Advertisement

Khasiat dan Manfaat Galih Kayu Awar-Awar

gambar pohon awar-awar
Pohon Awar-Awar
Hartalangit.com – Pohon awar-awar  termasuk dalam kategori perdu dan biasanya tumbuh ditempat-tempat basah seperti dipinggir sungai atau ditempat-tempat yang dekat dengan air. Pohon awar-awar bisa ditemukan hampir disemua daerah di Indonesia.

Rata-rata pohon awar-awar tingginya tidak lebih dari 5 meter dengan tekstur kayu yang rapuh. Tumbuhan ini memiliki daun yang tebal dan lebar berwarna hijau pekat.

Pohon awar-awar dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak khasiat dan manfaat, dari mulai akar, daun, kayu hingga buahnya semuanya memiliki manfaat sehingga bagian-bagian dari tumbuhan ini banyak di manfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Misalnya saja akar pohon awar-awar yang dapat digunakan sebagai penawar racun dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan adas pulowaras kemudian diperas untuk di ambil airnya. Air perasan akar pohon awar-awar dan adas pulowaras ini berkhasiat untuk mengobati keracunan ikan dan keracunan gadung.


Selain memiliki khasiat untuk pengobatan, bagian-bagian dari pohon awar-awar juga dipercaya memiliki khasiat supranatural. Misalnya saja daun awar- awar yang dipercaya memiliki khasiat untuk menangkal gangguan mahluk halus.

Sedangkan kayu awar-awar sering digunakan untuk warangka Keris karena selain memiliki motif poleng yang indah juga dipercaya dapat meredam aura negatif dari Keris pusaka.
gambar warangka keris kayu awar-awar
Warangka Keris Kayu Awar-Awar
Sebetulnya tekstur kayu awar-awar sangat rapuh, tapi jika pohon ini sudah berusia tua maka pada kayunya akan terdapat teras atau galih sehingga motif dan warnanya mirip seperti kayu timoho jika dijadikan warangka Keris. Itulah yang menjadi ciri khas dari kayu awar-awar.


Kayu awar-awar jarang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari karena kebanyakan ukuran batang kayunya kecil dan teksturnya juga rapuh.

Kayu awar-awar lebih banyak digunakan untuk bahan pembuatan aksesoris seperti tasbih, gelang, kalung atau benda-benda lainnya yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.
gambar gelang tasbih kayu awar-awar asli
Gelang Kayu Awar-Awar
Karena memiliki motif yang indah dan di anggap memiliki daya magis, kayu awar-awar juga sering dijadikan warangka Keris pusaka atau landeyan dan sarung Tombak pusaka karena dipercaya dapat meredam energi negatif yang ada pada benda pusaka. Selain itu, kayu awar-awar juga dipercaya dapat menangkal serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus.

Warangka dari galih kayu awar-awar lebih cocok digunakan untuk Keris-Keris yang memiliki energi panas. Berbeda dengan warangka dari kayu galih asem yang lebih cocok digunakan untuk Keris-Keris yang energinya dingin.

Penggunakan jenis kayu untuk warangka Keris sebaiknya memang disesuaikan dengan karakter dari Keris yang akan menempatinya agar tidak terjadi benturan energi. Terutama jika bahan yang digunakan sebagai warangka adalah jenis kayu bertuah yang memiliki energi supranatural.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat, manfaat dan kegunaan kayu galih kayu awar-awar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informai lain seputar kayu bertuah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Galih Kayu Awar-Awar"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: