Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Kayu Secang

gambar pohon secang
Pohon Secang
Hartalangit.com – Secang lebih dikenal sebagai tumbuhan liar dan jarang dimanfaatkan oleh masyarakat, padahal tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat. Seringkali Secang hanya dimanfaatkan sebagai pagar pembatas lahan.

Dibeberapa daerah Secang memiliki nama yang berbeda-beda, misalnya saja di Aceh tanaman ini disebut Seupeueng, di Jawa, Sunda dan Madura disebut Secang, di Munangkabau disebut Lacang, di Manado disebut Sema, di Makasar disebut Sapang, di Bugis disebut Sepang, di Ternate disebut Sungiang dan masih banyak lagi sebutan-sebutan lainnya karena tumbuhan ini bisa dijumpai hampir diseluruh wilayah Indonesia.

Kayu Secang memiliki keunikan tersendiri dibanding kayu lainnya karena jika dicelupkan ke dalam air putih maka air tersebut secara alami akan berubah warna menjadi merah.

Selama ini kayu Secang sering di manfaatkan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan dan minuman karena dapat mengeluarkan warna merah alami.

Selain itu kayu Secang juga dapat digunakan sebagai campuran obat tradisional (jamu) karena dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kayu Secang untuk kesehatan:

1. Dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk meringankan gejala batuk darah.

2. Dapat digunakan untuk mengobati diare dan disentri.

3. Dapat memepercepat penyembuhan luka dalam.

4. Dapat mempercepat masa pemulihan setelah masa persalinan.

5. Dapat digunakan untuk mengobati berak darah, muntah darah dan luka berdarah.

6. Bisa mengatasi pembengkakan akibat tumor.

7. Dapat mengurangi nyeri akibat gangguan sirkulasi darah.

8. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit sifilis, malaria, tetanus serta peradangan selaput mata.

9. Dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan.

10. Dapat digunakan sebagai penawar racun.

11. Kayu Secang memiliki khasiat sebagai antiseptic, antibakteri dan antikoagulan (anti penggumpalan).

12. Dapat meningkatkan imunitas tubuh dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Menurut penelitian, kayu Secang mengandung banyak senyawa kimia seperti asam galat, tanin, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene dan minyak atsiri yang dapat memberikan efek positif pada tubuh.

Selain memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, kayu Secang juga dipercaya memiliki khasiat ghaib sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.


Berikut ini beberapa khasiat supranatural kayu Secang:
gambar tasbih kayu secang asli
Tasbih Kayu Secang
1. Menyembuhkan penyakit non medis

Kayu Secang dipercaya memiliki khasiat ampuh untuk mengobati penyakit-penyakit non medis yang disebabkan oleh serangan ilmu hitam atau gangguan mahluk halus.

2. Untuk sarana tolak bala

Energi alami kayu Secang dipercaya dapat menangkal dan menetralisir energi negatif yang ada disekitarnya, termasuk serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya serta gangguan mahluk halus.

3. Untuk sarana pengasihan dan penglaris

Kayu Secang dapat digunakan sebagai sarana pengasihan / pemikat lawan jenis dan penglaris dagangan karena kayu ini mampu menyerap dan menyimpan energi supranatural dengan cukup baik.

4. Untuk Keberuntungan

Kayu Secang juga sering digunakan sebagai jimat keberuntungan. Konon tuah kayu ini dapat membantu memudahkan pemiliknya untuk mencapai tujuan hidupnya.

Sebelum dijadikan jimat biasanya kayu Secang akan dirituali atau dibacakan doa-doa tertentu terlebih dulu untuk mengaktifkan dan menyelaraskan energinya.

Kayu Secang sering dijadikan aksesoris seperti gelang, kalung, tasbih dan benda-benda lainnya. Tapi kayu ini paling bagus jika dijadikan tasbih karena jika sering digunakan untuk wirid maka khasiatnya akan semakin ampuh.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat, manfaat dan kegunaan kayu Secang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Kayu Secang"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: