Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Makna dan tuah Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo

gambar perkutut katuranggan singkir sengkolo
Perkutut Katuranggan Singkir Sengkolo

Hartalangit.com – Membahas tentang Perkutut katuranggan memang tidak ada habisnya karena ada banyak sekali jenis katuranggan burung Perkutut lokal yang masing-masing memiliki ciri-ciri dan tuah yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Ada jenis katuranggan Perkutut yang memiliki ciri khusus pada perilakunya yang berbeda dengan Perkutut lain pada umumnya, misalnya saja katuranggan Jogoboyo yang memiliki kebiasaan tidur didasar sangkar, katuranggan Sri Tumpuk yang memiliki kebiasaan buang kotoran disatu tempat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain dari perilakunya, ada juga katuranggan Perkutut yang memiliki ciri khusus pada bentuk fisiknya yang berbeda denga burung Perkutut pada umumnya, baik dari warna bulu, bentuk paruh, bentuk sisik kaki, jumlah bulu ekor dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu katuranggan Perkutut yang memiliki ciri khusus pada bentuk fisiknya yang berbeda dengan Perkutut lainnya adalah katuranggan Singkir Sengkolo yang memiliki ciri-ciri pada bagian sayapnya yang terangkat ke atas.

Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo banyak dicari oleh para penggemar Perkutut katuranggan karena dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk perlindungan dan tolak bala.

Singgkir Sengkolo merupakan bahasa Jawa, yaitu “Singkir” yang artinya menyingkirkan dan “Sengkolo” yang artinya “musibah atau malapetaka”. Jadi, Singkir Sengkolo dapat di artikan “Menyingkirkan musibah/malapetaka”.

Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala. Konon, orang yang memelihara Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo akan dijauhkan dari segala bentuk musibah dan malapetaka, termasuk wabah penyakit, bencana alam serta kecelakaan.

Orang yang memelihara Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo/Singkir Sengkala juga akan dijauhkan dari segala macam kesialan, sehingga semua yang dikerjakannya, baik dalam bisnis maupun karier akan berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Sayap Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo yang selalu terangkat ke atas merupakan simbol menangkis atau menangkal segala bentuk musibah dan malapetaka yang datang kepada pemiliknya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Ciri-ciri, mitos & tuah Perkutut Singkir Sengkolo - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Makna dan tuah Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: