Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Cara mempelajari ilmu Rogosukmo

ilmu rogosukmo
Ilustrasi

Hartalangit.com - Ilmu Rogosukmo adalah salah satu ilmu Kejawen tingkat tinggi untuk melepas sukma keluar dari raga dan melakukan pengembaraan keberbagai tempat yang di inginkan secara ghaib. Ilmu Rogosukmo bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti: tirakat, meditasi/semedi, dzikir dan olah pernafasan.

Untuk menguasai ilmu ini harus dibimbing oleh guru yang telah menguasai ilmu Rogosukmo dengan sempurna, karena jika sampai gagal maka resikonya sangat besar. Salah satu resiko terberatnya, pengamal ilmu ini bisa menjadi gila jika sampai sukmanya terjebak di alam ghaib dan tidak bisa kembali ke dalam raganya.

Ngrogo sukmo bisa dilakukan dengan duduk bersila atau berbaring di lantai tapi tidak boleh sampai tertidur. Karena jika sampai tertidur maka akan membuat orang tersebut tindihan (rep-repen).

Ada beberapa tehnik dan versi untuk melakukan Ngrogosukmo, di antaranya:

1. Rogosukmo tingkat pertama dilakukan dengan cara olah pernafasan. Di awali dengan menarik nafas perlahan-lahan dengan membayangkan cahaya putih masuk melalui ubun-ubun lalu masuk ke dalam tubuh dan berhenti di dada, kemudia cahaya tersebut bergerak turun sampai ke ujung kaki dan kembali lagi ke atas melalui sumsum tulang belakang dan akhirnya keluar lagi melalui ubun-ubun. Tehnik tersebut di ulangi lagi sampai mencapai hitungan tertentu.

Cara ini harus dilakukan secara rutin setiap hari sampai akhirnya sukma bisa keluar dari raga melalui ubun-ubun.

Jika sudah bisa mengeluarkan sukma dari dalam tubuh setidaknya sebanyak 9 kali berturut-turut, maka orang tersebut sudah bisa mengeluarkan sukmanya sewaktu-waktu dengan mudah tanpa perlu bersemedi terlalu lama dan sukmanya juga sudah bisa pergi kemanapun yang dia suka.


2. Rogosukmo tingkat tinggi dilakukan dengan cara semedi atau meditasi. Tujuannya untuk menemui saudara ghaib dalam kepercayaan Kejawen yaitu "sedulur papat kalimo pancer".

Rogosukmo tingkat tinggi juga disebut ilmu slamet atau ilmu sejati. Ilmu ini merupakan pedoman dasar untuk belajar ilmu Kejawen, karena seseorang tidak akan bisa menyerap ilmu Kejawen secara sempurna jika belum menguasai ilmu ini. Pada dasarnya ilmu "sedulur papat kalimo pancer" merupakan wadah untuk bisa menampung ilmu kesaktian lainnya.

Ilmu Rogosukmo tingkat tinggi dilakukan dengan cara duduk bersila dengan menyatukan pikiran dan hati agar benar-benar selaras. Jika pikiran bisa bersatu dengan hati, maka orang tersebut akan bisa melihat wajahnya sendiri atau bisa dikatakan telah mengenal jati dirinya.

Ketika bisa melihat wajahnya sendiri, sebetulnta orang tersebut sudah berhasil melepas sukma dan langsung menembus alam ghaib tingkat tinggi, yaitu alam ruh dan bertemu ruh suci. Disitu akan terjadi pertemuan antara ruh suci dan sukma sejati yang tidak lain adalah ruhnya sendiri.

Di kalangan spiritualis Kejawen, orang yang sudah terbiasa atau sudah berpengalaman dalam melakukan pengembaraan di alam ghaib dikatakan masih belum bisa apa-apa. Tapi jika sudah bisa melihat wajahnya sendiri, barulah bisa dikatakan sudah sedikit mengerti, karena masih ada lagi tingkatan yang lebih tinggi selain hanya melihat wajahnya sendiri.

Jika sudah berhasil mencapai tingkat kesempurnaan yang lebih tinggi, maka barulah seseorang itu dikatakan sudah bisa dan mengerti.

Orang yang telah mencapai tingkat kesempurnaan akan sadar bahwa sebenarnya tidak ada orang sakti di dunia ini, karena semua makhluk yang ada di alam semesta ini berada dibawah kendali Sang Pencipta, dan tidak ada tempat terindah di seluruh jagat raya ini kecuali berada di pangkuan illahi.

Inilah ilmu tertinggi yang sebenarnya dan masyarakat Jawa menyebutnya ilmu slamet, artinya ilmu selamat dunia dan akhirat.

Orang yang telah mencapai tingkat kesempurnaan disebut "pinter tanpo guru, sekti tanpo kadigjayan". Artinya orang yang tidak memiliki guru tetapi bisa mengerti segala hal karena yang menjadi gurunya adalah hati nurani yang sudah jernih, dan tidak memiliki ilmu kesaktian tapi ucapannya bahkan bisa menundukkan halilintar sekalipun.

Hanya orang-orang yang bisa meninggalkan kesenangan duniawi yang bisa menguasai ilmu ini. Salah satu tokoh Jawa yang menguasai ilmu ini adalah Kanjeng Sunan Kalijaga dan murid-muridnya, salah satunya adalah Ki Ageng Selo yang dikisahlan pernah menangkap petir yang mencoba menyambar dirinya di daerah Demak, Jawa Tengah.

Petir tersebut ditangkap dan dipaksa berjanji untuk tidak akan menyambar anak cucu Ki Ageng Selo sampai akhir zaman. Akhirnya hingga saat ini tidak pernah ada orang yang terkena sambaran petir di daerah Demak meskipun petir menyambar-nyambar dengan dahsyatnya saat musim hujan.


3. Ilmu Rogosukmo yang paling sering dipelajari adalah dengan melakukan tirakat (puasa) dan membaca mantra khusus untuk melepas sukma dari raga.

Berikut ini caranya:

• Lakukan puasa mutih (hanya makan nasi putih dan minum air putih) selama 7 hari berturut-turut dan pada hari terakhir tidak boleh tidur selama satu hari satu malam (batasnya sampai subuh).

• Lakukan sholat hajat 2 rokaat di atas jam 12 malam.

• Setelah selesai sholat hajat, kemudian baca:
- ISTIGHFAR 7x (tahan nafas)
- SYAHADAT 7x (tahan nafas)
- SHOLAWAT 7x (tahan nafas)
- HAWQOLAH 7x (tahan nafas)
- BASMALAH 7x (tahan nafas)
- TAKBIR 7x (tahan nafas)

• Setelah selesai kemudian tawasul:

BISMILLAHIRRPHMANIRROHIIM

- ILA HADROTIN NABIYYIL MUSTHOFA SAYYIDINA MUHAMMADIN S.A.W (AL-FATIHAH 1x)

- WA ILA HADROTIN SAYYIDINA ABU BAKAR, UMAR, USMAN, ALI R.A (AL-FATIHAH 1x)

- WA ILA HADROTIN MALAIKAT JIBRIL, MIKAIL, IZROIL, ISROFIL A.S (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA HADROTI SAYYIDINA NABIYULLOH DAWUD A.S (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA HADROTI SAYYIDINA NABIYULLOH SULAIMAN A.S (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA HADROTI MALAIKAT LANAL A.S (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA HADROTI SAYYIDINA NABIYULLOH KHIDIR A.S (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA HADROTI SAYYIDI SYEKH ABDUL QODIR AL JAILANI R.A (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA RUHI ABI WA UMMI WA ILA JAMI'IL MUSLIMINA WAL MUSLIMATI WAL MU'MININA WAL MU'MINATI AL AHYAI MINHUM WAL AMWAT (AL-FATIHAH 1x)

- WA KUSUSON ILA RUHI WAJASADI SHOKHIBUL HAJAT... (Nama anda dan nama ibu kandung) (AL-FATIHAH 1x)

• Kemudian baca mantra ilmu Rogosukmo sebanyak 21x. Mantra tersebut dibaca selama melakukan puasa mutih selama 7 hari.

Mantra ilmu Rogosukmo:

"Bismillahirrohmanirrohim,
sholallaahualaihi wasallam allohumma kulhuallah zat gumiling tanpo sangkan, liyep cut prucut sukmaningsun metu soko rogo gampang sarining gampang sak niatku, slamet soko kersaning Alloh, lailahailloh muhammadarrosululloh"

• Setelah selesai, kemudian membaca:

YA WUJUDRULLOH YA QODRATULLOH. 118x

Lakukan wirid dengan mata terpejam diruangan yang gelap tanpa penerangan sama sekali.


Demikian sedikit informasi tentang cara mempelajari ilmu Rogosukmo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mempelajari ilmu Rogosukmo"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: