Advertisement

Makna Spiritual dan Tuah Keris Pulanggeni

gambar keris pulanggeni luk 5
Keris Pulanggeni

Hartalangit.com - Keris Pulang Geni merupakan salah satu dhapur Keris luk 5 yang cukup populer dikalangan pecinta Tosan Aji, karena Keris ini memiliki kesamaan nama dengan pusaka milik salah satu tokoh pewayangan yaitu Arjuna.

Tapi selain Keris Pulang Geni luk 5, ada juga Keris Pulang Geni lurus yang akan dibahas pada artikel lainnya.

Baca juga: Makna dan ajaran spiritual Keris Pasopati

Keris Pulang Geni memiliki bentuk yang sederhana tapi terlihat gagah dan berwibawa. Ukuran bilahnya sedang, gandhik polos, memakai pejetan, dan ri pandan, sedangkan ricikan lainnya tidak ada. Permukaan bilahnya ada yang nglimpo dan ada yang nggigir sapi karena memakai odo-odo ditengah bilahnya.

Pulang Geni bisa di artikan sebagai ratus / dupa / kemenyan (wewangian bersifat religius) yang menyimbolkan bahwa dalam kehidupan ini Manusia harus berusaha agar memiliki nama harum dengan selalu berperilaku baik, selalu menolong sesama dan mengisi hidupnya dengan hal-hal yang bermanfaat bagi Bangsa, Negara dan Agama, bukan hanya memikirkan kepentingan diri dan golongannya saja.

Dengan berperilaku baik dan selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi sesama, tentu akan membuat namanya selalu dikenang walaupun hayat sudah tidak dikandung badan.

Jadi, Keris Pulang Geni merupakan pesan tersirat agar pemilik Keris ini bisa berlaku seperti dupa yang hidup untuk menyebarkan keharuman bagi lingkungan sekitarnya.

Pada jaman dahulu, Keris dhapur Pulang Geni banyak dimiliki oleh para pahlawan atau pejuang sebagai simbol perjuangan dan ketulusan dalam membela Bangsa dan Negara sehingga nama baiknya akan senantiasa harum dan dikenang sepanjang masa.

Dari filosofinya, tentu bisa disimpulkan bahwa tuah Keris Pulang Geni akan membuat pemiliknya memiliki nama baik di masyarakat, dihormati dan disegani oleh semua orang serta terhindar dari segala bentuk fitnah dan kejahatan yang bisa menghancurkan reputasi dan nama baiknya.

Keris Pulang Geni merupakan ajaran tersirat agar pemilik Keris senantiasa berbuat kebaikan pada sesama sehingga akan memiliki nama baik (harum) yang akan selalu dikenang.

Baca juga:

Pemahaman tentang tuah pada Keris pusaka

Minyak khusus perawatan pusaka dan khodam pusaka

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah / khasiat Keris Pulanggeni yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Makna Spiritual dan Tuah Keris Pulanggeni"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: