Advertisement

Pengertian tuah pada Keris

keris sombro
Keris Sombro

Hartalangit.com - Dalam dunia Tosan Aji, tuah dapat di artikan sebagai kesaktian, daya linuwih, kekuatan magis, atau manfaat ghaib yang tersimpan dalam sebilah Keris atau Tosan Aji lainnya.

Kekuatan ghaib yang terpancar, atau energi yang dirasakan itulah yang disebut angsar. Pada dasarnya tuah Keris itu selalu baik dan bermanfaat untuk hal-hal yang positif, tapi tuah Keris belum tentu cocok untuk setiap orang.

Ilmu untuk mengetahui jenis-jenis angsar disebut ilmu tanjeg, sedangkan untuk mengetahui cocok atau tidaknya sebilah Keris untuk seseorang menggunakan ilmu tayuh.

Baca juga: Pengertian tentang Keris tayuhan dan cara menayuh Keris

Bagi sebagian orang, terutama para penggemar Keris pemula, tuah Keris dianggap dapat dibuktikan secara fisik, misalnya:

• Lilin yang menyala dapat padam jika di acungi Keris jenis singkir atau yang biasa disebut Keris Cungpet.

• Keris dhapur tertentu jika dimasukkan kedalam air dibawah sinar Matahari, maka akan tampak seperti ular yang hidup.

• Keris dhapur tertentu dapat membuat orang yang memegangnya tidak tampak oleh pandangan mata (menghilang).

• Ada Keris jenis tertentu yang jika dipegang oleh seseorang maka rambut orang tersebut tidak dapat dipotong dengan benda tajam seperti silet atau gunting (kebal). Dan masih banyak lagi kepercayan pada tuah Keris yang kadang terkesan tidak masuk akal.

Namun sebagian besar pecinta Keris menganggap bahwa tuah Keris sebenarnya tidak bisa dilihat, tapi dapat dirasakan. Misalnya, setelah kita memiliki Keris, rumah tangga yang sebelumnya selalu ribut berubah menjadi tenteram dan harmonis, kariernya meningkat, usahanya lebih maju, dan hal-hal lainnya.

Pada intinya, kepercayaan tentang tuah Keris ini terkadang bersifat subyektif, lain orang lain pula pendapatnya. Semua tergantung pada tradisi lingkungannya dan pengalaman hidup masing-masing.

Baca juga:

Tuah Keris Tilam Upih yang melambangkan ketentraman rumah tangga

Keris sejatinya adalah media do'a dan harapan dari pemiliknya

Demikian sedikit informasi tentang pengertian tuah pada Keris pusaka yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Pengertian tuah pada Keris"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: