Advertisement

Niat puasa senin - kamis dan manfaatnya

manfaat puasa senin - kamis
Ilustrasi

Hartalangit.com - Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat utama, karena dengan berpuasa, baik itu puasa wajib ataupun puasa sunnah, maka seseorang bisa mengendalikan dirinya dari berbagai perilaku negatif dalam kehidupannya sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih taqwa, sabar, hati-hati dan bijaksana.

Selain menunaikan ibadah puasa wajib seperti puasa di bulan romadhon, alangkah baiknya jika kita juga melaksanakan puasa-puasa sunnah seperti puasa senin - kamis karena ibadah sunnah tersebut juga di anjurkan oleh Rosulullah untuk dikerjakan karena banyak sekali manfaatnya.


Puasa senin - kamis merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan hari kamis dan merupakan puasa sunnah yang juga dilakukan oleh Rosulullah.

Dari Abu Hurairah: Rosulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Kecuali amalan puasa, amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Robb-nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi" (HR. Muslim No.1151)

Dalam riwayat lain dikatakan:

قَالَ اللَّهُ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلاَّ الصِّيَامَ ، فَإِنَّهُ لِى

"Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku" (HR. Bukhari No.1904)

Berikut ini beberapa keutamaan berpuasa:

• Pahala yang tak terhingga bagi orang yang berpuasa.

• Amalan berpuasa khusus untuk Allah.

• Sebab pahala berpuasa, seseorang memasuki surga.

• Dua kebahagiaan yang diraih orang yang berpuasa yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Robb-nya.

• Bau mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum daripada bau minyak kasturi.

Dalam melakukan puasa sunnah senin - kamis, yang terpenting adalah memperkuat niat yakni semata-mata karena Allah, dan agar ibadah puasa diterima di sisi Allah, maka harus terpenuhi dua syarat, yaitu:
• Ikhlas karena Allah.
• Mengikuti tuntunan Rosulullah.

Berikut ini niat puasa hari senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu Sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala"

Artinya:

"Saya niat puasa hari senin, sunnah karena Allah ta'ala"

Berikut ini niat puasa hari kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala"

Artinya:

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala"

Ada banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan puasa, diantaranya adalah mendapat ganjaran di sisi Allah SWT, dikabulkan hajatnya dan juga menjaga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat puasa senin - kamis untuk menjaga kesehatan tubuh:

• Menurunkan berat badan

Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan apapun selama lebih dari 12 jam. Tapi fase puasa yang sebenarnya dimulai setelah sistem pencernaan kita selesai mencerna seluruh zat gizi dalam tubuh. Proses tersebut terjadi sekitar 8 jam setelah kita mengkonsumsi makanan yang terakhir.

Tubuh kita akan mulai menggunakan cadangan energi yang terdapat dalam tubuh setelah semua makanan selesai dicerna.

Cadangan glukosa yang disimpan didalam hati dan otot dalam bentuk glikogen merupakan sumber energi utama kita dalam keadaan normal, dan pada saat kita berpuasa, glukosa tersebut akan digunakan sebagai sumber energi utama.

Setelah cadangan glukosa di hati dan otot habis, maka tubuh akan menjadikan lemak sebagai sumber energi berikutnya.

Dengan dibakarnya lemak sebagai sumber energi, maka kadar lemak dalam tubuh dapat berkurang yang mengakibatkan berat badan juga berkurang.

• Gula dara terkontrol

Dengan berpuasa gula darah akan lebih terkontrol, dan tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

• Menjaga kesehatan jantung

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi resiko penyakit jantung adalah mengubah pola makan dan gaya hidup.

Dengan melakukan puasa sunnah senin - kamis secara rutin ternyata berdampak baik untuk kesehatan jantung.

Puasa juga dapat menurunkan resiko penyakit arteri koroner dan resiko diabetes yang merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang doa niat puasa senin - kamis dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Niat puasa senin - kamis dan manfaatnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: