Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Pendowo

gambar keris pandowo / pandawa luk 5
Keris Pendowo
Hartalangit.com - Keris Pendowo adalah salah satu dhapur Keris luk 5 dengan ukuran panjang bilah normal. Ricikan pada Keris ini, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, ri pandan dan grenang.

Bentuk dan ricikan Keris Pandowo sangat mirip dengan Keris Pandowo Cinarito, bedanya pada Keris Pandowo / Pandawa hanya terdapat satu lambe gajah, sedangkan pada Keris Pandowo Cinarito / Pandawa Cinarita terdapat dua lambe gajah.

Keris Pendowo / Pandawa identik dengan trah ningrat karena pada jaman dulu Keris luk 5 hanya boleh dimiliki oleh Raja dan para keluarga Kerajaan serta para bangsawan saja. Bahkan sampai saat ini, secara tersirat keyakinan itu masih tetap ada, bahwa trah ningrat wajib memiliki keris luk 5.


Keris Pandowo terlihat begitu luwes dan anggun tapi memancarkan aura kewibawaan yang begitu besar. Karakter Keris ini memang sangat mewakili trah ningrat atau kaum bangsawan.

Keris Pendowo di angggap sebagai Keris yang istimewa dan tidak sembarang orang boleh memilikinya karena pada jaman dahulu memang hanya dibuat khusus untuk para Raja dan keturunannya serta para bangsawan saja.

Begitulah aturan yang berlaku di masyarakat perkerisan pada jaman dulu bahwa Keris ber-luk 5 hanya boleh dimiliki oleh orang-orang keturunan Raja dan para bangsawan kerabat Kerajaan yang memiliki kemapanan sosial dan menjadi pemimpin atau tokoh masyarakat.

Keris Pendowo dibuat dengan tujuan untuk menambah kewibawaan dan menunjang kekuasaan sehingga pemiliknya akan dicintai dan dihormati oleh banyak orang.

Tuah Keris Pendowo:

Keris Pendowo diciptakan dengan tuah untuk menjaga wibawa dan kharisma keagungan kebangsawanan agar pemiliknya selalu dihormati dan dicintai rakyat serta bawahannya.

Selain itu, tuah dari Keris ini juga mampu membuat orang lain tunduk dan patuh sehingga setiap perkataan atau perintah dari pemilik Keris ini akan didengarkan dan dipatuhi.

Tapi biasanya Keris Pendowo dan Keris-Keris luk 5 lainnya lebih banyak menuntut untuk diberi sesaji dibandingkan Keris lurus dan Keris ber-luk lainnya.

Seperti halnya dhapur Keris lainnya, Keris Pandowo luk 5 juga memiliki filosofi yang dalam tentang kehidupan dan sarat muatan spiritual.


Filosofi Keris Pendowo:

Filosofi Keris Pendowo diambil dari tokoh pewayangan Pandawa yang terdiri dari Yudhistira (Puntodewo), Bima (Werkudoro), Arjuna, Nakula dan Sadewa yang menggambarkan beberapa karakter dan kemampuan untuk mengalahkan angkaramurka dari Kurawa.

Meskipun untuk beberapa waktu para ksatria Pandawa pernah melakukan kesalahan sebagai sifat kemanusiaannya, tapi pada akhirnya mereka berhasil melakukan penebusan dosa dan memenangkan perang melawan Kurawa.

Keris Pandowo merupakan simbol harapan agar pemilik Keris ini dapat memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang. Dan meskipun pernah melakukan kesalahan namun pada akhirnya dapat menebusnya dan mampu mengalahkan hawa nafsu serta angkara murka.

Keris Pendowo atau luk 5 juga bermakna jangkep. Manusia dilahirkan dengan 5 panca indera yang harus di asah agar mampu bersatu dengan Sang Pencipta, yaitu dengan mencontoh sifat-sifat para ksatria Pandawa yang mewakili tahapan tingkat spiritual Manusia yang dimulai dari Sadewa, Nakula, Arjuna, Bima (Wekudoro) dan Yudhistira (Puntadewo).


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Pandowo / Pandawa luk 5 yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Filosofi & Tuah Keris Pandowo luk 5 - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Pendowo"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: