Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Mitos Perkutut Tunjung Biru

gambar perkutut tunjung biru
Perkutut Tunjung Biru
Hartalangit.com – Ada beberapa jenis Perkutut katuranggan yang memiliki ciri-ciri dibagian mata, di antaranya adalah Perkutut Wisnu Murti, Perkutut Mercu Jiwo, Perkutut Purnomo Sidi, Perkutut Mercuci, Perkutut Rondo Semoyo dan Perkutut Tunjung Biru. Tapi khusus untuk Perkutut Tunjung Biru sebetulnya tidak ada didalam pakem.


Perkutut katuranggan Tunjung Biru memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna biru. Meskipun tidak tercantum didalam pakem tapi Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, ketentraman dan dapat memudahkan tercapainya cita-cita.

Mitos tentang tuah ghaib Perkutut Tunjung Biru itulah yang membuat banyak orang ingin memelihara Perkutut ini untuk mendapatkan tuahnya.

Tapi sebetulnya ada makna tersirat dari katuranggan Tunjung Biru yang berkaitan dengan mitosnya, karena sebetulnya yang di maksud dengan tuah adalah petuah bijak dari para leluhur terdahulu yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Jadi jika ingin merasakan tuah Perkutut katuranggan maka pahamilah makna dan maksudnya kemudian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
gambar perkutut mata biru
Perkutut Mata Biru
Tunjung Biru adalah bunga teratai biru yang melambangkan kebijaksanaan, kemuliaan, keindahan dan semangat untuk meraih tujuan hidup.

Bunga teratai tumbuh dilumpur dan mekar mengambang di atas permukaan air dengan warna yang indah dan aroma yang wangi.


Bunga ini memerlukan lumpur dan air untuk tumbuh, tapi dalam keadaan apapun teratai tidak pernah tenggelam didalam lumpur dan tetap terlihat indah meskipun hidup di lingkungan yang kotor. Bahkan bunga ini bisa menjadi penghias bagi lingkungan tempatnya berada.

Manusia juga diharapkan bisa seperti bunga teratai yang hidup dengan kesempurnaan dan keindahan sekaligus keinginan untuk berkembang, karena keinginan atau hasrat itulah yang akan mendorong Manusia untuk mencapai tujuan hidupnya.

Tapi bukan berarti Manusia harus tenggelam dalam hasratnya karena tujuan hidup Manusia didunia ini adalah untuk membawa manfaat bagi sesama dan lingkungannya.

Teratai biru atau Tunjung Biru mewakili pengetahuan dan semangat untuk meraih tujuan hidup. Teratai yang berwarna biru tidak mekar secara penuh, artinya Manusia tidak boleh berhenti belajar untuk mencapai kebijaksanaan.

Dalam berbagai kebudayaan, bunga teratai di anggap sebagai bunga dengan derajat tertinggi karena tidak pernah tersentuh kotoran meskipun tumbuh dan hidup didalam kubangan.

Artinya, meskipun kita hidup dilingkungan yang kurang baik tapi jangan sampai terpengaruh dengan hal-hal negatif yang ada sekitar kita, tapi justru sebaliknya, kita harus bisa menyebarkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi sesama.

Bunga teratai di anggap mewakili kebijaksanaan, spiritual dan keindahan sehingga bunga ini menjadi ilham untuk mencapai kesempurnaan.

Perkutut katuranggan Tunjung Biru memiliki filosofi yang sama dengan bunga Tunjung Biru, yaitu untuk mengingatkan Manusia akan tujuan hidupnya yang sejati, karena sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Tunjung Biru yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Mitos Perkutut Tunjung Biru"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: