Advertisement

Keris-Keris dhapur Naga selain Keris Nogososro

keris nogo sosro sepuh
Ilustrasi Keris Nogo Sosro

Hartalangit.com - Selama ini banyak orang yang menganggap jika setiap Keris yang gandhiknya berbentuk kepala Naga merupakan Keris Nogo Sosro, padahal dalam pakem perkerisan banyak terdapat Keris dhapur Naga selain Keris Nogo Sosro.

Keris Nogo Sosro sendiri adalah salah satu dhapur Keris Naga luk 13 dengan gandhik berbentuk kepala Naga memakai mahkota narpati lengkap dengan badan bersisik yang menghiasi sepanjang bilah Keris sampai ke ujungnya. Biasanya Keris Nogo Sosro dihiasi kinatah emas dan pada mulut Naga juga sering disumpal dengan butiran emas atau batu mulia.

Keris Nogososro memang sangat legendaris karena siapapun yang memiliki Keris ini konon derajat kehidupannya akan terangkat. Maka tidak heran jika banyak orang yang memburu Keris legendaris legendaris ini sampai rela mengeluarkan banyak uang sebagai maharnya.

Keris Nogo Sosro merupakan Keris Pusaka Kerajaan yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Keris Nogososro merupakan perwakilan dari wahyu kekuasaan dan hanya akan dimiliki oleh orang-orang terpilih saja. Jadi intinya, Keris Nogo Sosro yang asli dan bertuah tidak dapat dibeli dengan harga berapapun, karena Keris ini akan memilih sendiri siapa yang pantas menjadi tuannya.

Karena saking mashurnya Keris Nogo Sosro dan banyaknya orang-orang kelas atas yang memburunya, sehingga peluang tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan dengan menjual Keris dhapur Nogo Sosro buatan baru yang dikatakan asli dan sepuh, atau Keris-Keris berdhapur Naga lainnya yang dikatakan sebagai Keris Nogo Sosro.

Baca juga: Filosofi dan tuah ampuh Keris Nogo Sosro

Berikut ini beberapa Keris berdhapur Naga selain Keris Nogo Sosro:

• Keris Nogo Kikik

keris nogo kikik sepuh
Ilustrasi Keris Nogo Kikik

Keris Nogo Kikik memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda disetiap daerah, antara lain: di Jawa Tengah ada yang menamakannya Nogo Sri dan Nogo Primitif, didaerah kulonan seperti Cirebon dinamakan Nogo Runting, sedangkan di Jawa Timur sering disebut Nogo Gresik.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Nogo Kikik

Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerah, tapi Keris ini memiliki bentuk yang rata-rata sama dan mudah dikenali, di antaranya: ukurannya kecil, gandhiknya berbentuk kepala Naga tapi sangat sederhana dan badannya tidak ada (menyatu dengan bilahnya).

• Keris Nogo Rojo

keris nogo rojo sepuh
Ilustrasi Keris Nogo Rojo

Bentuk Keris Nogo Rojo sangat mirip dengan Keris Nogo Sosro, yaitu gandhiknya berbentuk kepala Naga lengkap dengan badan yang menghiasi sepanjang bilah Keris sampai ke ujungnya. Yang membedakannya hanya pada mahkotanya saja. Keris Nogo Rojo memakai mahkota Raja yang bentuknya lebih tinggi, sedangkan Keris Nogo Sosro memakai mahkota narpati yang bentuknya seperti ikat kepala.

Baca juga: Perbedaan bentuk dan tuah Keris Nogo Sosro, Nogo Rojo dan Nogo Siluman

• Keris Nogo Siluman

keris nogo siluman sepuh
Ilustrasi Keris Nogo Siluman

Keris Nogo Siluman merupakan salah satu Keris yang sangat populer dan legendaris karena banyak dipakai oleh para pejuang kemerdekaan seperti Pangeran Diponegoro dan Jenderal Soedirman ketika berperang melawan penjajah. Konon Keris ini memiliki tuah yang ampuh untuk menyamarkan keberadaan pemiliknya dari pandangan musuh.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Nogo Siluman

Seperti Keris dhapur Naga lainnya, bagian gandhik Keris Nogo Siluman juga berbentuk kepala Naga memakai mahkota tapi hanya sebatas leher saja, sedangkan bagian tubuhnya tidak ada atau menyatu dengan dengan bilahnya.

• Keris Nogo Saliro

gambar keris nogo saliro
Ilustrasi Keris Nogo Saliro

Keris Nogo Saliro gandhiknya berbentuk kepala Naga memakai mahkota yang menyambung ke bagian gonjo sebagai badannya. Berbeda dengan Keris dhapur Naga lainnya yang badannya berada ditengah bilah Keris. 

• Keris Nogo Bangkotan

gambar keris nogo bangkotan
Ilustrasi Keris Nogo Bangkotan

Keris Nogo Bangkotan gandhiknya juga berbentuk kepala Naga memakai mahkota, tapi bagian badannya hanya sampai sepertiga bilah Keris saja.

• Keris Nogo Sapto

gambar keris nogo sapto
Ilustrasi Keris Nogo Sapto

Keris ini berluk 7 dengan gandhik berbentuk kepala Naga memakai mahkota dengan tubuh lengkap dan bagian ekornya hampir menyentuh ujung Keris. Ciri khas dari Keris Nogo Sapto, yaitu selain berluk 7, bagian tengah badannya membesar sampai hampir seukuran bilahnya dan dipenuhi ukiran sisik yang diserasah emas.

• Keris Nogo Topo

gambar keris nogo topo
Ilustrasi Keris Nogo Topo

Keris Nogo Topo adalah Keris berdhapur Naga dengan bilah yang lurus, tidak seperti Keris dhapur Naga lainnya yang bilahnya berkelok atau berluk. Gandhiknya juga berbentuk kepala Naga memakai mahkota dengan badan yang lurus menghiasi sepanjang bilah Keris sampai ekornya hampir menyentuh ujung Keris.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Nogo Topo

• Keris Nogo Penganten

gambar keris nogo penganten
Ilustrasi Keris Nogo Penganten

Keris Nogo Penganten memiliki ciri khas pada bagian gandhiknya yang berbentuk dua kepala Naga dibagian depan dan belakang dengan badan yang saling melilit menghiasi sepanjang bilah Keris sampai ke ujungnya, sehingga Keris ini juga sering disebut Keris Nogo Kembar.

• Keris Nogo Pandhito

gambar keris nogo pandhito
Ilustrasi Keris Nogo Pandhito

Keris Nogo Pandhito memiliki ciri khas pada bagian gandhiknya berbentuk kepala Naga memakai mahkota dibagian depan dan dibagian belakang terdapat ukiran berbentuk seorang pertapa.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Singo Barong

Demikian sedikit informasi tentang Keris-Keris dhapur Naga selain Keris Nogososro yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Keris-Keris dhapur Naga selain Keris Nogososro"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: