Advertisement

Rahasia kekuatan pikiran

Pikiran kita akan menentukan kehidupan kita

Harta Langit - Apa yang kita alami hari ini adalah dampak dari pikiran kita kemarin, dan apa yang akan kita alami besok adalah dampak dari pikiran kita hari ini. Apa yang kita pikirkan saat ini akan menciptakan kehidupan kita di masa mendatang.

Jika kita berpikir bisa, maka kita pasti bisa, dan jika kita berpikir tidak bisa, maka kita pasti tidak akan bisa. Jika kita mengubah cara berpikir kita, maka kehidupan kita juga akan ikut berubah.

Jika pikiran kita berubah ke arah yang positif, maka kehidupan kita juga akan menuju ke arah yang positif dan juga sebaliknya. Tidak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Dan sebaliknya, tidak ada sesuatu apapun di Dunia ini yang dapat membantu orang yang bermental negatif.

Semua orang berpotensi memiliki kekuatan pikiran yang dahsyat, tapi tidak semua orang menyadari dan mampu mengaktifkannya untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kehidupannya.

Berpikir akan melahirkan pengetahuan, pengertian, nilai, keyakinan, dan juga prinsip. Pikiran juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kejiwaan dan juga penyakit fisik.

Pikiran bahagia akan membuat kita bahagia, pikiran sengsara akan membuat kita sengsara. Mungkin kita tidak bisa mengendalikan keadaan, tapi kita bisa mengendalikan pikiran kita.

Pikiran positif akan menghasilkan perbuatan dan hasil yang positif. Berpikir positif adalah sumber kekuatan dan sumber kebebasan. Dengan begitu kita jadi bertambah mahir, percaya, dan lebih kuat. Disebut sumber kebebasan karena kita akan terbebas dari penderitaan dan kekangan pikiran negatif serta pengaruhnya pada mental dan fisik kita.

Hidup yang kita jalani saat ini adalah pancaran pikiran, keputusan, dan pilihan kita sendiri. Jika kita rela menerima tantangan, berarti kita telah merintis perubahan, kemajuan, dan perkembangan untuk diri kita dimasa depan. Karena seperti apa kita hari ini adalah dampak dari keputusan-keputusan kita kemarin, dan seperti apa kita besok, akan ditentukan oleh keputusan-keputusan kita hari ini.

Ciri apakah seseorang memiliki pikiran positif atau tidak adalah dari sikap dan tindakannya. Jika kita melakukan sesuatu tindakan yang salah secara terus-menerus, berarti kita belum berpikiran positif. Dan ciri-ciri utama orang yang berpikiran negatif adalah selalu mencari-cari alasan untuk tidak melakukan sesuatu yang baik dan untuk melakukan sesuatu yang tidak baik.

Dalam hal ini, berpikir positif sendiri seringkali susah untuk dipraktekkan. Banyak orang yang mengetahui tentang konsep berpikir positif tersebut, tapi mereka tidak tau cara menerapkannya dalam kehidupan. Meski sudah mengenal tentang konsep berpikir positif, tapi jika perhatian kita terhadap konsep tersebut tidak ada, maka kita akan tetap memiliki pikiran negatif.

Pemahaman kita tentang konsep berpikir positif tidak ada gunanya, karena jika hanya tau saja tentu masih belum cukup jika kita tidak pernah memiliki niat yang kuat untuk menerapkannya dalam kehidupan kita.

Berpikir adalah kegiatan akal budi yang sangat aktif dengan berbagai pertanyaan dan kemudian akan direspon dengan jawaban-jawaban. Hal itu bisa menjadi penjelasan, pertimbangan, analisis, dan keputusan.

Secara lahiriah, berpikir positif adalah kegiatan akal budi yang bermanfaat, yang mewujudkan suatu tindakan, keputusan, atau karya yang tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tapi juga bermanfaat untuk orang lain, dan kemaslahatan orang banyak.

Berpikir positif bukan sesuatu yang bekerja secara parsial dalam diri Manusia karena berpikir positif hanya tercetus dari budi pekerti yang luhur.

Melatih diri untuk berperilaku luhur adalah pekerjaan pertama yang harus dilakukan sebagai wadah dari berpikir positif. Seseorang yang berbudi luhur adalah seseorang yang berpikir positif. Artinya, dia adalah seseorang yang senantiasa memandang sesuatu dari sisi positifnya, dari sisi manfaatnya yang lebih banyak dibanding sisi negatifnya.

Bagaimana cara menakar predikat positif pada diri kita..??

Kita dapat melakukan pada diri sendiri melalui sebuah pertanyaan: Apakah kita sudah melakukan sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi kehidupan kita pribadi, bagi orang lain, dan untuk masyarakat..??

Semuanya harus di awali dengan keikhlasan dan niat yang baik. Jika kita hanya berbuat baik sebagai topeng semata, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang negatif pada akhirnya.

Semua dimensi kehidupan kita seharusnya di isi dengan hal-hal positif, karena sesuatu yang positif adalah dinamika yang tidak pernah ditinggalkan.

Namun demikian ada dasar-dasar yang diperlukan untuk menguatkan pemikiran positif di dalam diri kita, diantaranya:

1. Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kita harus menghargai keseluruhan ciptaan Tuhan, termasuk di dalamnya menghargai orang lain dan menghargai diri sendiri, serta bersyukur atas segala yang telah kita terima dari-NYA.

2. Bersahabat dan menghindari permusuhan.

Kita harus melakukan segala sesuatu secara damai dan tidak menggunakan cara-cara kekerasan. Dukunglah orang lain dan jangan menjatuhkannya. Bersemangatlah untuk mencari persamaan dan bukan mencari perbedaan.

3. Optimis memandang ke depan.

Kita harus berani menghadapi kenyataan dan berani menatap Dunia kita sendiri, memahami dan menghayati dengan konkret segala sesuatu seperti apa adanya.

4. Siap untuk selalu saling membantu.

Jangan pernah segan untuk dimintai tolong oleh orang lain. Jangan segan pula untuk meminta tolong kepada orang lain. Nilai ini sangat dibutuhkan karena sejatinya Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, karena tidak ada seorangpun yang sempurna dan bisa hidup sendiri di Dunia ini.

5. Gigih, rajin, dan pantang menyerah.

Orang yang gigih, rajin, dan pantang menyerah adalah orang yang memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi dan sangat berpotensi untuk sukses.

Ciri-ciri orang yang berpikir positif:

• Selalu menyikapi masalah sebagai tantangan. 
• Selalu menikmati hidup.
• Selalu terbuka pada saran dan ide dari orang lain.
• Selalu bisa menyingkirkan pikiran negatif sesaat setelah terlintas. 
• Selalu bersyukur.
• Segera bertindak jika punya niat baik.
• Selalu menggunakan bahasa yang positif.
• Peduli pada citra diri.

Dengan pikiran, seseorang bisa membuat Dunianya berbunga-bunga atau berduri-duri.

Baca juga:

Demikian informasi tentang rahasia kekuatan pikiran. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Rahasia kekuatan pikiran"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: