Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Pendowo

keris pendowo
Keris Pendowo

Hartalangit.com - Keris Pendowo adalah salah satu dhapur Keris luk 5 dengan ukuran panjang bilah sedang. Ricikan pada Keris ini, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan, ri pandan dan grenang.

Keris Pendowo/Pandawa identik dengan trah ningrat karena pada jaman dulu Keris luk 5 hanya boleh dimiliki oleh Raja dan para keluarga Kerajaan serta para bangsawan saja. Bahkan sampai saat ini, secara tersirat keyakinan itu masih tetap ada, bahwa trah ningrat wajib memiliki keris luk 5.


Keris Pendowo terlihat begitu indah dan anggun tapi memancarkan aura kewibawaan yang begitu besar. Karakter Keris ini memang sangat mewakili trah ningrat atau kaum bangsawan.

Keris Pendowo memang di angggap sebagai Keris yang istimewa dan tidak sembarang orang bisa memilikinya karena pada jaman dahulu memang hanya dibuat khusus untuk para Raja dan keturunannya serta para bangsawan saja.

Begitulah aturan yang berlaku di masyarakat perkerisan pada jaman dulu bahwa Keris ber-luk 5 hanya boleh dimiliki oleh orang-orang keturunan Raja dan para bangsawan kerabat Kerajaan yang memiliki kemapanan sosial dan menjadi pemimpin atau tokoh masyarakat.

Keris Pendowo dibuat dengan tujuan untuk menambah kewibawaan dan menunjang kekuasaan sehingga pemiliknya akan dicintai dan dihormati oleh banyak orang.

Tuah Keris Pendowo:

Keris Pendowo diciptakan dengan tuah untuk menjaga wibawa dan kharisma keagungan kebangsawanan agar pemiliknya selalu dihormati dan dicintai rakyat serta bawahannya. Selain itu, tuah dari Keris ini juga mampu membuat orang lain tunduk sehingga setiap perkataan atau perintah dari pemilik Keris ini akan didengarkan dan dituruti. Tapi biasanya Keris Pendowo dan Keris-Keris luk 5 lainnya lebih banyak menuntut untuk diberi sesaji dibandingkan Keris lurus dan Keris ber-luk lainnya.

Filosofi Keris Pendowo:

Filosofi Keris Pendowo diambil dari tokoh pewayangan Pandawa yang terdiri dari Yudhistira, Bima (Werkudoro), Arjuna, Nakula dan Sadewa yang menggambarkan beberapa karakter dan kemampuan untuk mengalahkan angkaramurka dari Kurawa.

Meskipun untuk beberapa waktu para ksatria Pandawa pernah melakukan kesalahan sebagai sifat kemanusiaannya, tapi pada akhirnya mereka berhasil melakukan penebusan dosa dan memenangkan perang melawan Kurawa.

Dengan memiliki Keris Pendowo, maka diharapkan sebagai Manusia kita dapat memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang. Dan meskipun pernah melakukan kesalahan namun pada akhirnya mampu menebusnya dan dapat mengalahkan hawa nafsu dan angkara murka.

Keris Pendowo atau luk 5 juga bermakna jangkep. Manusia dilahirkan dengan 5 panca indra yang harus di asah agar mampu bersatu dengan Sang Pencipta, yaitu dengan mencontoh sifat-sifat para ksatria Pandawa yang mewakili tahapan tingkat spiritual Manusia yang dimulai dari Sadewa, Nakula, Arjuna, Bima dan Yudhistira.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Pendowo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi dan tuah Keris Pendowo"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: