Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri taring Macan asli dan khasiatnya

gambar harimau / macan
Harimau / Macan
Hartalangit.com - Macan atau Harimau adalah binatang buas yang paling ditakuti. Penampilannya yang gagah dan garang serta ditunjang dengan kekuatan fisik yang besar membuat binatang-binatang lain takut untuk mendekat karena pasti tidak akan mampu melawan serangan si raja hutan ini. Bahkan Manusia juga segan dan takut pada hewan predator ini.

Di alam bebas Macan / Harimau memerlukan wilayah yang luas untuk mencari mangsa. Tapi akibat rusaknya hutan yang merupakan habitat alami Harimau menyebabkan semakin langkanya populasi Harimau karena terbatasnya sumber makanan.

Selain itu, perburuan liar yang dilakukan oleh para pemburu untuk mengambil bagian-bagian tubuh Harimau menjadi penyebab terbesar hancurnya populasi Macan / Harimau di alam bebas.

Bagian-bagian tubuh Harimau sering dijadikan sebagai aksesoris, patung dan jimat. Penjualan bagian-bagian tubuh Macan sangat marak dipasar gelap karena nilainya cukup tinggi.

Hal itu disebabkan karena adanya mitos bahwa bagian-bagian dari tubuh Macan / Harimau memiliki kekuatan supranatural dan bisa dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Bagian-bagian tubuh Macan yang sering dijadikan sebagai jimat adalah: Taring Macan, Kuku Macan, Kulit Macan, Kumis Macan, dan Kantong Macan. Dan yang paling berharga serta paling diburu adalah taring Macan yang merupakan kekuatan utama dari seekor Macan untuk membunuh mangsanya.

Selain berfungsi sebagai jimat, taring Macan juga dapat dijadikan sebagai aksesoris seperti bandul kalung sehingga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana.

Kekuatan ghaib taring Macan/Harimau berasal dari energi alami yang tersimpan dari semasa Macan tersebut hidup sebagai predator yang ganas dan ditakuti.

Senjata andalan Macan inilah yang menjadi pusat energi supranatural yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu. Terutama taring Macan yang mati ngurak atau mati tua.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat taring Macan asli:

1. Untuk Kewibawaan

Taring Macan asli dipercaya memiliki khasiat atau tuah ghaib untuk menambah kharisma dan kewibawaan seperti halnya Macan yang sangat berwibawa dan ditakuti.

Orang yang memiliki taring Macan juga akan memiliki wibawa dan kharisma yang besar sehingga akan disegani dan ditakuti oleh semua orang karena pengaruh pancaran energi supranatural dari taring Macan yang telah merasuk ke dalam tubuhnya.

2. Untuk penundukan

Orang yang memiliki taring Macan juga akan lebih mudah untuk mempengaruhi dan menundukkan orang lain karena kata-katanya mengandung kekuatan bagaikan auman Harimau sehingga tidak ada yang berani membantah ucapannya.

Apalagi jika membentak, maka orang yang dibentak akan langsung ciut nyalinya. Taring Macan sangat cocok dimiliki oleh seorang pemimpin yang memerlukan ketegasan dan kewibawaan.

3. Untuk kekuatan

Orang yang memiliki taring Macan akan memiliki kekuatan supranatural yang luar biasa, terutama pada saat-saat genting / terdesak maka kekuatannya akan muncul secara spontan merasuki tubuhnya, sehingga dia akan berubah menjadi kuat dan garang bagaikan seekor Macan yang sedang mengamuk dan pukulannya bisa mematikan.


4. Untuk sipat kandel / keberanian

Orang yang memiliki taring Macan akan memiliki keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi. Dia tidak akan takut menghadapi apapun atau siapapun yang mengusiknya.

Tapi karena energinya bersifat panas seperti karakter Macan yang galak dan ganas, maka jika tidak mampu mengendalikannya, pemilik jimat taring Macan akan terpengaruh oleh energinya sehingga menjadi mudah marah (brangasan) dan sulit untuk mengontrol emosinya yang meluap-luap.

Tapi perlu diketahui, hanya taring Macan yang mati ngurak (mati secara alami) saja yang memiliki energi supranatural alami. Sedangkan taring Macan yang didapatkan dengan cara sengaja dibunuh tidak memiliki kekuatan ghaib.

Meskipun bisa di asma' atau di isi dengan do'a-do'a atau mantra-mantra tertentu tapi kekuatannya tidak akan sebesar taring Macan yang mati ngurak.

Kekuatan taring Macan asmakan / isian juga tidak bisa bertahan lama dan biasanya memiliki pantangan. Berbeda dengan taring Macan yang mati ngurak, karena energinya bersifat alami maka tidak ada pantangannya.

Kekuatan ghaib taring Macan yang mati ngurak adalah energi alam yang sudah tertanam secara permanen didalam taring tersebut. Artinya Macan tersebut memiliki kemampuan dan kekuatan untuk menjaga dirinya sampai tua dan mati secara alami, sehingga kekuatannya sudah menyatu dengan bagian-bagian tubuhnya.

Sedangkan Macan atau Harimau yang mati karena diburu berarti bernasib na'as, artinya Macan tersebut tidak memiliki kemampuan atau kekuatan untuk menjaga dirinya sendiri.

Populasi Macan / Harimau di alam bebas saat ini sudah sangat langka, di Indonesia yang masih tersisa hanya di hutan-hutan Sumatera, itupun jumlahnya sudah sangat sedikit atau hampir punah.

Itu artinya, taring Macan termasuk barang yang sangat langka, dan karena kelangkaannya itulah yang menjadikan harganya menjadi sangat mahal.

Karena peminatnya banyak dan harganya juga mahal, hal itu kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memalsukannya demi mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, jika ada yang menawarkan taring Macan dengan harga murah sebaiknya perlu dipertanyakan keasliannya karena saat ini rata-rata taring Macan yang beredar dipasaran adalah taring Macan palsu atau replika yang dibuat dari bahan tulang sapi atau fiber.

Biasanya taring Macan replika tersebut dijual dengan harga puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah tergantung penjualnya. Sedangkan taring Macan asli yang baru hampir dipastikan sudah tidak ada.

Kalaupun ada taring Macan asli biasanya merupakan barang lama peninggalan dari jaman dulu yang diwariskan turun-temurun.

Sebetulnya sangat mudah untuk membedakan antara taring Macan asli dan taring Macan palsu / replika karena dari bentuk fisiknya saja sudah kelihatan sangat berbeda.


Berikut ini ciri-ciri taring Macan asli:
gambar taring macan asli mati ngurak
Ilustrasi Taring Macan Asli
1. Bobotnya lebih berat dan bentuknya membulat (tidak gepeng).

2. Terdapat serat-serat atau guratan halus yang alami.

3. Bagian taringnya yang runcing berwarna putih kekuningan, sedangkan bagian tulang gusi biasanya berwarna keruh.

4. Permukaan bagian taringnya yang runcing sangat halus dan mengkilap sedangkan permukaan bagian tulang gusinya agak kasar.

5. Jika dilihat dari dekat pada bagian taringnya yang runcing terdapat serat-serat  alami yang halus dan indah.

6. Batas antara tulang gusi dan teringnya yang runcing tampak sangat jelas, halus dan alami.


Berikut ini ciri-ciri taring Macan palsu:
gambar taring macan / harimau palsu / replika
Ilustrasi Taring Macan Palsu
1. Bobotnya ringan dan bentuknya agak gepeng (tidak bulat sempurna) karena biasanya terbuat dari tulang sapi, jadi tidak setebal taring Macan asli.

2. Seluruh permukaannya halus karena di ampelas dan tidak terdapat guratan-guratan serat alami seperti pada taring yang asli.

3. Serat-serat tulangnya terputus dan jika diperhatikan terdapat lubang-lubang kecil / pori-pori tulang.

4. Warna pada bagian taring yang runcing dengan bagian gusinya sama yaitu putih, tapi ada juga yang bagian tulang gusinya sengaja diwarnai agar menyerupai taring asli.

5. Ciri yang paling jelas adalah pada batas antara tulang gusi dan taringnya tampak tidak alami karena hanya dibuat alur rata melingkar menggunakan kikir / gerinda sehingga tampak kasar.

Itulah beberapa ciri-ciri yang membedakan antara taring Macan asli dan taring Macan palsu / replika yang cukup akurat.

Jadi jika berniat membeli taring Macan sebaiknya ketahui dulu ciri-cirinya dan perhatikan dengan teliti agar tidak tertipu, karena taring Macan termasuk barang langka dan harganya juga cukup mahal.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri taring Macan asli dan palsu beserta khasiatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri taring Macan asli dan khasiatnya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: