Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Kayu Hitam

gambar tasbih kayu hitam / ebony
Tasbih Kayu Hitam
Hartalangit.com – Kayu hitam atau kayu ebony adalah salah satu jenis kayu langka yang dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat. Selain memiliki warna yang unik, kayu hitam yang asli juga akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

Di Sulawesi, kayu ini dikenal oleh masyarakat lokal dengan nama kayu arang karena warnanya yang hitam legam seperti arang.

Kayu ebony memiliki kerapatan yang tinggi sehingga tekstur kayunya sangat keras, halus dan licin. Karena kualitasnya yang sangat bagus itulah sehingga kayu ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat bangunan, furniture dan berbagai macam aksesoris yang bernilai tinggi.

Selain memiliki kualitas yang bagus, kayu hitam juga dipercaya memiliki khasiat ghaib sebagai sarana perlindungan, tolak bala, kesaktian, pengobatan, keberuntungan dan masih banyak lagi khasiat lainnya.


Sebagian masyarakat pedalaman Sulawesi menganggap kayu hitam sebagai simbol perlindungan karena ada banyak mitos dan kepercayaan kuno tentang kayu hitam yang telah menjadi cerita turun-temurun.

Kayu ebony juga tercatat sebagai kayu fenomenal dalam sejarah dunia. Contohnya peradaban kuno di Mesir (Egypt) juga banyak menggunakan kayu ebony sebagai bahan pembuat patung Dewa-Dewa.

Raja-Raja India secara turun-temurun konon juga menggunakan gelas yang terbuat dari kayu ebony sebagai penetralisir racun.

Di Jepang kayu ebony telah digunakan sejak lama sebagai gagang Pedang Samurai. Sedangkan di Indonesia sendiri kayu hitam banyak dibuat menjadi berbagai macam aksesoris seperti gelang, kalung, tasbih, tongkat dan benda-benda lainnya.

Benda-benda yang terbuat dari kayu hitam cukup diminati karena memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, benda-benda yang terbuat dari kayu hitam juga dipercaya memiliki khasiat supranatural sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.


Kayu hitam memiliki karakter yang sama dengan jenis kayu bertuah lainnya, seperti kayu dewandaru, kayu stigi, galih asem dan kayu bertuah lainnya yang bisa tenggelam didalam air.

Seperti halnya jenis kayu bertuah lainnya, kayu hitam juga dapat menyerap dan menyimpan energi supranatural dengan sangat baik sehingga banyak yang menggunakannya sebagai media untuk di isi kekuatan supranatural.

Selain memiliki khasiat supranatural, kayu hitam juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit lainnya.

Berdasarkan penelitian, daun pohon ebony memiliki kandungan senyawa flavonoid dan tripenoid pentacylic yang bersifat antimikroba. Bagian kulit kayunya memiliki sifat antihyperglycemic yang diyakini dapat mengurangi kadar gula darah didalam tubuh.

Sedangkan ekstrak kayu hitam memiliki kandungan zat anti kanker dan zat anti karsinogen. Selain itu terdapat pula kandungan antioksidan yang diyakini mampu meningkatkan fungsi otak dan menstabilkan tekanan darah tinggi.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan kayu hitam (ebony) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Kayu Hitam"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: