Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Mundarang

gambar keris mundarang / mendarang
Keris Mundarang

Hartalangit.com – Keris Mundarang atau Mendarang adalah salah satu dhapur Keris lurus dengan ukuran bilah normal. Ricikan pada Keris , antara lain: kembang kacang pogog, jalen, lambe gajah, tikel alis, sraweyan dan greneng.

Keris ini mirip dengan Keris dhapur Pasopati, bedanya pada Keris Pasopati terdapat sogokan rangkap, sedangkan Keris Mundarang tidak menggunakan sogokan.


Mundarang merupakan senjata kuno sejenis gada pemukul seperti gada Rujakpolo senjata milik Bima dalam cerita pewayangan atau seperti yang ada pada arca-arca dwarapala/gupala/reco pethung.

Bentuk gada sangat sederhana tapi terkesan menyeramkan dan hanya diperuntukkan bagi para ksatria tangguh yang bernyali besar. Bobotnya yang berat mengharuskan pemiliknya memiliki tenaga yang kuat untuk mengangkatnya, apalagi untuk menggunakannya. Tentunya hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menggunakannya.

Tidak ada tehnik khusus untuk menggunakan gada selain memukulkannya ke bagian tubuh lawan seperti kepala, tangan dan kaki yang dapat menyebabkan cidera parah, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Meskipun bentuknya sangat sederhana dan terkesan lugu, tapi ketika digunakan gada akan berubah menjadi senjata ampuh yang mematikan. Oleh karena itulah, gada atau Mundarang harus dipegang oleh orang yang kuat untuk menggunakannya dan bijak dalam menggunakannya agar tidak di salah gunakan.

Dalam cerita pewayangan Baratayudha dikisahkan bahwa gada Rujakpolo milik Bima merupakan salah satu senjata yang paling ditakuti pihak Kurawa dan banyak merenggut nyawa senopati-senopati perang Kurawa.


Bentuk gada yang besar melambangkan keperkasaan, ketangguhan dan kebijaksanaan. Maknanya, orang yang memegang gada adalah orang yang kuat, tangguh dan bijak dalam menghadapi kehidupan serta tidak gentar menghadapi segala rintangan yang menghadang.

Keris Mundarang termasuk salah satu dhapur Keris yang cukup langka dan banyak dicari para penggemar dan kolektor Tosan Aji.

Keris Mundarang dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, keberanian dan penundukan yang akan membuat pemiliknya disegani oleh lawan maupun kawan.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Mundarang atau Mendarang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah Keris Mundarang"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: