Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Arti burung Perkutut yang bunyi pada malam hari

gambar burung perkutut bunyi malam
Burung Perkutut

Hartalangit.com – Burung Perkutut adalah jenis  burung anggungan yang paling banyak peminatnya, dan popularitasnya juga tidak pernah surut dari jaman dahulu hingga sekarang.

Selain memiliki suara anggungan yang merdu, burung Perkutut juga dikenal dengan berbagai mitosnya yang seringkali dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis, misalnya saja: mitos tentang burung Perkutut yang bisa berubah menjadi ular, burung Perkutut yang di anggap bisa membawa keberuntungan, burung Perkutut yang dapat membawa nasib buruk atau kesialan dan masih banyak mitos-mitos lainnya.


Salah satu mitos burung Perkutut yang di anggap dapat membawa kesialan adalah burung Perkutut yang bunyi pada malam hari, karena normalnya burung Perkutut akan manggung pada pagi hari, siang hari atau sore hari.

Jadi ketika ada burung Perkutut yang manggung pada malam hari, maka hal itu di anggap sebagai sebuah pertanda akan terjadinya suatu kejadian tertentu.

Selama ini, banyak yang beranggapan jika burung Perkutut yang memiliki kebiasaan bunyi pada malam hari tidak baik untuk dipelihara, karena dapat membawa sial dan membuat rejeki pemiliknya seret.

Anggapan tersebut memang ada benarnya karena suara anggungan Perkutu yang bunyi pada malam hari akan mengganggu waktu tidur/istirahat pemiliknya, sehingga akan membuat pemiliknya terlambat bangun pagi dan tidak bisa bekerja  untuk mencari nafkah.

Selain itu, jika sering kurang tidur/istirahat maka kesehatannya juga akan terganggu dan akan sering mengalami sakit.

Tapi mitos tersebut tidak akan berlaku jika kita tidak merasa terganggu dengan suara burung Perkutut yang bunyi pada malam hari, dan justru bisa menikmatinya.

Apalagi orang-orang jaman sekarang banyak yang memiliki kebiasaan begadang  sampai pagi, baik untuk bekerja, berdagang maupun melakukan aktifitas lainnya. Karena biasanya burung Perkutut yang sudah gacor akan sering manggung meskipun malam hari jika lampu  masih menyala.

Tapi untuk burung Perkutut yang selalu glabrakan pada malam hari sebaiknya memang tidak dipelihara karena sangat mengganggu.

Menurut orang-orang tua jaman dahulu, burung Perkutut yang bunyi pada malam hari bisa merupakan sebuah pertanda baik dan bisa juga merupakan pertanda buruk.

Para penggemar burung Perkutut biasanya merasa takut jika burung Perkutut yang dipeliharanya bunyi/manggung pada malam hari karena menganggap jika burung tersebut dapat membawa kesialan.

Padahal sebetulnya, seringkali suara burung Perkutut tersebut justru merupakan peringatan agar pemiliknya lebih waspada karena akan terjadi sesuatu yang tidak baik. Tapi seringkali pemilik Perkutu tidak menyadarinya dan justru mengkambing hitamkan burung Perkutut yang bunyi pada malam hari tersebut sebagai penyebab kejadian tersebut.

Sejatinya setiap musibah yang terjadi adalah takdir TUHAN, tidak ada mahluk apapun yang bisa menentukan nasib mahluk lainnya.

Burung Perkutut termasuk hewan yang sangat peka dan bisa merasakan hal-hal yang sifatnya ghaib. Jadi ketika akan terjadi sesuatu yang berhubungan dengan pemiliknya, maka biasanya burung Perkutut akan memberikan peringatan dengan cara bersuara atau manggung.


Berikut ini beberapa pertanda burung Perkutut bunyi pada malam hari:

1. Pertanda akan ada saudara/keluarga yang meninggal dunia

Burung Perkutut yang bunyi pada malam hari sering di anggap sebagai pertanda bahwa akan ada saudara, keluarga atau orang dekat pemilik Perkutut tersebut yang akan meninggal dunia.

Hal ini memang ada benarnya karena menurut pengalaman saya pribadi, jika burung Perkutut yang kita pelihara bunyi pada malam hari terus-menerus semalaman padahal biasanya tidak bunyi, memang seringkali merupakan sebuah pertanda bahwa akan ada saudara, keluarga atau orang dekat yang meninggal dunia.

2. Pertanda akan terjadi pertengkaran

Burung Perkutut yang bunyi pada malam hari dan disertai dengan glabrakan biasanya merupakan pertanda akan terjadi pertengkaran didalam rumah tersebut.

Burung tersebut sebetulnya memberi pertanda agar pemiliknya lebih berhati-hati dan menghindari hal-hal yang bisa memicu pertengkaran. Tapi bisanya pemilik Perkutut tidak menyadari peringatan tersebut.

3. Pertanda datangnya musibah atau gagal panen

Pada jaman dahulu, burung Perkutut yang bunyi pada malam hari juga sering di anggap sebagai pertanda datangnya musibah, seperti kekeringan, wabah penyakit/hama dan gagal panen. Sehingga para petani biasanya akan mengadakan ritual selamatan jika burung Perkutut peliharaannya bunyi pada malam hari dengan tujuan untuk menghindarkan datangnya musibah (ritual singkir sengkolo).


4. Pertanda ada mahluk halus atau serangan ilmu hitam

Burung Perkutut termasuk hewan yang sangat peka  terhadap hal-hal yang sifatnya ghaib, sehinngga seringkali burung ini akan bereaksi dengan bersuara (manggung) ketika merasakan atau melihat kehadiran mahluk halus disekitarnya.

Selain itu, jika ada serangan ilmu hitam yang mengancam keselamatan pemiliknya, burung ini juga akan bereaksi  dengan bersuara  untuk memberikan peringatan kepada pemiliknya agar waspada atau agar pemiliknya terbangun dari tidurnya.

Karena serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya selalu datang pada malam hari ketika orang yang dituju sudah tertidur pulas, sebab jika targetnya dalam kondisi tertidur lelap maka serangan ilmu hitam akan lebih mudah masuk.

Jadi, Perkutut yang bunyi pada malam hari sebetulnya bermaksud memperingatkan pemiliknya agar lebih waspada. Bahkan terkadang burung Perkutut yang sudah selaras dengan pemiliknya akan menjadi tameng  ketika ada serangan ghaib yang mengancam keselamatan pemiliknya, dan terkadang sampai mengorbankan dirinya sendiri.


Demikian sedikit informasi tentang arti burung Perkutut bunyi pada malam hari yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube: Harta Langit Channel

Mohon dukungannya untuk Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami tetap dapat berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a comment for "Arti burung Perkutut yang bunyi pada malam hari"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: