Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat Ampuh Jimat Pesi Kurung

gambar pesi kurung
Pesi Kurung

Hartalangit.com – Keris merupakan satu kesatuan antara Pesi, Gonjo dan wilah yang melambangkan bersatunya Lingga dan Yoni, Manunggaling Rogo Sukmo, dan Manunggaling Kawulo Gusti, yaitu dua bagian yang menyatu sehati dan sejiwa.

Pesi atau Peksi adalah bagian penting dari sebilah Keris yang berfungsi sebagai tangkai untuk memasang hulu / deder Keris. Tanpa Pesi, Keris akan sulit digunakan karena tidak bisa dipasangi gagang / pegangan.

Pesi merupakan bagian Keris yang paling rawan mengalami korosi karena letaknya tertutup didalam handle / ukiran Keris sehingga seringkali tidak dirawat. Lain halnya dengan bilah Keris yang selalu dirawat dan dibersihkan.


Pesi yang tidak pernah dilepas selama bertahun-tahun akan mengalami korosi dan menjadi rapuh sehingga rawan patah ketika dilepas dari dedernya.

Tapi bagi sebagian orang justru meyakini bahwa Pesi yang patah dan tertinggal didalam deder atau biasa disebut Pesi Kurung memiliki daya magis yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Pesi Kurung yang di anggap memiliki tuah adalah Pesi Keris yang tidak disengaja tertinggal atau patah sebagian didalam hulu / dedenya dan tidak dapat dikeluarkan kecuali dengan memecahkan atau membelahnya.

Terpisahnya Pesi dengan Kerisnya dimaknai sebagai sebuah pertanda bahwa tuah dari Keris tersebut telah berpindah atau manjing ke dalam dedernya sebagai simbol bersatunya Lingga dan Yoni secara utuh.


Jimat Pesi Kurung dipercaya memiliki tuah yang multifungsi, antara Lain:
- Untuk kadigdayan / kesaktian
- Untuk sarana menagih hutan
- Untuk kewibawaan
- Untuk keselamatan
- Untuk tolak bala
- Untuk pambungkem / penundukan
- Untuk penglaris
- Untuk keharmonisan rumah tangga

Selain memiliki tuah atau khasiat yang multifungsi, jimat Pesi Kurung juga lebih mudah dibawa kemana-mana.

Kepercayaan tentang daya magis Pesi Kurung sangat berkaitan dengan fungsi dari Pesi yang merupakan kekuatan utama dari sebilah Keris, karena tanpa Pesi sebilah Keris akan sulit digunakan.

Pesi juga dipercaya sebagai inti kekuatan ghaib dari sebilah Keris, sehingga pada jaman dahulu Pesi Keris juga sering digunakan sebagai susuk kekebalan atau kesaktian yang ditanam didalam tubuh.

Karena kepercayaan itulah yang kemudian membuat Pesi Kurung banyak dicari untuk dijadikan sebagai pegangan atau jimat.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat dan kegunaan Pesi Kurung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat Ampuh Jimat Pesi Kurung"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: