Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Khasiat Batu Barjad Api Asli

gambar batu barjad api wonogiri
Batu Barjad Api

Hartalangit.com – Batu Barjad Api atau Fire Opal cukup terkenal dan cukup digemari oleh para pecinta batu permata karena keindahan warnanya yang mempesona. Batu ini dapat memancarkan bias cahaya seperti nyala api jika terkena sinar.

Batu yang berasa dari Wonogiri - Jawa Tengah ini memiliki tingkat kekerasan yang rendah, yaitu sekitar 5,2 - 5,7 skala mohs sehingga mudah tergores dan mudah retak / pecah.

Ada beberapa varian batu Barjad Api (Fire Oval) dibedakan dari warnanya, antara lain: kuning teh, hijau cincau, putih, biru, dan yang paling mahal adalah batu Barjad Api yang berwarna merah cerah.

Selain keindahan warnanya yang mempesona, batu Barjad Api juga dipercaya memiliki khasiat dan manfaat tertentu bagi orang yang memakainya.


Khasiat dan manfaat batu Barjad Api:

1. Menambah wibawa dan kharisma, sehingga orang yang memakai batu ini akan disegani dan dihormati oleh orang lain.

2. Menambah rasa percaya diri, sehingga orang yang memakai batu ini akan lebih optimis dan bersemangat dalam menjalani hidup.

3. Untuk keselamatan, terutama dari hal-hal yang sifatnya ghaib termasuk serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus.

4. Untuk keberanian, sehingga orang yang memakai batu ini akan menjadi pribadi yang pemberani dan tidak takut menghadapi apapun atau siapapun.

Tapi tidak semua batu Barjad Api bisa memberikan manfaat positif bagi pemakainya, karena semua tergantung dari kecocokan antara energi pada batu Barjad Api dengan karakter orang yang memakainya.

Ketidak sesuaian warna batu dengan karakter pemakainya justru akan berdampak negatif karena bisa terjadi benturan energi.

Warna batu Barjad Api yang menyerupai nyala api melambangkan unsur api (energi panas) sehingga tidak cocok jika dipakai oleh orang yang memiliki karakter keras / emosional karena akan membuatnya semakin brangasan dan sulit mengontrol emosinya.

Akibatnya bisa menimbulkan sering terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga atau di lingkungan pergaulannya karena tidak bisa mengontrol emosinya.

gambar batu barjad api pacitan
Batu Fire Opal


Karakteristik batu Barjad Api mirip dengan batu Kalimaya, tapi bedanya bias cahaya yang dipancarkan batu Kalimaya lebih beragam seperti warna pelangi.

Seperti jenis batu Opal lainnya, batu Barjad Api juga memiliki kadar air yang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 21% dari beratnya sehingga batu ini tergolong rapuh dan membutuhkan perawatan khusus untuk mempertahankan keindahannya.

Pada umumnya jenis batu Opal memang memiliki kadar air yang tinggi sehingga rawan retak atau pecah yang disebabkan karena kekeringan.

Pada kondisi yang terlalu kering akan menyebabkan retakan dan rekahan yang mencapai permukaan batu. Jadi sangat penting untuk menyimpan dan merawat batu Fire Opal dengan benar untuk melindunginya dari kekeringan.

Batu Fire Opal juga sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis. Jadi ketika menyimpan batu Fire Opal sebaiknya ditempatkan juga kain lembab atau kapas lembab didalam kantong plastik tertutup bersama batu Fire Opal untuk mencegah dehidrasi.

Batu Barjad Api (Fire Opal) bisa dibersihkan atau dibilas dengan air hangat dan di lap menggunakan kain bersih yang lembut.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri serta khasiat dan manfaat batu Barjad Api (Fire Opal) asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu akik, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Khasiat Batu Barjad Api Asli"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: