Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi Dan Tuah Tombak Kudhup Cempaka

gambar tombak kudhup cempaka
Tombak Kudhup Cempaka
Hartalangit.com – Ada banyak sekali jenis dhapur Tombak, baik yang bilahnya lurus atau yang berluk. Masing-masing dhapur Tombak memiliki filosofi dan tuah yang berbeda-beda seperti halnya Keris Pusaka. Tuah dari Tombak Pusaka juga tidak kalah ampuh dari tuah Keris Pusaka.

Bentuk dan ricikan Tombak rata-rata lebih sederhana dibanding bentuk dan ricikan Keris. Tapi meskipun sederhana, Tombak Pusaka tetap terlihat indah dan memiliki kesan wingit.

Salah satu dhapur Tombak sederhana yang cukup populer dan banyak dicari oleh para penggemar Tosan Aji adalah Tombak dhapur Kudhup Cempaka.

Ukuran Tombak Kudhup Cempaka termasuk kecil, tidak lebih dari sejengkal tangan, dan panjangnya sekitar 20 cm. Tombak Kudhup Cempaka sering digunakan sebagai isi dari tongkat komando karena lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana.


Filosofi Tombak Kudhup Cempaka:

Kudhup Cempaka / Kudhup Cepaka / Kudhup Cepoko adalah bahasa Jawa yang artinya kuncup bunga cempaka. Bunga cempaka adalah jenis bunga yang istimewa yang memiliki aroma sangat harum. Bunga ini sering digunakan dalam berbagai macam ritual dan juga untuk sesaji.

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, bunga cempaka dipercaya dapat menolak energi negatif dan mendatangkan energi positif.

Bunga cempaka kuning dipercaya dapat mendatangkan rejeki dan kekayaan, sedangkan bunga cempaka putih melambangkan kesucian hati, ketulusan dan cinta kasih.

Cempaka / Cepaka dalam bahasa Jawa dimaknai “cepak” yang berarti dekat atau mudah sebagai simbol pengharapan agar di mudahkan atau didekatkan dengan apa yang cita-citakan (cepak rejekine lan cepak jodone).

Tombak Kudhup Cempaka lebih di fungsikan sebagai pusaka (piandel) untuk menolak pengaruh negatif dan mendatangkan pengaruh positif bagi pemiliknya, dan terutama digunakan sebagai sarana untuk memudahkan dalam mencari rejeki, teman atau jodoh.

Oleh karena itu, dalam proses pembuatannya lebih mementingkan esoteri (isi) daripada eksoterinya (fisik).


Aroma bunga cempaka yang harum semerbak dapat membawa energi positif bagi lingkungan sekitarnya, karena aroma wanginya dapat menimbulkan rasa nyaman, tenang dan damai.

Tombak Kudhup Cempaka merupakan simbol agar pemiliknya bisa menjadi pribadi yang baik, mulia dan memiliki nama yang harum di masyarakat seperti filosofi kuncup bunga cempaka yang akan mekar menjadi bunga yang indah dan menebarkan aroma harum ke segala penjuru.

Tombak Kudhup Cempaka adalah sebuah pepeling atau pengingat agar dalam hidup ini seyogyanya kita bisa menjadi Manusia yang baik, memiliki hati yang mulia dan bisa bermanfaat bagi sesama sehingga dapat memiliki nama harum di masyarakat.

Tuah Tombak Kudhup Cempaka:

Tuah atau khasiat Tombak Kudhup Cempaka adalah untuk menambah kewibawaan dan kharisma, menjadikan pemiliknya disukai semua orang, serta pandai bergaul dan cakap.

Selain itu, Tombak Kudhup Cempaka juga bisa menjadi sarana tolak bala untuk menangkal energi negatif seperti serangan ilmu hitam dan gangguan dari mahluk halus.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Tombak Kudhup Cempaka yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi Dan Tuah Tombak Kudhup Cempaka"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: