Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat Jimat Munta Besi Dari Makassar

gambar munta besi asli makassar - sulawesi selatan
Munta Besi / Munta Bassi
Hartalangit.com - Munta Bassi / Kulau Bassi atau yang lebih populer disebut Munta Besi adalah jimat kekebalan yang berasal dari Makassar - Sulawesi Selatan. Bentuknya seperti kerikil dengan pola tidak beraturan yang terbentuk secara alami oleh proses alam.

Ada beberapa jenis Munta Bassi, yaitu Munta Bassi tanah, Munta Bassi daging dan Bagore yang merupakan fosil buah. Khusus untuk Bagore, selain memiliki khasiat untuk kekebalan juga memiliki khasiat lain untuk pengobatan dan anti pukul.

Munta Besi yang asli memiliki energi alami yang diserap dari alam semesta selama proses pembentukannya dan dipercaya menjadi tempat bersemayamnya khodam.

Pada jaman dulu masyarakat Bugis - Makassar biasa menggunakan jimat Munta Bassi / Munta Besi untuk berperang dengan menjadikannya aksesoris yang menempel pada kulit seperti gelang, kalung atau ikat pinggang, dan bahkan ada yang ditelan atau ditanam dibagian tubuh seperti penggunaan susuk.

Orang Bugis - Makassar terkenal dengan kehebatannya dalam berperang, dan kebanyakan dari mereka kebal besi atau kebal dari senjata tajam dan benda-benda yang mengandung unsur besi (logam).

Selain berfungsi sebagai jimat kekebalan, Munta Besi juga memiliki beberapa khasiat lain sesuai dengan kualitas atau tingkatan energinya. Semakin bagus kualitasnya maka khasiat dan manfaatnya semakin multifungsi.


Berikut ini beberapa khasiat dan kegunaan Munta Besi (Munta Bassi):

1. Munta Besi yang bagus dan aktif memiliki khasiat utama untuk kekebalan (anti cukur) dan dapat meningkatkan kekuatan supranatural.

2. Dapat membuat pemiliknya selalu menang dalam pertarungan atau peperangan.

3. Untuk sarana keselamatan dan proteksi dari serangan fisik maupun non fisik serta perlindungan ketika melakukan perjalanan jauh.

4. Untuk meningkatkan kewibawaan, kharisma dan keberanian.

5. Untuk penundukan, sehingga orang yang memiliki Munta Besi akan ditakuti lawan dan disegani kawan.


Cara menggunakan jimat Munta Besi / Munta Bassi:
gambar kalung, gelang dan sabuk munta besi / munta bassi
Jimat Munta Besi / Munta Bassi
Cara menggunakan Munta Besi cukup dibawa saja dengan memakainya sebagai gelang, kalung atau ikat dipinggang yang bersentuhan langsung dengan kulit.

Munta Besi tidak disarankan untuk ditelan atau ditanam dibagian tubuh karena sulit jika ingin melepaskannya. Selain itu, jika tata cara dalam pemasangan atau penggunaannya salah nantinya dapat menyebabkan efek lain pada kesehatan tubuh.

Agar khasiatnya lebih maksimal, Munta Bassi / Munta Besi harus sepasang, yang satu disimpan dirumah dan yang satunya untuk dibawa kemana-mana. Tujuannya agar jika pemiliknya keluar rumah maka dia akan kembali dengan selamat.

Munta Besi yang asli konon tidak ada pantangannya, tapi jika berpindah tangan kepada pemilik yang baru maka harus dilakukan proses penyelarasan kembali karena sebelumnya energi Munta Besi tersebut sudah menyatu / selaras dengan energi dari pemilik sebelumnya.

Munta Bassi / Munta Besi juga perlu di aktifkan lagi jika dibawa menyeberang lautan atau berpindah tempat ke pulau lain.


Berikut ini salah satu cara untuk mengaktifkan Munta Bassi / Munta Besi yang sering dilakukan oleh orang Bugis:
gambar munta besi direndam air kelapa hijau
Ilustrasi Cara Mengaktifkan Munta Besi
1. Rendam Munta Besi dengan air kelapa hijau selama 3 hari 3 malam. Setelah 3 malam ambil Munta Besi tersebut lalu dikeringkan menggunakan kain lap.

2. Setelah kering kemudian olesi dengan sedikit minyak kelapa (lebih bagus jika menggunakan minyak kelapa nunggal) karena dulu sebelum ada minyak pusaka, orang Bugis mengunakan minyak kelapa untuk merawat Munta Besi.

3. Setelah di olesi minyak kelapa kemudian letakkan Munta Besi di atas meja atau tempat lain yang rata lalu ditutup menggunakan gelas kaca yang bening selama 1 malam.

4. Jika Munta Bassi yang di tutup dengan gelas tersebut letaknya bergeser sedikit saja dari tempatnya semula, berarti Munta Bassi tersebut sudah aktif dan siap di tes.

5. Untuk cara pengetesannya, genggam Munta Besi dengan erat lalu gores tangan dengan senjata tajam atau tusuk tangan dengan jarum. Jika tangan tidak terluka atau tidak tembus jarum berarti Munta Besi tersebut sudah aktif dan siap digunakan.

Cara merawat Munta Bassi / Munta Besi:

Setelah Munta Besi aktif, untuk perawatan selanjutnya cukup di olesi dengan minyak perawatan pusaka setiap malam jumat kliwon atau malam kelahiran pemiliknya untuk menjaga energinya agar tetap aktif.

Dan jika tidak digunakan sebaiknya simpan Munta Besi diwadah yang terbuat dari bambu atau tanah liat dan didalamnya diletakkan beras secukupnya. Hal itu sering dilakukan oleh orang-orang jaman dulu untuk menjaga energi Munta Besi agar tetap aktif dan semakin kuat.
gambar tempat menyimpan munta besi / munta bassi
Ilustrasi

Demikian sedikit informasi tentang khasiat, manfaat dan kegunaan jimat Munta Besi asli dari Makassar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat Jimat Munta Besi Dari Makassar"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: