Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Keistimewaan Keris Pesi Gapit Wayang dan Pesi Ceblokan

gambar keris pesi ceblokan dan pesi gapit wayang
Pesi Ceblokan & Pesi Gapit Wayang

Hartalangit.com – Pesi adalah bagian tangkai Keris yang berfungsi untuk menancapkan hulu / deder Keris. Meskipun hanya berfungsi sebagai tangkai dan letaknya tersembunyi didalam hulu / deder, tapi seringkali Pesi dibuat dengan beragam yang masing-masing memiliki maksud tertentu.

Berikut ini beberapa bentuk Pesi yang banyak dijumpai pada sebilah Keris:

1. Pesi Gilig Ajeg

Pesi Gilig Ajeg berbentuk bulat dari pangkal sampai ujungnya dengan diameter sekitar 6 - 7 mm. Pesi jenis ini banyak dijumpai pada Keris nom-noman.

2. Pesi Gilig Mucuk

Pesi Gilig Mucuk juga berbentuk bulat tapi semakin ke bawah semakin mengecil. Pesi jenis ini umumnya dijumpai pada Keris-Keris tangguh tua seperti tangguh Majapahit, Pajajaran dan Mataram.


3. Pesi Gepeng

Jika dilihat dari samping Pesi ini berbentuk bulat / silindris mirip seperti Pesi Gilig Ajeg, tetapi jika dilihat dari penampang bawah bentuknya terlihat oval sehingga disebut gepeng / pipih.

4. Pesi Puntiran

Pesi Puntiran bentuknya mirip dengan Pesi Gilig Mucuk tapi pada bagian ujungnya sekitar 3 - 4 cm bentuknya melintir seperti dipuntir sehingga menyerupai mata bor.

5. Pesi Tindhikan

Pesi Tindhikan bentuknya mirip dengan Pesi Gilig Ajeg tapi pada bagian ujung bawahnya dipipihkan dan dilubangi seperti jarum jahit. Konon Keris dengan Pesi Tindikan merupakan ciri khas buatan Joko Suro.

6. Pesi Tapak Jalak

Pesi Tapak Jalak berbentuk bulat / silindris tapi pada bagian penampang ujung bawahnya diberi tanda 2 guratan berbentuk plus (+). Biasanya guratan tersebut juga di isi / dilapisi dengan perak atau emas. Keris dengan Pesi Tapak Jalak dipercaya memiliki tuah yang ampuh untuk tolak bala.

7. Pesi Kotak

Pesi Kotak berbentu kotak atau segi empat dari pangkal sampai ujungnya. Pesi jenis ini banyak dijumpai pada Keris-Keris Kabudhan.

8. Pesi Pentol

Pesi Pentol bentuknya mirip dengan Pesi Gilig Ajeg tapi pada bagian ujungnya dibentuk seperti pentol korek. Pesi jenis ini banyak dijumpai dan menjadi ciri khas Keris tangguh Mageti.


Selain bentuk Pesi yang beragam, ada juga Pesi Keris yang dibuat tidak lazim karena dibuat terpisah dengan bilahnya, yaitu Pesi Ceblokan dan Pesi Gapit Wayang.

Pesi Ceblokan dan Pesi Gapit Wayang sebetulnya hampir sama, yang membedakan keduanya hanya pada tehnik pemasanganya saja.

Pesi Ceblokan dipasang dengan cara disisipkan pada pangkal bilah Keris yang sebelumnya sudah diberi lubang kowakan.

Sedangkan Pesi Gapit Wayang dipasang dengan cara digapitkan atau dicapitkan pada pangkal bilah Keris yang sebelumnya sudah diberi sedikit tonjolan kemudian diberi satu atau dua buah pasak kecil.

Memang agak susah untuk menafsirkan apa yang menjadi latar belakang dibuatnya Pesi Ceblokan dan Pesi Gapit Wayang, karena jika sejak awal sudah dibuat seperti itu, secara fungsi tentunya menjadi tidak efektif karena Pesi tersebut sangat rawan lepas, apalagi jika digunakan untuk bertarung / berperang.


Tapi ada juga yang berpendapat bahwa Keris dengan Pesi Ceblokan merupakan Keris yang sudah pugut bagian Pesinya dan tidak bisa disrumbung lagi, sehingga untuk memasang Pesi pengganti maka bilahnya harus dilubangi dan digapit supaya bisa terpasang dengan kuat.

Yang jelas Pesi Coblokan dan Pesi Gapit rata-rata hanya dijumpai pada Keris-Keris tangguh tua seperti tangguh Majapahit, Pajajaran, Mataram dan lainnya.

Normalnya dalam proses pembuatan kodokan Keris, bagian Pesi juga akan sekalian dibentuk dan menyatu atau menyambung dengan bilahnya. Sedangkan Pesi Ceblokan justru di ambilkan dari kodokan depan (bagian ujung) atau bahkan menggunakan jenis besi lain yang menurut sang Mpu memiliki kelebihan tersendiri.

Keris dengan Pesi Ceblokan dan Pesi Gapit Wayang lebih difungsikan sebagai Keris tayuhan yang mengutamakan esoteri dibanding eksoterinya. Karena jika digunakan sebagai senjata fisik tentunya tidak akan sekuat Keris normal yang Pesinya menyatu dengan bilahnya.

Keris dengan Pesi Ceblokan dan Pesi Gapit Wayang dipercaya memiliki tuah yang lebih ampuh dibanding Keris-Keris pada umumnya, sehingga kemudian banyak yang meyakini bahwa Pesi Kurung yang paling ndayani atau paling bertuah adalah Pesi Ceblokan yang lepas dengan sendirinya dan terkurung didalam hulu / deder Keris.

Karena kepercayaan itulah yang menjadikan Pesi Ceblokan yang menjadi Pesi Kurung banyak diburu untuk dijadikan sebagai jimat yang dipercaya memiliki banyak khasiat.


Demikian sedikit informasi tentang tuah dan keistimewaan Keris Pesi Ceblokan dan Pesi Gapit Wayang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Keistimewaan Keris Pesi Gapit Wayang dan Pesi Ceblokan"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: