Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi Gonjo dan Pesi Keris

gambar gonjo dan pesi keris
Pesi, Gonjo, dan Bilah Keris

Hartalangit.com - Keris merupakan satu kesatuan antara pesi, gonjo dan wilah/bilah yang melambangkan bersatunya Lingga dan Yoni, Manunggaling rogo sukmo, dan Manunggaling kawulo Gusti, yaitu dua bagian yang menyatu sehati dan sejiwa.

Namun hal ini memang harus dipahami dengan kedalaman rasa dan kematangan spiritual agar tidak salah pemahaman sebab batas Keris dan Syirik memang sangat tipis, seperti halnya nama Keris itu sendiri jika dibalik menjadi "Sirek" (Syirik).

Padahal sesungguhnya tidak ada unsur Syirik sama sekali pada Keris, tapi justru sebaliknya, Keris syarat muatan spiritual yang sangat dalam yang disimbolkan pada setiap bagian-bagiannya, dari mulai pesi, gonjo dan bilahnya, termasuk semua ricikan dan bahkan warangkanya.

Baca juga: Keris dan Syirik

Pesi atau Pasi merupakan singkatan dari "Panggonane siningit" yang artinya tempat yang rahasia, melambangkan keberadaan TUHAN yang sejatinya ada namun tidak terlihat, tidak terlihat tetapi ada.

Gonjo yang menyatu dengan bilah disebut Gonjo Iras yang melambangkan kesatuan yang utuh, lebih erat dan sulit dipisahkan karena sudah menyatu.

Tapi Gonjo Iras kemudian jarang digunakan sebab filosofi jiwa raga dan lingga yoni ada kalanya memang ada sekat/pemisah, ada hal yang membedakan, ada batas dan perantaranya.

Gonjo terletak dibawah bilah melambangkan "jagat alit manggul jagad agung", yaitu suatu hal yang harus lebih besar dalam sebuah tanggung jawab untuk bisa menjalankan dan memikul hal yang lebih besar.

Terkadang Gonjo juga berfungsi sebagai kamuflase untuk menutupi kondisi bilah Keris yang sebenarnya, atau yang biasanya disebut Gonjo Wulung atau Kelengan yang sengaja dibuat sangat kontras dengan bilahnya. Tujuannya agar pamor dari Keris tersebut tidak diketahui oleh orang lain atau agar tuahnya tidak terbaca oleh orang lain.

Hal itu sebetulnya melambangkan bahwa kita harus bisa menutupi wewadi/rahasia, atau dalam arti lain yaitu menyembunyikan kelebihan kita dan jangan menyombongkan apa yang kita miliki kepada orang lain, melambangkan "Manungso iku kudu lembah manah lan adhap asor".

Baca juga:


Demikian sedikit informasi tentang filosofi Gonjo dan Pesi Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Makna tersirat gonjo & pesi Keris - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi Gonjo dan Pesi Keris"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: