Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Batu Jasper Asli

gambar batu jasper asli
Batu Jasper
Hartalangit.com – Batu Jasper merupakan salah satu jenis batu akik yang cukup populer dikalangan penggemar dan kolektor batu permata. Batu ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi yaitu sekitar 6 - 7 skala Mohs sehingga tidak mudah pecah.

Batu Jesper bisa ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia, tapi yang paling terkenal sebagai penghasil batu Jesper berkualitas adalah daerah Wojo - Sulawesi Selatan.

Nama lain dari batu Jesper adalah batu Peroso Ogi atau sering disebut juga batu Pirus Bugis karena warna dan teksturnya mirip dengan Batu Pirus.

Batu Jasper termasuk dalam jenis Kalsedon meskipun memiliki komposisi yang sedikit berbeda. Perbedaan antara batu Kalsedon dengan batu Jasper adalah pada kejernihannya. Batu Jasper umumnya tidak tembus cahaya, sedangkan batujenis Kalsedon umumnya tembus cahaya.

Ada beberapa jenis batu Jasper yang memiliki motif dan warna yang berbeda, ada yang berwarna merah kebiruan, merah kehitaman, cokelat dan abu-abu.


Berikut ini beberapa jenis batu Jasper:

1. Batu Jasper Pancawati

Batu Jasper Pancawati memiliki karakteristik yang sangat unik dengan warna dominan hijau atau hijau kebiruan dan ada juga yang memiliki kombinasi dari beberapa warna dalam satu batu.

Sedangkan untuk motifnya, ada yang berlapis-lapis, ada yang bintik-bintik dan ada juga yang merupakan kombinasi dari keduanya.

2. Batu Jasper Pancawarna

Batu Jasper Pancawarna memiliki ciri khas pada warnanya yang bervariasi atau terdiri dari beberapa warna sehingga disebut “ Pancawarna” yang artinya 5 warna karena biasanya batu Jasper jenis ini memiliki sedikitnya 5 warna yang berbeda pada satu batu.

Batu Jasper Pancawarna banyak ditemukan didaerah Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Cianjur dan Banten.

3. Batu Jasper Kulitan / Dawuk

Batu Jasper jenis ini memiliki ciri khas pada warnanya yang cenderung gelap seperti warna cokelat, kehitaman, abu-abu dan kebiruan engan motif masif ataupun berlapis dan tidak tembus cahaya.

4. Batu Jasper Kalsedoni

Batu Jasper Kalsedoni terdiri dari dua warna atau lebih dan dapat membiaskan cahaya sehingga disebut batu Jasper Kalsedoni. Batu Jasper jenis ini banyak ditemukan di Pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan.

Selain memiliki corak dan warna yang indah, batu Jasper juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi orang yang memakainya sehingga banyak yang menggunakan batu ini sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat batu Jasper asli:

1. Meningkatkan semangat dan rasa percaya diri

Energi positif yang dipancarkan batu Jasper dapat memberikan dorongan psikologis yang kuat sehingga akan membuat orang yang memakainya merasa lebih bersemangat, lebih percaya diri dan optimis dalam menjalani hidup.

2. Meningkatkan aura kewibawaan dan kharisma

Batu Jasper dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan aura kewibawaan dan kharisma. Orang yang memakai batu ini akan terlihat lebih berwibawa dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya.

3. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Batu Jasper juga dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Getaran energinya dapat melancarkan peredaran darah sehingga akan membuat kondisi fisik orang yang memakainya selalu sehat dan bugar jauh dari penyakit.

Aura positifnya juga dapat menghilangkan segala sisi negatif dan kecemasan sehingga dapat menghindarkan seseorang dari depresi yang berat.

4. Meningkatkan kualitas spiritual

Batu Jasper juga sering digunakan dalam praktik meditasi dan pemanduan energi karena batu ini dipercaya dapat membantu mengalirkan energi positif ke seluruh tubuh dan meningkatkan koneksi spiritual.

Dalam dunia metafisika, batu ini dikaitkan dengan chakra dasar yang berkaitan dengan stabilitas, keberanian dan rasa aman.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat, manfaat dan kegunaan batu Jasper yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu akik dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Batu Jasper Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: