Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Kekuatan niat untuk mewujudkan impian

dahsyatnya kekuatan pikiran
Ilustrasi

Hartalangit.com – Dari Amir al-Mu’minin, Abu Hafsh ‘Umar bin al-Khaththab RA, dia menjelaskan bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena ALLAH dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada ALLAH dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut” (HR. Al-Bukhariy dan Muslim).

Imam Ibnul Qayyim berkata:

”Niat adalah ruh amal, inti dan sendinya. Amal itu mengikuti niat. Amal menjadi benar karena niat yang benar. Dan amal menjadi rusak karena niat yang rusak” (I’lamul Muwaqqi’in VI/106, tahqiq Syaikh Masyhur Hasan Salman).

Nabi Muhammad SAW telah menyampaikan dua kalimat yang sangat dalam maknanya, yaitu, sesungguhnya amal-amal bergantung kepada niat dan seseorang memperoleh apa yang diniatkan.

Dalam kalimat pertama, beliau menjelaskan bahwa amal tidak ada artinya tanpa ada niat. Sedangkan dalam kalimat kedua, beliau menjelaskan bahwa orang yang melakukan suatu amal, ia tidak memperoleh apa-apa kecuali menurut niatnya.

Hal ini mencakup iman, ibadah, da’wah, muamalah, nadzar, jihad, perjanjian dan tindakan apapun. Niat bisa juga disebut sebagai tujuan dari dilakukannya sebuah tindakan.

Perubahan hanya dapat terjadi jika terdapat kekuatan yang cukup besar untuk mulai menggerakkan roda perubahan. Kekuatan besar tersebut adalah kekuatan niat.

Niat adalah komitmen untuk menetapkan jalur yang akan dijalani sebelum mulai menapakkan langkah pertama pada jalur tersebut.

Kekuatan tersebut sangat besar namun sayangnya tidak dapat digunakan setiap saat, karena akan sangat menyita energi dan perhatian sehingga sangat melelahkan.

Jika kita menggunakannya secara bijaksana maka akan dapat membantu kita untuk memuluskan jalan dalam mewujudkan keinginan.


Betapa hebatnya kekuatan niat, bahwa dengan kita berniat maka dalam hadits tersebut kita akan sampai kepada apa yang kita niatkan. Bahkan Niat baik itu sendiri sudah bernilaikan sebuah kebaikan, walaupun belum dikerjakan.

Niat merupakan amalan hati, sedangkan ta’rif (difinisi) iman menurut Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah diyakini didalam hati, diucapkan melalui lisan, dan dibuktikan dengan anggota badan dan perbuatan.

Manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan sebuah mahakarya. Kekuatan terbesar dalam diri Manusia itu ada pada pikiran. Tetapi kita jarang membuktikan kekuatan pikiran tersebut, sebab kita sering terjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan tertentu, sehingga selamanya tidak dapat mencari kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasib yang berarti.

Oleh karena itu, untuk mencapai sesuatu yang besar maka milikilah target yang lebih tinggi untuk merangsang kekuatan dalam pikiran. Sebab target atau sasaran baru yang dipikirkan tersebut akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan tindakan. Apalagi jika target tersebut kita yakini akan tercapai, maka kita akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada.

Setelah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif dikerjakan hingga berulang-ulang, maka tanpa disadari kita sudah banyak  melakukan hal-hal penting hingga kita tiba di zona baru, dimana kita berhasil mencapai target yang didambakan.

Itulah mengapa dikatakan bahwa Manusia memiliki potensi yang sangat besar dalam pikiran bawah sadarnya. Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui dua cara, yaitu: autosuggestion dan visualization.

1. Autosuggestion

Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dampaknya dan akan menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa.

Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion.

Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh keyakinan, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif dan dilakukan secara berulang-ulang.

Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar efeknya akan sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan yang baik maupun perbuatan buruk. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran karena dilakukan berulang-ulang dan rutin sehingga suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar dan akan memompa semangat kita. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian-impian kita.

Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh oleh sebagian orang. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam.

Biasakan untuk mendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya-budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.

Ada 5 petunjuk dalam melakukan autosuggestion, yaitu:

- Positive: pada saat melakukan autosuggestion, pikirkan hal-hal yang positif saja.

- Powerful: lakukan dengan penuh keyakinan, sebab hal itu dapat memberikan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang luar biasa.

- Precise: keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori.

- Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau yang akan datang.

- Personal: lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

2. Visualization

Jika kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu.

Dengan cara memvisualisasikan impian, maka akan terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler didunia ini.

Sesuatu yang selalu divisualisasikan Manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh, sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan dalam bentuk kreatifitas atau tindakan.

Dengan memvisualisasikan impian maka akan memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada Manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian besar.

Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian:

- Mendefinisikan impian

Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian gambarkanlah semua impian tersenbut seolah-olah kita sudah sepatutnya meraih impian tersebut.

Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.

- Menentukan target waktu

Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi angan-angan.

Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan.

Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik dan biarlah Tuhan yang menentukan. Potensi yang kita miliki harus di optimalkan.

-Lakukan berulang-ulang

Melakukan berulang-ulang artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar kita.

Jika pesan sudah diterima oleh SCM (sub conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif.

Jika impian lebih sering di imajinasikan ternyata dapat melipat gandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar.

Imajinasi yang diulang-ulang akan secara tidak langsung merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa tentang potensi kita sebagai Manusia, sehingga akan mendorong kita berusaha keras untuk mencapai impian yang divisualisasikan.

Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kita pada suatu waktu.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang kekuatan niat untuk mewujudkan impian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kekuatan niat untuk mewujudkan impian"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: