Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perbedaan Perkutut Rajek Wesi dan Perkutut Rojo Wono

gambar perkutut rajek wesi dan rojowono
Burung Perkutut Lokal
Hartalangit.com - Ada banyak sekali jenis katuranggan burung Perkutut lokal yang masing-masing memiliki makna filosofi dan tuah yang berbeda-beda. Ada yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan ada juga yang dipercaya dapat membawa kesialan atau nasib buruk.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang katuranggan Perkutut yang memiliki angsar baik, yaitu katuranggan Rajek Wesi dan katuranggan Rojo Wono (Raja Wana).

Bagi para penggemar Perkutut lokal, terutama yang percaya pada katuranggan/ciri mathi pasti sudah tidak asing lagi dengan katuranggan Rajek Wesi dan Rojowono karena kedua katuranggan tersebut termasuk jenis katuranggan yang cukup populer dan banyak dijumpai.

Perkutut katuranggan Rajek Wesi dan Rojowono memiliki ciri-ciri yang hampir sama pada bentuk sisik kakinya, sehingga terkadang cukup membingungkan untuk menentukan apakah termasuk katuranggan Rajek Wesi atau Rojowono.

Tapi jika di amati dengan lebih seksama, sebetulnya ada perbedaan yang cukup jelas antara Perkutut katuranggan Rajek Wesi dan Rojowono, baik dari bentuk dan susunan sisik kakinya, maupun dari warna kakinya.


Berikut ini ciri-ciri perbedaan antara Perkutut katuranggan Rajek Wesi dan Rojo Wono:

Ciri-ciri Perkutut katuranggan Rajek Wesi:
gambar sisik kaki perkutut rajek wesi
Bentuk Sisik Kaki Perkutut Rajek Wesi
Perkutut katuranggan Rajek Wesi memiliki ciri khusus pada sisik dikedua kakinya yang terbelah atau menyilang tapi tidak seluruhnya. Selain itu, kakinya juga berwarna hitam mengkilap seperti besi.

Ciri-ciri Perkutut katuranggan Rojo Wono:
gambar sisik kaki perkutut rojowono
Bentuk Sisik Kaki Perkutut Rojowono
Perkutut katuranggan Rojowono memiliki ciri khusus pada sisik di kedua kakinya yang terbelah penuh dari bawah sampai atas tidak terputus, dan susunan sisiknya lebih rapi dibanding sisik kaki Perkutut Rajek Wesi.

Sekilas ciri-ciri keduanya memang hampir sama, tapi jika diperhatikan dengan lebih teliti sebetulnya terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya, baik dari susunan sisik kakinya maupun dari warna kakinya.

Tapi perlu diketahui, tidak semua burung Perkutut yang sisik kakinya terbelah sebagian adalah katuranggan Rajek Wesi, karena yang termasuk kriteria Rajek Wesi adalah yang belahan sisik dikedua kakinya sama dan warna kakinya hitam mengkilap seperti besi.

Sedangkan yang termasuk Perkutut katuranggan Rojo Wono, belahan sisik pada kedua kakinya harus penuh dan rapi tidak terputus dari bawah sampai atas.

Selain bentuk susunan sisik kakinya yang berbeda, kedua katuranggan tersebut juga memiliki makna dan tuah yang berbeda.


Tuah Perkutut Katuranggan Rajek Wesi:

"Rajek" artinya pagar dan "Wesi" artinya besi. Jadi, Rajek Wesi artinya pagar besi. Dari namanya tentu dapat disimpulkan bahwa tuah Perkutut katuranggan Rajek Wesi adalah untuk sarana pagaran/penjagaan/tolak bala/perlindungan, karena biasanya nama katuranggan Perkutut merupakan gambaran dari tuah atau manfaatnya.

Rajek Wesi juga memiliki makna agar pemilik Perkutut ini memiliki iman dan keyakinan kuat yang tertancap didalam hati. Dengan iman dan keyakinan yang kaut, maka TUHAN akan senantiasa melindungi setiap langkahnya.

Tuah Perkutut Katuranggan Rojo Wono:

"Rojo" artinya Raja/Penguasa, "Wono" artinya hutan. Jadi, Rojo Wono artinya adalah Raja/penguasa hutan.

Dari namanya tentu dapat disimpulkan bahwa tuah Perkutut katuranggan Rojowono adalah untuk kewibawaan dan kepemimpinan yang akan membuat pemiliknya disegani dan dihormati oleh banyak orang.

Rojo Wono juga memiliki makna yang merupakan pitutur atau wejangan tersirat bagi para pemimpin agar dapat bersikap adil, selalu mengayomi dan mensejahterakan orang-orang yang dipimpinnya, bukan malah menindas dan memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

Hal itu disimbolkan dengan bentuk sisik dikedua kakinya yang terbelah seimbang yang menggambarkan keseimbangan dan keadilan.

Seorang pemimpin akan memiliki wibawa dan kharisma yang besar serta akan dihormati dan dicintai oleh rakyatnya jika dapat bersikap jujur, adil, mengayomi dan mensejahterakan rakyatnya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan Perkutut Rajek Wesi dan Perkutut Rojo Wono serta tuahnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan Perkutut Rajek Wesi dan Perkutut Rojo Wono"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: