Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Nogo Kikik


keris nogo kiki sepuh
Ilustrasi Keris Nogo Kikik/Gono Kikik

Hartalangit.com - Konon Keris Nogo Kikik dulu merupakan ageman atau pegangan para Senopati Kerajaan. Keris Nogo Kikik merupakan simbol keberanian, kegagahan, kekuatan, kecerdasan dan kesetiaan. Karena seorang Senopati dituntut harus memiliki keberanian, kegagahan, kekuatan, serta kecerdasan saat berperang di medan laga, dan juga harus memiliki kesetiaan pada Raja dan Kerajaan.

Keris Nogo Kikik sering juga di sebut dengan Singo Kikik atau Gono Kikik. Bentuk gandik dari Keris ini biasanya di ukir dengan bentuk anjing (kikik) yang sedang melolong dengan posisi kaki depan tegak dan kaki belakangnya menekuk. Terdapat juga ricikan lainya seperti tikel alis, sraweyan, greneng dan ri pandan.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Singo Barong

Konon di zaman Kerajaan Mataram pada masa pemerintahan Sultan Agung, para abdi kinasih (abdi yang terpercaya) atau yang biasanya tergabung dalam pasukan Telik Sandi Kerajaan (Intelegen Negara), mereka akan diberikan Keris pusaka berdhapur Singo Barong atau Gono Kikik sebagai simbol bahwa mereka akan setia dan mampu menjaga Negara dan Raja.

Keris Nogo Kikik memiliki gandhik yang ditatah berbentuk atau mensetilasi seekor anjing atau dalam bahasa Jawa sering disebut "kikik", walaupun ada juga yang mengatakan Keris ini bedhapur Singo Barong. Tapi bentuk ukiran pada gandhiknya masih sangat sederhana (primitif).

Filosofi Keris Gono Kikik:

Ukiran anjing (kikik) melambangkan kepekaan, kekuatan dan kesetiaan. Karakter tersebut wajib dimiliki oleh pasukan Telik Sandi Kerajaan yang memiliki tugas penting dalam menjaga keamanan dan kedaulatan Negara.

Seperti halnya Keris-Keris berdhapur Naga atau Singo Barong, biasanya pada moncong Keris Nogo Kikik juga sering disumpal dengan batu mulia atau logam mulia untuk meredam aura panas dari Keris tersebut.

Sebetulnya mulut yang disumpal dengan batu atau logam mulia tersebut adalah simbol agar semua ucapan yang keluar dari mulut pemiliknya adalah sesuatu yang mulia walaupun dirinya memiliki kegagahan, kekuatan dan kekuasaan layaknya Naga dan Singa.

Tuah Keris Gono Kikik:

Jadi, jika ditelisik dari karakter nama dhapurnya, tuah dari Keris Nogo Kikik/Gono Kikik lebih dominan untuk penjagaan dan kepekaan. Untuk tuah atau khasiat lainnya tergantung dari pamor yang ada pada bilahnya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Nogo Kikik yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi dan tuah Keris Nogo Kikik"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: