Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Makna dan Tuah Perkutut Gedong Minep

gambar perkutut gedong minep
Ilustrasi
Hartalangit.com – Ada banyak sekali jenis katuranggan dan ciri mathi Perkutut lokal yang masing-masing dipercaya memiliki tuah atau manfaat tertentu.

Ada yang dipercaya dapat membawa pengaruh positif dan ada juga yang dipercaya dapat membawa pengaruh negatif bagi orang yang memeliharanya.

Salah satunya yang dinilai baik untuk dipelihara dan tidak pemilih adalah Perkutut Gedong Mineb. Perkutut ini memiliki kebiasaan yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya, yaitu manggungnya hanya pada sore hari saja menjelang terbenamnya matahari, sedangkan pada pagi dan siang hari tidak pernah manggung meskipun sudah dipelihara lama.


Gedong Mineb adalah bahasa Jawa yang artinya “gedung/rumah yang tertutup”. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kemakmuran.

Hal itu berhubungan dengan kebiasaan burung ini yang selalu manggung pada sore hari sebagai simbol waktunya beristirahat setelah seharian beraktivitas mencari rejeki , dan juga sebagai simbol menyimpan rejeki yang sudah didapatkan.

Suara Perkutut Gedong Mineb juga merupakan pengingat untuk pemiliknya bahwa sudah waktunya menutup rumah atau tempat usahanya untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga serta melakukan ibadah.

Dengan selalu meluangkan waktu untuk keluarga dan untuk beribadah, maka kehidupan kita akan menjadi seimbang, harmonis dan bahagia penuh keberkahan.

Jika kondisi keluarga harmonis maka semangat dalam mencari rejeki juga akan timbul, sehingga kita bisa menggali semua potensi yang ada untuk membuka peluang-peluang baru yang akan menjadi jalan rejeki.


Tuah Perkutut Gedong Mineb dipercaya dapat memudahkan datangnya rejeki dan mengumpulkan kekayaan, serta akan membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi orang yang memeliharanya.

Tuah Perkutut Gedong Mineb dapat dirasakan secara maksimal jika sudah ada keselarasan dengan pemiliknya, yaitu jika pemiliknya dapat memahami filosofinya kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena makna dan tuah Perkutut katuranggan selalu berkaitan.

Tapi yang terpenting dalam memelihara burung Perkutut adalah perasaan kita sendiri, jika kita merasa senang dan nyaman dengan Perkutut yang kita pelihara, baik yang berkaturanggan maupun yang tidak berkaturanggan, maka pikiran kita akan menjadi positif, dan efeknya kehidupan kita juga akan menjadi positif penuh kemudahan dan kebahagiaan.

Karena jika kita merasa senang dengan Perkutut yang kita pelihara, maka secara tidak langsung hati kita akan selalu bersyukur setiap kali mendengar suara anggungannya atau ketika memandangnya.
Dan jika kita selalu bersyukur, maka TUHAN akan menambah nikmat dan karunia-NYA tanpa kita memintanya.


Demikian sedikit informasi tentang makna dan tuah Perkutut Gedong Mineb yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Makna dan Tuah Perkutut Gedong Minep"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: