Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Misteri dan Mitos Gunung Lawu

foto pemandangan alam gunung lawu
Gunung Lawu

Hartalangit.com – Gunung Lawu terkenal sebagai salah satu Gunung paling wingit yang ada di Pulau Jawa karena menyimpan beragam misteri dan konon dihuni oleh berbagai jenis mahluk ghaib.

Gunung yang berada diperbatasan Kabupaten Karanganyar - Jawa Tengah dan Magetan - Jawa Timur ini sering didatangi oleh para peziarah dari berbagai daerah di Indonesia untuk ngalap berkah.

Banyak yang percaya jika melakukan ritual pesugihan di Gunung Lawu maka apa yang di cita-citakan dapat tercapai dengan mudah, terutama untuk urusan duniawi seperti kekayaan, pangkat dan jabatan.

Biasanya para peziarah akan membawa berbagai macam sesaji seperti dupa, kembang dan ubo rampe lainnya sebagai pelengkap ritual.

Ada beberapa lokasi di Gunung Lawu yang di anggap keramat dan sering digunakan untuk melakukan ritual.


Berikut ini 7 tempat keramat di Gunung Lawu yang sering digunakan untuk ritual:

1. Pasar Dieng / Pasar Setan

foto pasar dieng / pasar setan gunung lawu
Pasar Dieng / Pasar Setan

Pasar Dieng atau Pasar Setan adalah salah satu tempat wingit di Gunung Lawu. Aura mistis di Pasar Dieng terasa sangat kental meskipun jika dilihat dengan mata telanjang tempat ini hanya berupa tumpukan batu dan terdapat padang ilalang disekitarnya.

Tapi menurut pengalaman para pendaki yang pernah ke Gunung Lawu dan melintasi Pasar Dieng / Pasar Setan, banyak dari mereka yang mendengar suara gaduh seperti suasana pasar didunia nyata dimana orang-orang melakukan kegiatan jual beli dan tawar menawar barang tapi tidak terlihat adanya pasar atau kerumunan orang disekitar lokasi tersebut.

Menurut cerita dari para pendaki, keberadaaan pasar ghaib tersebut terkadang bisa terlihat oleh penglihatan pendaki yang kelelahan atau yang tersesat di malam hari. Konon orang yang sudah masuk ke Pasar Setan sangat sulit untuk kembali ke alam Manusia.

Tapi ada sebuah kepercayaan jika orang yang tersesat di Pasar Setan melakukan transaksi dengan melemparkan uang koin atau barang apapun kemudian mengambil batu dari tempat tersebut sebagai tanda barter maka dia akan dapat keluar dari tempat tersebut.


2. Hargo Dalem

foto hargo dalem gunung lawu
Hargo Dalem

Hargo Dalem adalah salah satu tempat paling sakral di Gunung Lawu karena dipercaya sebagai tempat bertapa Prabu Brawijaya V sebelum moksa yang ditandai dengan sebuah tugu dari batu.

Konon sebelum moksa, Prabu Brawijaya V pernah berpesan kepada para abdinya jika ada yang mencarinya tempatnya di Hargo Dalem.

Karena kepercayaan itulah sehingga banyak peziarah dari berbagai daerah yang mendatangi tempat ini untuk melakukan ritual atau meditasi dengan tujuan untuk ngalap berkah.

3. Hargo Dumilah

foto hargo dumilah puncak gunung lawu
Hargo Dumilah

Hargo Dumilah adalah puncak Gunung Lawu yang ditandai dengan sebuah tugu dan lokasinya di atas Hargo Dalem. Tugu tersebut sebagai penanda puncak tertinggi Gunung Lawu sekaligus sebagai tanda batas wilayah antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Tempat ini juga sering digunakan untuk melakukan ritual dengan tujuan-tujuan tertentu.


4. Hargo Puruso

foto hargo puruso gunung lawu
Hargo Puruso

Hargo Puruso dan Hargo Tiling (Hargo Dumiling) merupakan dua puncak Gunung Lawu yang terlupakan karena jarang dijamah oleh para pendaki. Kedua puncak tersebut konon merupakan tempat wingit yang diselimuti misteri dan jarang didatangi orang karena medannya sangat sulit.

5. Sendang Drajat

foto sendang drajat gunung lawu
Sendang Drajat

Sendang Drajat konon dahulu merupakan tempat pemandian Prabu Brawijaya V. Sendang ini merupakan salah satu tempat keramat di Gunung Lawu yang paling banyak didatangi oleh para pejabat untuk melakukan ritual. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan pangkat dan derajatnya.

Ditempat tersebut juga terdapat bangunan berupa bilik-bilik untuk mandi, karena para peziarah disarankan untuk menyiram badannya menggunakan air Sendang Derajat dengan hitungan ganjil. Konon orang yang mandi di Sendang Drajat akan terangkat derajadnya atau status sosialnya.

Air Sendang Drajat juga dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga banyak yang datang ke tempat ini hanya sekedar untuk mengambil airnya untuk diminum atau dibawa pulang.


6. Sendang Celeng

foto sendang celeng gunung lawu
Sendang Celeng

Sendang Celeng merupakan salah satu tempat keramat di Gunung Lawu. Meskipun tidak banyak yang tahu tentang sejarah Sendang Celeng, tapi tempat ini juga banyak didatangi para peziarah untuk melakukan ritual.

7. Sumur Jolotundo

foto sumur jolotundo gunung lawu
Sumur Jolotundo

Sumur Jolotundo merupakan salah satu dari 7 tempat keramat di Gunung Lawu yang sering digunakan untuk melakukan ritual. Lokasi goa ini sangat gelap dan curam dengan kedalaman sekitar 100 meter dan dibagian dasarnya terdapat mata air.

Sumur Jolotundo sering digunakan untuk bertapa oleh orang-orang yang ingin memiliki pangkat / jabatan tinggi atau untuk mendapatkan ilmu tertentu.

Gunung Lawu memang sangat terkenal dengan aura mistisnya sehingga menjadi salah satu tempat yang banyak didatangi oleh orang-orang yang ingin ngalap berkah atau mencari pesugihan.

Tapi perlu di ingat, jika ke Gunung Lawu apapun tujuannya, baik sekedar untuk mendaki atau untuk ngalap berkah sebaiknya selalu menjaga sopan santun dan jangan menyombongkan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.


Demikian sedikit informasi tentang mitos dan misteri pesugihan Gunung Lawu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Misteri dan Mitos Gunung Lawu"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: