Advertisement

Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Sodo Lanang

gambar perkutut sodo lanang lokal alam
Perkutut Sodo Lanang
Hartalangit.com – Nama katuranggan Perkutut banyak yang terinspirasi dari alam, mulai dari tumbuhan-tumbuhan, hewan atau yang lainnya. Salah satunya yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah Perkutut katuranggan Sodo Lanang.

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang terbungkus selaput seperti bulu yang baru tumbuh sehingga terlihat seperti lidi.

Para leluhur terdahulu tentunya tidak asal-asalan dalam menamakan katuranggan Perkutut, karena semua katuranggan dan ciri mathi Perkutut memiliki makna filosofi yang berkaitan dengan kepercayaan akan tuahnya.


Sodo Lanang adalah lidi dari pohon aren yang jatuh hanya satu batang. Lidi tersebut diyakini memiliki kekuatan ghaib yang dapat digunakan untuk mengusir gangguan makluk halus.

Cara menggunakan Sodo Lanang biasanya dengan cara disabetkan pada benda atau seseorang yang dicurigai diganggu makluk halus.

Pada jaman dulu lidi aren lanang (Sodo Lanang) sering diletakkan di atas pintu rumah dan dipojok-pojok rumah sebagai sarana tolak bala.

Ada juga yang menjadikannya sebagai jimat dengan memotongnya menjadi kecil-kecil dan disimpan didalam dompet atau didalam kantong khusus untuk dibawa kemana-mana sebagai sarana untuk keselamatan dan tolak bala.

Perkutut katuranggan Sodo Lanang juga dipercaya memiliki tuah seperti halnya lidi aren lanang (Sodo Lanang), yaitu untuk menangkal gangguan mahluk halus dan serangan ilmu hitam.


Sodo Lanang juga merupakan nama pamor Keris yang cukup terkenal dikalangan penggemar Tosan Aji. Bentuknya berupa garis lurus ditengah-tengah bilah Keris yang membujur dari pangkal sampai ujung bilah Keris.

Pamor Sodo Lanang termasuk salah satu jenis pamor rekan pada Keris atau Tombak yang cukup populer dan cukup langka.

Pamor Sodo Lanang juga sering disebut Sodo Sak Ler yang artinya sebatang lidi sesuai dengan bentuk pamor ini yang hanya berupa garis lurus seperti lidi yang terletak di tengah-tengah bilah Keris tanpa adanya pamor lain.

Garis lurus dari pangkal sampai ujung bilah Keris tersebut melambangkan sebuah harapan agar pemilik Keris berpamor Sodo Lanang dapat meraih derajat yang tinggi dalam kehidupannya yang disimbolkan dengan garis lurus dari bawah sampai ke atas.

Pesan tersirat dari pamor Sodo Lanang yaitu agar dalam kehidupan ini hendaknya kita selalu berusaha untuk menempuh jalan yang lurus dan senantiasa mengingat TUHAN, karena pada akhirnya kita akan kembali kepada yang di atas.

Pamor Sodo Lanang dan Perkutut Katuranggan Sodo Lanang dipercaya memiliki tuah yang sama, yaitu untuk tolak bala, untuk keteguhan hati dan memudahkan pemiliknya dalam meraih cita-cita.


Demikian sedikit informasi tentang ciri, mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Sodo Lanang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Sodo Lanang"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: