Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tata Cara dan Niat Puasa Daud Serta Manfaatnya

gambar nabi daud as
Ilustrasi

Hartalangit.com – Bagi umat muslim tentunya sudah tahu tentang puasa Daud, yaitu puasa sunnah yang di contohkan oleh Nabi Daud AS semasa hidupnya yang dilakukan selang-seling satu hari puasa dan hari berikutnya tidak berpuasa.

Puasa Daud bisa dilakukan kapan saja dan hari apa saja tapi pada waktu-waktu yang diharamkan untuk berpuasa maka tidak boleh melaksanakan puasa Daud, misalnya pada hari raya idul adha dan hari raya idul fitri.

Berdasarkan hukumnya, puasa Daud termasuk dalam kategori ibadah sunnah. Jadi jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa.

Meskipun puasa Daud termasuk ibadah sunnah, tapi bagi umat muslim sangat di anjurkan untuk mengerjakannya karena puasa ini memiliki banyak keutamaan.

Puasa Daut merupakan puasa sunnah yang paling disukai ALLAH SWT seperti yang disebutkan dalam hadist shahih Bukhari:

“Puasa yang paling disukai di sisi ALLAH adalah puasa Daud, dan sholat yang paling disukai ALLAH adalah Sholat Nabi Daud AS. Beliau biasa tidur dipertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur pada seperenam malam terakhir. Sedangkan dia biasa berpuasa sehari dan buka sehari”. (HR.Bukhari)

Puasa Nabi Daud merupakan puasa sunnah yang paling utama dan merupakan puasa sunnah yang paling dicintai oleh ALLAH SWT karena merupakan puasa (amalan sunnah) yang optimal. Yang dimaksud dengan optimal adalah puasa yang tidak berlebihan tetapi merupakan syarat akan tingkat ketaqwaan yang sangat tinggi.


Ada banyak puasa sunnah yang bisa dilakukan selain puasa Daud, seperti puasa senin - kamis, puasa syawal dan puasa-puasa lainnya. Tapi puasa sunnah yang paling disukai oleh ALLAH adalah puasa Daud.

Syekh Abdurrahman Al Juzairi dalam fiqih empat madzhab merekomendasikan puasa Daud sebagai puasa yang paling afdhal.

“Di antara puasa yang di anjurkan adalah puasa Daud. Yaitu satu hari puasa dan satu hari tidak. Didalam hadist Nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah paling afdhal”

Dari keterangan di atas dapat di simpulkan bahwa puasa Daud adalah puasa yang paling afdhal dan sangat di anjurkan untuk di kerjakan oleh umat islam.

Banyak sekali hikmah yang akan didapatkan jika mengerjakan puasa Daud. Bahkan bisa dikatakan bahwa puasa Daud merupakan salah satu bentuk keistiqomahan umat islam dalam beribadah kepada ALLAH SWT.

Jika puasa Daud dikerjakan dengan ikhlas dan istiqomah, maka secara tidak langsung dapat mendekatkan diri kepada ALLAH SWT.

Dalam melakukan puasa Daud hendaknya hanya mengharapkan ridho ALLAH SWT seperti halnya Nabi Daud yang menjalankan puasa ini dengan ikhlas karena ALLAH.

Karena jika ALLAH sudah ridho dengan apa yang kita kerjakan maka DIA akan mempermudah semua urusan kita dan akan mengabulkan apa yang menjadi hajat kita.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan jika mengerjakan puasa Daud dengan istiqomah, baik untuk urusan dunia maupun urusan akhirat.

Ketika kita mengerjakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh ALLAH SWT, maka hal itu tidak akan sia-sia karena didalam setiap perintah-NYA, baik yang wajib maupun yang sunnah pasti tersimpan manfaat didalamnya.


Berikut ini beberapa manfaat dan keutamaan puasa Daud:

1. Menghindarkan dari perbuatan maksiat

Setan dan Iblis tidak suka jika Manusia melakukan kebaikan atau ibadah kepada ALLAH SWT karena memang sudah menjadi tugas mereka untuk menggoda dan menjerumuskan Manusia.

Puasa Daud adalah salah satu ibadah untuk mengendalikan hawa nafsu agar terhindar dari perbuatan-perbuatan maksiat yang dapat mendatangkan murka ALLAH SWT.

Ketika melaksanakan puasa Daud maka seseorang dapat mengontrol hawa nafsunya. Hawa nafsu yang dimaksud tidak hanya nafsu makan dan syahwat saja, tapi juga nafsu amarah sehingga akan membentuk kepribadian seseorang menjadi lebih sabar dan bijaksana.

2. Melatih titik optimal

Titik optimal merupakan titik yang paling baik untuk segala urusan termasuk dalam urusan beribadah. Salah satu manfaat dari puasa Daud adalah melatih diri untuk melakukan segala sesuatu pada titik optimal dan membuka kesadaran spiritual.


3. Menjaga kesehatan tubuh

Puasa Daud yang dikerjakan secara rutin merupakan salah satu cara sehat untuk menurunkan berat badan karena kadar insulin dan asupan kalori dalam tubuh berkurang.

Selain itu, dengan menjalankan puasa Daud secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga resiko terkena serangan jantung akan berkurang.

Menjalankan puasa Daud secara rutin akan menjadikan kondisi tubuh lebih sehat terutama pada saluran pencernaan.

Puasa Daud juga memiliki khasiat untuk detoksifikasi bagi tubuh karena jika dilakukan secara rutin dapat membuang segala jenis racun yang ada didalam tubuh sehingga akan membuat kondisi tubuh lebih sehat dan bugar.

Nabi Daud terkenal memiliki kekuatan fisik yang mengagumkan dengan perawakan tubuh yang tinggi dan kharismatik. Nabi Daud juga terkenal jarang sakit, hal itu dikarenakan beliau rutin menjalankan puasa sunnah sehari puasa sehari tidak yang kemudian dikenal sebagai puasa Nabi Daud.

Berikut ini niat dan tata cara untuk melakukan puasa Daud:

Puasa Daud adalah puasa biasa seperti puasa ramadhan atau puasa-puasa islam lainnya yang dimulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Hanya saja puasa ini dilakukan selang-seling satu hari puasa dan satu hari tidak puasa.

Puasa Daud bisa dilakukan kapan saja dan hari apa saja tapi pada waktu-waktu tertentu yang diharamkan untuk berpuasa maka tidak boleh melakukan puasa Daud, seperti pada hari raya idul adha dan hari raya idul fitri.

Tata cara melakukan puasa Daud sama seperti puasa pada umumnya, yaitu dimulai dengan niat, makan sahur dan berbuka pada saat adzan maghrib.

Niat puasa Daud: “Naiwaitu Shauma Daawuda Sunnatal Lillahi Ta'ala”


Demikian sedikit informasi tentang manfaat, niat dan tata cara puasa Daud yang dapat kami sampaikan pada artikel lai ini. Untuk informasi lain seputar doa dan amalan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tata Cara dan Niat Puasa Daud Serta Manfaatnya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: