Advertisement

Makna Filosofi Keris Kolo Nadah

keris kolo nadah
Ilustrasi Keris Kolo Nadah

Hartalangit.com - Keris Kolo Nadah adalah salah satu bentuk dhapur Keris luk 5 dengan ukuran panjang bilah sedang. Ricikan pada Keris ini, antara lain: gandhik polos, sogokan satu didepan, tikel alis dan ri pandan. Keris ini tergolong dhapur langka dan banyak diburu para penggemar dan kolektor Tosan Aji.

Pada jaman dahulu Keris-Keris luk 5, termasuk Keris Kolo Nadah hanya boleh dimiliki oleh Raja, keluarga Raja, Adipati dan para bangsawan yang memiliki garis keturunan ningrat. Selain mereka, tidak ada yang boleh memiliki atau menyimpan Keris ber-luk 5. Oleh karena itulah Keris-Keris luk 5 disebut Keris Kaningratan.


Karena hanya dipesan dan dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, maka jumlahnya tidak sebanyak Keris-Keris untuk orang biasa seperti Keris dhapur Brojol, Tilam Upih, Kebo Lajer, dan Keris-Keris lainnya yang boleh dimiliki siapa saja yang jumlahnya cukup banyak dan mudah dijumpai.

Filosofi Keris Kolo Nadah:

Kolo artinya “waktu”, dan Nadah bisa di artikan “menunggu” atau “menanti”. Jadi, Kolo Nada artinya menunggu waktu. Keris Kolo Nadah memiliki makna filosofi yang sangat dalam sebagai pengingat bahwa hidup kita di dunia ini hanyalah menunggu waktu atau saat saja untuk kembali pada SANG PENCIPTA.

Jadi, manfaatkanlah waktu yang hanya sedikit ini untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita dan sesama, karena Manusia yang dapat memanfaatkan waktunya dengan baik akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dan Manusia yang menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka dia akan mendapatkan kerugian yang besar dan penyesalan di dunia dan di akhirat kelak, karena waktu tidak akan pernah kembali lagi.

Keris Kolo Nadah merupakan pesan agar kita tidak menyia-nyiakan waktu didunia yang hanya sebentar dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri kita, bagi orang lain dan lingkungan, serta melaksanakan tugas dan kewajiban kita sebagai Manusia sebaik mungkin.

Keris Kolo Nadah merupakan pesan sekaligus simbolisasi harapan agar pemilik Keris ini senantiasa ingat akan kewajibannya sebagai Manusia dan bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama serta bisa mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang makna filosofi Keris Kolo Nadah yang bisa kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Makna Filosofi Keris Kolo Nadah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: