan seimbang dalam menyikapi hidup. Mengukur sama panjang, menimbang sama berat.

Traju Mas artinya Timbangan Emas, dari Kata Traju yang artinya timbangan dan Mas yang artinya emas (logam mulia).

Perkutut katuranggan Traju Mas dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan kemuliaan serta dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

Perkutut ini sifatnya juga pemilih dan lebih cocok dipelihara oleh seorang pemimpin sebagai sarana untuk menambah kewibawaan dan kharisma, sekaligus sebagai pengingat bahwa untuk memiliki kehormatan dan kemuliaan, seorang pemimpin harus bisa bersikap adil, bijaksana dan mengayomi orang-orang yang dipimpinnya.


Demikian sedikit informasi tentang perbedaan Perkutut katuranggan Buntel Mayit dan Perkutut katuranggan Traju Mas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videona:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan Perkutut Buntel Mayit dan Perkutut Traju Mas"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: