Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah dan Keistimewaan Keris Yudho Gati

gambar keris yudho gati madura sepuh
Ilustrasi Keris Yudho Gati
Hartalangit.com – Keris Yudho Gati (Jhuda Gate) adalah salah satu dhapur Keris lurus yang berasal dari Sumenep (Madura). Konon Keris ini diciptakan oleh seorang Empu sekaligus seorang Pangeran bernama Empu Citranala yang terusir dari Kraton Sumenep.

Sekilas bentuk Keris Yudho Gati mirip dengan Keris dhapur Jalak dengan bilah “nggeger sapi” karena memakai odo-odo sampai ujung bilah tanpa gusen dan lis-lisan.

Diluar Madura mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang Keris Yudho Gati karena dhapur Keris ini memang tidak ada didalam pakem, tapi didaerah Madura Keris Yudho Gati sangat terkenal dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat.


Keris Yudho Gati adalah lambang keberanian, kekerasan / kekakuan, keperkasaan dan kewibawaan. Karakter Keris Yudo Gati sangat mewakili karakter orang Madura sehingga Keris ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Madura.

Keris Yudha Gati dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan keberanian dan kewibawaan. Orang yang memiliki Keris ini akan terlihat sangat berwibawa dimata orang lain sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya, baik kawan maupun lawan serta tidak akan takut menghadapi apapun dan siapapun.

Biasanya Keris Yudho Gati selalu berpasangan dengan Keris Tresno Gati (Tresna Gate) yang di umpamakan sebagai pasangannya (wanita) yang penuh cinta dan kasih sayang sebagai pendamping untuk meredam sifat keras / galak dari Keris Yudho Gati. Filosofinya bahwa kekerasan hanya bisa ditaklukkan atau diredam dengan cinta dan kasih sayang.


Keris Yudho Gati bukanlah dhapur Keris baru karena memang sudah ada sejak jaman dulu dan hampir semua orang Madura pasti mengenal Keris ini. Yudho Gati (Jhuda Gate) juga merupakan nama Tombak yang berpasangan dengan Tombak Tresno Gati (Tresna Gate).

Bagi para pecinta dan kolektor Tosan Aji, Keris Yudho Gati di anggap istimewa dan menjadi kebanggaan tersendiri jika dapat memilikinya, sebab Keris ini termasuk dhapur Keris yang langka karena tidak dibuat didaerah lain diluar Madura.

Secara visual, Keris Yudho Gati memiliki kemiripan dengan Keris-Keris Madura lainnya dengan bentuk bilah gagah birowo dan material besinya padat berwarna hitam kebiruan. Pamornya rata-rata putih memplak, tebal dan cenderung menonjol.

Sejak zaman dulu Madura memang dikenal sebagai daerah penghasil Keris terbesar di Nusantara, bahkan hingga saat ini. Maka tidak heran jika Keris-Keris Madura sepuh sejak jaman dulu memiliki pengaruh cukup besar terhadap gaya dan bentuk Keris-Keris di Nusantara.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Yudho Gati yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah dan Keistimewaan Keris Yudho Gati"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: