Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

5 Katuranggan Perkutut Penolak Bala

gambar 5 ekor perkutut tolak bala
5 Perkutut penolak bala

Hartalangit.com – Perkutut sudah menjadi burung klangenan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa sejak jaman dahulu, karena burung ini memiliki suara anggungan merdu yang bisa membuat suasana hati menjadi tentram dan damai (adem ayem).

Tapi selain memiliki suara anggungan yang merdu, burung Perkutut juga dipercaya memiliki tuah yang dapat mempengaruhi kehidupan orang yang memeliharanya.

Ada yang dipercaya memiliki tuah kerejekian, kewibawaan, ketentraman, pengayoman, perlindungan, tolak bala dan lainnya tergantung dari jenis katuranggan atau ciri mathinya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa katuranggan Perkutut yang dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala.


Berikut ini beberapa jenis Perkutut lokal yang dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala:

1. Perkutut Cemani Kol Buntet

gambar perkutut cemani kol buntet
Perkutut Cemani Kol Buntet

Perkutut Cemani Kol Buntet memiliki ciri-ciri pada bulu-bulu di seluruh tubuhnya yang berwarna hitam dengan lurik/kalung yang melingkar pada bagian leher sampai duburnya menyatu (tepung), paruh dan bagian dalam paruh nya berwarna hitam, kaki dan ulesnya juga berwarna kehitaman.

Perkutut Cemani Kol Buntet dipercaya memiliki kekuatan ghaib atau tuah utama untuk tolak bala yang dapat menangkal serangan santet, guna-guna atau serangan ilmu hitam lainnya.

Konon Perkutut hitam kol buntet memiliki kekuatan ghaib atau tuah ghaib untuk tolak bala dan perlindungan dari serangan santet, guna-guna atau serangan ilmu hitam lainnya.

Seperti halnya tanaman-tanaman yang memiliki warna hitam seperti: tebu ireng, sirih wulung, jambu wulung, sente/lumbu wulung dan tanaman-tanaman berwarna hitam lainnya yang secara alami memiliki energi untuk menolak gelombang energi teluh atau santet, bahkan bisa membalikkan energi jahat tersebut kepada pengirimnya.

Secara ilmiah energi jahat dari kiriman santet, teluh atau guna-guna adalah suatu energi yang berwujud frekuensi gelombang. Burung dan makluk hidup lainnya serta benda-benda tertentu secara alamiah juga memiliki energi dengan frekuensi tertentu.

Perkutut hitam Kol Buntet juga memiliki tingkatan energi dengan frekuensi yang tinggi, sehingga jika ada energi negatif yang datang mengarah ke lingkungan sekitar burung Perkutut tersebut berada, maka energi jahat tersebut akan terpecah dan bahkan ternetralisir.

Jika energi jahat yang datang menyerang tersebut terlalu kuat, terkadang dapat mengakibatkan kematian pada Perkutut Cemani Kol Buntet karena menjadi tameng bagi pemiliknya.

Tapi sayangnya suara Perkutut hitam Kol Buntet lokal rata-rata tidak sebagus penampilannya yang eksotis, karena Perkutut jenis ini kebanyakan memiliki suara yang cenderung kecil dan cempreng.

Perkutut Cemani lokal  alam yang asli juga sangat jarang manggung, hanya sesekali saja terdengar bunyi. Karakternya juga cenderung malas karena lebih sering diam saja di tangkringan tidak banyak bergerak.

Tapi hanya Perkutut hitam Kol Buntet liar yang hidup di alam bebas saja yang memiliki tuah atau kekuatan ghaib, karena secara alami telah menyerap energi alam semesta sejak Perkutut tersebut menetas.

Sedangkan Perkutut hitam Kol Buntet ternak, jarang sekali ada yang memiliki yoni karena Perkutut tersebut lahir karena campur tangan Manusia (peternak), sehingga keaslian trah hitam/cemaninya sudah tidak terjamin lagi.

Selain itu, Perkutut hitam hasil penangkaran sejak kecil hidup di lingkungan Manusia, sehingga tidak lagi memiliki aura wingit. Berbeda dengan Perkutut hitam Kol Buntet liar yang lebih suka hidup ditempat-tempat keramat seperti makam, pohon-pohon besar yang angker, dan tempat-tempat angker lainnya, sehingga secara alami telah menyerap energi alam dari tempat-tempat keramat tersebut.

Perkutut Cemani lokal alam juga sering di ikuti mahluk ghaib atau bahkan menjadi peliharaan mahluk ghaib penunggu tempat-tempat keramat yang ditinggalinya.

Perkutut Cemani Kol Buntet yang berasal dari alam juga termasuk sangat pemilih, tidak bisa dipelihara oleh sembarang orang, dan kalaupun mau dipelihara biasanya akan meminta syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh orang yang akan memeliharanya.


2. Perkutut Katuranggan Rajek Wesi

gambar perkutut katuranggan rajek wesi
Perkutut Rajek Wesi

Perkutut katuranggan Rajek Wesi memiliki ciri-ciri pada sisik kakinya yang terbelah atau menyilang tapi tidak seluruhnya. Selain itu kakinya juga berwarna hitam mengkilap seperti besi.

Rajek Wesi bisa di artikan pagar besi, dari kata "Rajek" yang artinya pagar dan "Wesi" yang artinya besi.

Dari namanya, tentu  sudah dapat disimpulkan bahwa tuah Perkutut katuranggan Rajek Wesi adalah untuk sarana pagaran diri atau perlindungan, karena biasanya, nama katuranggan Perkutut merupakan gambaran dari tuah atau manfaatnya.

Rajek Wesi juga memiliki makna tersirat sebagai pitutur atau wejangan agar pemilik Perkutut ini memiliki iman dan keyakinan kuat yang tertancap didalam hati sehingga tidak mudah goyah yang disimbolkan dengan rajek wesi. Dengan iman dan keyakinan yang kuat, maka TUHAN akan senantiasa melindungi setiap langkahnya.


3. Perkutut Katuranggan Jogoboyo

gambar perkutut katuranggan jogoboyo
Perkutut Jogoboyo

Perkutut katuranggan Jogoboyo (Jagabaya) adalah burung Perkutut yang memiliki kebiasaan tidur didasar sangkar. Biasanya tidurnya juga selalu didepan pintu kandang dan tidak pernah berpindah-pindah tempat meskipun sudah ganti kandang atau ganti tangkringan.

Tapi tidak semua burung Perkutut yang tidurnya dibawah termasuk katuranggan Jogoboyo, karena seringkali burung Perkutut yang tidurnya didasar kandang disebabkan karena merasa tidak nyaman dengan tangkringan atau tenggerannya.

Bisa karena tangkringannya terlalu kecil atau terlalu besar. Bisa juga karena tangkringannya terlalu licin sehingga burung Perkutut tersebut merasa tidak nyaman untuk tidur di tangkringan dan lebih memilih untuk tidur dibawah.

Untuk mengetahui apakah Perkutut yang tidur didasar kandang tersebut benar-benar berkaturanggan Jogoboyo atau bukan, caranya dengan mengganti tangkringannya beberapa kali dengan ukuran yang berbeda.

Jika ternyata Perkutut tersebut masih tetap tidur didasar kandang tepat dibawah pintu kandang, berarti Perkutut tersebut memang berkaturanggan Jogoboyo.

Tapi jika Perkutut tersebut tidur di atas tangkringan, berarti Perkutut tersebut bukan katuranggan Jogoboyo, tapi hanya Perkutut biasa yang merasa tidak nyaman dengan tangkringannya sehingga lebih memilih untuk tidur didasar kandang.

Perkutut katuranggan Jogoboyo dipercaya memiliki tuah atau angsar untuk menjaga dan melindungi pemiliknya serta keluarganya dari marabahaya, terutama yang sifatnya ghaib.

"Jogoboyo" berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu "Jogo" yang berarti "menjaga" dan "Boyo" yang artinya "bahaya". Jadi, Jogoboyo bisa di artikan menjaga atau melindungi dari marabahaya.

Kebiasan Perkutut katuranggan Jogoboyo yang selalu tidur dibawah pintu kandang merupakan perlambang bahwa Perkutut tersebut akan selalu siap siaga menjaga pintu rumah pemiliknya, dan siap menjadi palang pintu jika ada marabahaya yang datang menyerang pemilik rumah.

Perkutut katuranggan Jogoboyo merupakan pitutur dari para leluhur untuk mengingatkan pemiliknya agar selalu waspada karena kita tidak pernah tau niat jahat orang lain.

Dan salah satu cara yang di ajarkan oleh para leluhur Jawa agar terhindar dari serangan ilmu hitam seperti santet, guna-guna, teluh dan sejenisnya adalah dengan tidur dibawah atau dilantai tanpa menggunakan ranjang.


4. Perkutut Katuranggan Puser Bumi

gambar perkutut katuranggan puser bumi
Perkutut Puser Bumi

Perkutut katuranggan Puser Bumi memiliki ciri-ciri terdapat cekungan pada bagian temboloknya seperti pusar.

Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan atau Pagar Ghaib. Energinya yang besar mampu menyerap dan menetralkan energi-energi negatif yang ada disekitarnya, termasuk serangan ilmu hitam seperti santet, teluh dan guna-guna tidak akan bisa tembus jika targetnya memiliki Perkutut Puser Bumi.

Energi ghaib Perkutut katuranggan Puser Bumi bersifat dingin dan netral sehingga bisa meredam atau menetralkan energi-energi negatif dari serangan ilmu hitam.

Karena memiliki energi yang besar dan bersifat dingin, Perkutut Puser Bumi juga bisa dijadikan sebagai Perkutut tindih untuk meredam energi negatif dari Perkutut-Perkutut lain disekitarnya dan juga benda-benda pusaka yang ada didalam rumah, terutama yang energinya panas.

Perkutut Puser Bumi juga bisa dijadikan sebagai Perkutut pikat yang ampuh karena energinya mampu menarik keberadaan Perkutut-Perkutut lain untuk datang mendekat.

Oleh sebab itulah, Perkutut Puser Bumi sering dipelihara para tukang pikat Perkutut jaman dulu sebagai burung pikat andalannya, karena energinya mampu menarik burung Perkutut yang tidak biasa seperti Perkutut Punden atau Perkutut-Perkutut beryoni lainnya.


5. Perkutut Katuranggan Singkir Sengkolo

gambar perkutut katuranggan singkir sengkolo
Perkutut Singkir Sengkolo

Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo (Singkir Sengkala) memiliki ciri-ciri pada bagian sayapnya yang terangkat ke atas. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk perlindungan dan tolak bala.

“Singkir” artinya menyingkirkan dan “Sengkolo” artinya “musibah atau malapetaka”. Jadi, Singkir Sengkolo bisa di artikan “Menyingkirkan musibah/malapetaka”.

Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala. Konon, orang yang memelihara Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo akan dijauhkan dari segala bentuk musibah dan malapetaka, termasuk wabah penyakit, bencana alam serta kecelakaan.

Orang yang memelihara Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo juga akan dijauhkan dari segala macam kesialan, sehingga semua yang dikerjakannya, baik dalam bisnis maupun karier akan berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Sayap Perkutut katuranggan Singkir Sengkolo yang selalu terangkat ke atas merupakan simbol menangkis atau menangkal segala bentuk musibah dan malapetaka yang datang kepada pemilikinya.


Demikian sedikit informasi tentang 5 katuranggan Perkutut untuk tolak bala yang dapat kami sampaikan pada artikel kali. Untuk informasi lain seputara Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

7 Katuranggan Perkutut Penolak Bala - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "5 Katuranggan Perkutut Penolak Bala"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: