Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Khasiat Mistis Kayu Cendana

gambar pohon cendana
Pohon Cendana
Hartalangit.com – Pohon Cendana merupakan komoditi yang cukup potensial bagi perekonomian masyarakat, karena selain dapat dimanfaatkan kayunya, pohon Cendana juga dapat menghasilkan minyak Cendana yang nilai jualnya cukup tinggi.

Kayu Cendana memiliki aroma yang harum karena terdapat kandungan senyawa santalol pada batang dan akarnya. Senyawa ini banyak digunakan untuk bahan baku dalam industri farmasi dan kosmetik.

Ada dua jenis kayu Cendana, yaitu Cendana putih dan Cendana merah. Perbedaan dari kedua jenis kayu Cendana tersebut yaitu pada aroma wanginya. Aroma kayu Cendana merah lebih wangi dari kayu Cendana yang berwarna putih.

Kayu Cendana putih banyak ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia, terutama di Nusa Tenggara Timur. Sedangkan kayu Cendana merah umumnya tumbuh di daerah Funan dan India.


Sejak jaman dulu pohon Cendana sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis. Baik minyak Cendana maupun kayu Cendana sering digunakan dalam ritual-ritual adat dan upacara-upacara keagamaan karena aroma wanginya konon dapat memanggil kehadiran para Dewa.

Pohon Cendana erat kaitannya dengan umat Hindu dan tradisi Nusantara. Selain digunakan sebagai sarana ritual, kayu Cendana juga sering digunakan dalam bangunan-bangunan suci yang memiliki fungsi sakral.

Dalam buku Mitos-mitos Tanaman Upakara yang ditulis I Nyoman Miarta Putra, secara teologis disebutkan bahwa pohon Cendana merupakan simbol Paramasiwa.

Konon aromanya yang harum dapat mengundang para Dewata dan Widyadara-Widyadari untuk turun dari kahyangan guna menyaksikan upacara yadnya yang digelar.


Kayu Cendana merupakan salah satu jenis kayu bertuah yang dipercaya memiliki khasiat supranatural sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.
gambar tasbih kayu cendana asli
Tasbih Kayu Cendana
Kayu ini sering dijadikan aksesoris seperti gelang, kalung, tasbih atau benda-benda lainnya karena selain memiliki aroma yang harum, benda-benda yang terbuat dari kayu Cendana juga dipercaya memiliki khasiat dan manfaat tertentu, terutama yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.

Setiap potongan kayu Cendana memiliki energi alami yang cukup kuat, terutama kayu Cendana yang sudah berusia tua. Tapi biasanya sebelum dijadikan jimat, benda-benda yang terbuat dari kayu Cendana akan dirituali dan dibacakan doa-doa / mantra-mantra tertentu terlebih dulu untuk mengaktifkan dan menyelaraskan energinya.

Kayu Cendana dipercaya memiliki khasiat untuk ketenangan batin, untuk sarana tolak bala, untuk keselamatan, untuk kewibawaan, untuk pengasihan, untuk buka aura, untuk keberuntungan dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Kayu Cendana juga sering dibuat menjadi deder dan warangka Keris pusaka, karena selain memiliki serat dan warna yang indah, aroma dari warangka kayu Cendaka juga akan membuat bilah Keris selalu wangi dan awet meskipun tidak diberi minyak. Selain itu, konon tuah Keris yang menggunakan deder dan warangka kayu Cendana juga akan menjadi lebih ampuh.

Tapi jangan membawa Keris yang menggunakan warangka dari kayu Cendana ketika menjenguk orang sakit karena konon akan mempercepat ajalnya.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan kayu Cendana dalam dunia supranatural yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Mistis Kayu Cendana"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: