Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Khasiat Batu Akik Combong Asli

gambar batu akik combong asli
Batu Akik Combong
Hartalangit.com - Batu akik combong adalah salah satu jenis batu akik yang dipercaya memiliki khasiat supranatural sehingga banyak yang menjadikannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.

Batu ini memiliki struktur fisik yang cukup unik karena terdapat lubang (combong) yang tembus dari sisi bagian atas sampai sisi bagian bawah, berbeda dengan batu akik pada umumnya yang mulus dan tidak berlubang.

Sebetulnya secara fisik batu akik combong termasuk dalam kategori cacat, namun kecacatan tersebut justru menjadi nilai tambah karena di anggap unik dan langka. Bahkan seringkali dibumbui dengan hal-hal yang berbau mistis sehingga banyak orang yang tertarik untuk memiliki batu akik combong.


Lubang pada batu akik combong yang asli terbentuk karena proses alami, yaitu karena adanya udara yang terjebak didalam batu saat terjadinya proses pembentukan dari batuan tersebut.

Biasanya batuan tipe ini terbentuk karena proses vulcanologi. Jadi bisa saja ada benda-benda yang terjebak didalamnya yang membuat struktur batu menjadi tidak sempurna (rapuh) sehingga mudah berlubang ketika benda-benda yang terjebak didalamnya hancur / membusuk.

Batu akik combong umumnya dari jenis batu akik sulaiman dan ada juga dari jenis batu kecubung yang sering disebut batu kecubung combong, tapi jenis ini sangat jarang dijumpai karena termasuk sangat langka.

Ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa semua jenis batu akik combong dipercaya memiliki tuah atau khasiat sebagai sarana pengasihan atau pemikat lawan jenis.

Hal itu mungkin ada benarnya, tapi sebetulnya tidak semua batu akik combong memiliki khasiat ampuh untuk pengasihan, karena untuk mencari batu akik combong yang benar-benar bertuah tidaklah mudah.

Untuk mengetahui keaslian dan tuah batu akik combong tentunya harus di uji melalui serangkaian pengetesan yang bersifat supranatural, baru bisa diketahui apakah batu tersebut asli combong asihan atau hanya batu akik biasa yang berlubang.

Jika hanya sekedar batu akik combong (batu akik yang berlubang) tentunya bisa dengan mudah didapatkan dipasar batu akik, karena lubang atau combong pada batu akik tersebut belum tentu asli karena proses alamiah.

Kebanyakan batu akik combong yang ada dipasaran adalah batu akik combong palsu karena untuk membuat lubang pada batu akik memang cukup mudah.

Biasanya para pengrajin batu akaik menggunakan tatah atau bor untuk melubangi permukaan batu akik dengan tujuan untuk meningkatkan nilai ekonomisnya, karena batu akik combong lebih banyak diminati untuk dijadikan sebagai jimat pengasihan.

Kebanyakan penjual akan mengatakan bahwa batu akik combong yang dijualnya merupakan batu akik combong asli. Tapi tidak ada salahnya untuk menelitinya terlebih dulu sebelum membelinya, karena saat ini kebanyakan batu akik combong yang dijual dipasaran adalah batu akik combong aspal (asli tapi palsu).

Untuk mengetahui keaslian batu akik combong sebetulnya cukup mudah karena ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali dari batu akik combong asli alam dan batu akik combong palsu buatan pengrajin.

Berikut ini beberapa ciri-ciri batu akik combong asli dan yang bertuah:

1. Jika dipegang, batu akik combong yang asli alami terasa agak berat (berbobot) dan memiliki serat / urat batu yang mengikuti bentuk lubangnya.

2. Jika diperhatikan, lubang pada batu akik combong asli terlihat alami, bukan bekas tatahan, dikikir atau dibor.

3. Bagian dalam permukaan lubang pada batu akik combong yang asli terlihat kasar dan biasanya berkapur serta masih ada sisa-sisa batu cadasnya.

Khasiat dan manfaat batu akik combong asli:

Batu akik combong yang asli dipercaya memiliki tuah atau khasiat ampuh untuk pengasihan atau pemikat lawan jenis, karena batu ini dipercaya merupakan tempat bersemayamnya mahluk ghaib (khodam).

Sejarah dan asal-usul batu akik combong:

Menurut cerita, pada jaman dulu batu akik combong awalnya digunakan sebagai pengukur waktu (jam) oleh para Wali untuk menentukan waktu sholat 5 waktu.

Batu akik combong pada masa itu disebut dengan nama Tuloq Ukur (Batu Pengukur) yang dipergunakan sebagai penentu waktu dengan cara melihat sinar matahari yang masuk melalui lubangnya.

Tapi setelah ditemukan cara lain yang lebih simple tentang penentuan waktu, batu combong beralih fungsi menjadi batu kecil lewat asahan tangan para Wali yang menyebutnya dengan nama "Angkik Jowo Sih Pingalem" (Akik Jawa yang disukai).

Mungkin dari asal nama itulah sehingga kemudian batu combong diyakini memiliki tuah atau energi supranatural sesuai dengan namanya. Apalagi yang memberi nama adalah seorang Wali yang memiliki kharomah.

Dari situlah asal mula kepercayaan tentang khasiat batu akik combong sebagai sarana pengasihan atau pemikat. Tapi perlu di ingat bahwa tidak semua batu akik combong memiliki khasiat dan manfaat untuk pengasihan sebab kebanyakan batu akaik combong yang ada dipasaran merupakan batu akaik combong palsu.

Jadi sebaiknya jangan mudah percaya jika ada yang menawarkan batu akik combong yang dikatakan asli dan memiliki khasiat untuk pengasihan, karena batu akik yang hanya sekedar berlubang bisa didapatkan dengan mudah dipasar batu akik dan harganya juga murah.

Para penjual batu akik dipasar biasanya menjual batu akik combong sebagai batu akik biasa dengan harga sesuai pasaran.

Lain halnya jika yang menjual batu akik combong adalah seorang paranormal atau dukun. Meskipun jenis dan kualitas batu akik yang dijualnya sama dengan batu akik yang ada dipasar tapi biasanya harga atau maharnya jauh lebih mahal karena mereka menjualnya sebagai jimat.

Jadi bukan batunya yang dijual melainkan tuahnya, karena meskipun hanya batu akik biasa yang dibeli dipasar tapi bisa juga memiliki khasiat ampuh jika di asma atau di rituali oleh orang yang memiliki kemampuan supranatural.


Demikian sedikit informasi tentang ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan batu akik combong asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima Kasih

Post a Comment for "Ciri dan Khasiat Batu Akik Combong Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: