Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Makna dan tuah Perkutut katuranggan Gedong Mengo

mitos perkutut gedong mengo
Perkutut Lokal

Hartalangit.com – Ada banyak sekali jenis katuranggan burung Perkutut lokal yang masing-masing memiliki ciri-ciri tersendiri, baik dari kelainan pada fisiknya seperti bentuk paruh, sisik kaki, jumlah bulu ekor, warna bulu dan kelainan fisik lainnya atau dari perilakunya yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya.

Masing-masing katuranggan burung Perkutut juga memiliki makna sebagai pitutur atau nasehat yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup bagi pemiliknya.

Masing-masing katuranggan burung Perkutut juga dipercaya memiliki tuah sesuai jenis katuranggannya, ada yang untuk kerejekian, keselamatan, kewibawaan, atau yang lainnya.

Baca juga: Jenis-jenis Perkutut katuranggan lengkap dan ciri-cirinya

Salah satu katuranggan burung Perkutut lokal yang dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian adalah Perkutut katuranggan Gedong Mengo.

Perkutut katuranggan Gedong Mengo memiliki kebiasaan yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya, yaitu manggungnya hanya pada pagi hari saja menyongsong terbitnya matahari dan pada siang sampai sore hari tidak pernah manggung meskipun sudah dipelihara lama.

Gedong Mengo adalah bahasa Jawa yang artinya “gedung/rumah terbuka”. Mitosnya siapapun yang memelihara Perkutut katuranggan Gedong Mengo maka rejekinya akan menjadi lancar.

Tentu saja hal itu berhubungan dengan kebiasaan burung ini yang selalu manggung pada pagi hari sehingga pemiliknya bisa selalu bangun pagi untuk menjemput rejeki seperti bekerja atau membuka tempat usahanya lebih pagi sehingga akan lebih banyak mendapatkan peluang-peluang rejeki.

Perkutut katuranggan Gedong Mengo memang sangat baik dipelihara karena secara tidak langsung burung ini membiasakan pemiliknya untuk selalu bangun lebih pagi.

Untuk seorang pedagang, jika selalu membuka tempat usahanya lebih pagi dari yang lain maka peluang untuk mendapatkan pembeli menjadi lebih besar, dan untuk seorang karyawan jika terbiasa bangun pagi maka tidak akan terlambat untuk bekerja.

Mendengarkan suara anggungan burung Perkutut yang merdu di pagi hari juga akan membuat pikiran menjadi lebih tenang dan akan lebih bersemangat untuk mencari rejeki.

Tuah dari Perkutut katuranggan Gedong Mengo dipercaya dapat membantu memudahkan datangnya rejeki bagi pemiliknya. Dengan memelihara burung Perkutut ini maka usaha apapun yang dilakukan pemiliknya akan membuahkan hasil sehingga rejeki juga akan terus mengalir.

Tuah Perkutut katuranggan Gedong Mengo akan dapat dirasakan secara maksimal jika sudah ada kecocokan dan keselarasan dengan pemiliknya, atau jika pemiliknya dapat memahami filosofinya kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Tuah Perkutut katuranggan Banyu Mili untuk kelancaran rejeki

Tapi yang terpenting dalam memelihara burung Perkutut adalah perasaan kita sendiri, jika kita merasa senang dan nyaman dengan burung yang kita pelihara, apapun jenis katuranggannya, maka pikiran kita akan menjadi positif dan efeknya kehidupan kita juga akan menjadi positif penuh kemudahan dan kebahagiaan.

Jika kita merasa senang dan bahagia ketika mendengar suara anggungan burung Perkutut yang kita pelihara atau pada saat memandangnya maka secara tidak langsung hati kita akan selalu bersyukur setiap kali mendengar suara anggungannya atau ketika memandang burung Perkutut peliharaan kita.

Dan jika kita selalu bersyukur, maka TUHAN akan menambah nikmat dan karunia-NYA tanpa kita memintanya.

Jadi intinya, ketika kita memelihara burung Perkutut maka rawatlah dengan baik dan penuh kasih sayang, jangan sampai burung yang kita rawat tersebut sampai menderita seperti kehabisan pakan atau air minum.

Jangan memelihara burung Perkutut hanya karena mengharapkan tuahnya saja tapi tidak dirawat dengan baik. Karena sejatinya semua yang terjadi dalam kehidupan kita adalah hasil dari perbuatan kita sendiri.

Baca juga: Cara menghitung sisik kaki Perkutut dengan hitungan Ponco Sudo

Demikian sedikit informasi tentang makna dan tuah Perkutut katuranggan Gedong Mengo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Filosofi & Tuah Perkutut Gedong Mengo: Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, Subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Makna dan tuah Perkutut katuranggan Gedong Mengo"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: